Hampir Memilih SMA 12 Medan


Ketika 5 tahun yang lalu saat lulus dari SMP Negeri 18 Medan, aku masih belum tahu untuk memasuki SMA mana di kota Medan ini. SMA yang sangat elit dan terpandang di SMP kami yaitu SMA 1 dan SMA 4. Sedangkan SMA 12 masih cukup elit dan dianggap sebagai naik kelas dari SMP kami ( kayak anak SMPN 5 Bandung ke SMAN 3 Bandung ke ITB). Memang pada umumnya teman-temanku memilih untuk melanjutkan sekolah di SMAN 12 Medan. Mereka (termasuk juga aku) juga sudah membeli formulir pendaftaran siswa baru di SMA 12. Beberapa teman ada juga yang menyesali keputusanku untuk memasuki SMA 12 yang akhirnya juga mempengaruhi pertimbanganku untuk mendaftar di sekolah lain. Selain karena nilai UAN SMP ku yang tidak begitu bagus (23,62 dari 3 pelajaran berarti rata-ratanya 7,84)

Aku ragu saat itu, untuk memilih sekolah yang reputasinya lebih bagus dari SMA 12, yah sekolah yang lumayan diminati untuk anak yang tidak kaya sepertiku adalah SMA 4 Medan. Sedangkan untuk memasuki SMA 1, aku telah mengubur impian itu dalam-dalam. Sebab dari pencitraan yang diberikan oleh guru dan teman-teman di sekolah, aku mengetahui bahwa SMA tersebut lumayan menghabiskan uang yang cukup banyak jika dinilai dari anak kecil sekaliberku.

Beberapa hari setelah membeli formulir pendaftaran SMA 12 kemudian aku harus mengembalikan formulir tersebut. Sebelum mengembalikan formulir, aku harus melengkapi berkas-berkas yang diminta dengan memfotocopi beberapa surat tertentu. Sampailah aku di tempat fotocopi dan mendengar pembicaraan seorang Ibu yang memuji anaknya secara berlebihan yang telah membeli formulir SMA 4 Medan. Setelah aku mendengarkan cukup lama, aku mengetahui bahwa anak beliau bernilai dibawahku. Aku ragu saat itu untuk menanyakan pendapat tentang nilaiku bila mengikuti persaingan memasuki SMA 4 juga. Namun, akhirnya aku beranikan diri menanyakan kepada Ibu tersebut dan beliau sangat menyarankanku untuk memilih SMA 4 saja. Saat aku kembali ke lokasi pengembalian formulir SMA 12, ada teman yang menyodorkan formulir pendaftaran SMA 4 kepadaku dan beliau sangat yakin aku mampu masuk SMA 4 Medan. Tekadku sudah sangat mantap waktu itu untuk memasuki SMA 4, namun karena masih khawatir tidak lulus di SMA tersebut. Aku mencoba untuk melobi petugas di SMA 12 agar diperbolehkan tidak memberikan Surat Nilai UAN asli SMP tujuannya karena aku juga ingin mendaftar di SMA 4 yang mensyaratkan meminta Surat Nilai UAN yang asli tetapi aku gagal melobi petugas tersebut. Yah jadi aku harus mengambil risiko yang cukup besar bila tidak lulus untuk memasuki SMA 4 Medan. Akhirnya saat itu aku pulang ke rumah

Sesampainya di rumah, aku meminta izin kepada Ibuku untuk mencoba daftar di SMA 4. Beliau sebelumnya sangat keberatan dengan keputusanku memilih SMA 4 karena bila tidak lulus maka terpaksa aku harus disekolahkan di sekolah swasta yang pastinya akan menghabiskan banyak uang. Tapi kukatakan aku siap mengambil konsekuensi yang ada bila akhirnya tidak lulus di SMA 4 Medan termasuk harus disekolahkan di SMA yang sangat tidak karuan sekalipun

Sesaat kemudian setelah mendapatkan izin untuk mendaftar di SMA 4, aku beranjak ke sekolah tersebut yang tempatnya aku sendiri kurang begitu tahu. Setelah menaiki angkot kemudian aku berhenti depan jalan Ayahanda. Karena takut kesasar dan menghabiskan uang banyak, aku berjalan kaki dari Simpang Ayahanda untuk menemukan Jalan Gelas, tempat SMA 4 itu berada(itung-itung sebagai gladi resik bila aku harus berjalan kaki saat masa-masa sekolah nanti). Beberapa tukang becak yang sempat kutanyai mengatakan bahwa SMA 4 masih jauh kira-kira 2 km lagi (dan akhirnya aku tahu bahwa tukang becak tersebut berbohong saat kutemukan jalan bertuliskan JALAN GELAS). Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim aku mendaftar.

Beberapa hari setelah pendaftaran akhirnya tibalah saat pengumuman. Suer.. aku bener-bener tegang saat itu. Kulihat dari Nilai UAN tertinggi (Hasnil Mubarak, SMP 9) kemudian berangsur-angsur sampai ke peringkat 60-an. karena gusar namaku belum kutemukan akhirnya aku beranjak ke posisi terbawah yaitu peringkat 160.an (Hilna Chairunnisa, SMP 7). Alhamdulillah ternyata Nilai UAN.ku lebih tinggi dari Hilna dan saat kutemukan namaku di posisi 92. Aku girang bukan main karena ternyata keraguan besar yang sempat melandaku akhirnya lenyap sudah dengan pengumuman ini. Mr.Fdan yang nilai 23,65 mungkin peringkat 90-91. Pokoknya g jauh dari aku deh karena selisinya cuma 0,03

About these ads

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Tulisan ini dipublikasikan di kisah hidupku, SMA Negeri 4 Medan. Tandai permalink.

24 Balasan ke Hampir Memilih SMA 12 Medan

  1. Anonymous berkata:

    Saya alumni SMAN 12 Medan dan sekarang kuliah di FTTM ITB

  2. Aswathy berkata:

    Tha’ts going to make things a lot easier from here on out.

  3. Anonymous berkata:

    Masuk SMA 4 medan, di test gak?

  4. anda semua tidak pernah tahu bahwa dulunya sma 12 itu punya nama besar dimedan ini….memang masih sma 11…tanya pada orang tua atau kakak anda yg mungkin satu stambuk dengan saya…bagaimana dulunya prestasi yg pernah diraih untuk mengharumkan nama kota dan daerah sumatera utara….saya alumni tahun 1992-1995

  5. Aku juga alumni di smp 18 medan.
    Tp aku ga suka masuk sma 12 atau pun sma 4.
    Kata orang” skolah sma 4, orgnya munafik..
    Kata orang”, skolah sma 12, orangnya sering tenggelam. Soalnya disitu sering banjir.
    Jd aku memutuskan masuk
    smk 9 dech.

    K.O.N.T.O.L

  6. Vivi Anggriani berkata:

    salut dah ama kak Andi…

    aKu mau Ngikut Jejak Kak Andi Lah…

    dari SMPN 18 Ke SMAN 4…..

  7. Andi hendra berkata:

    Dan saya juga setuju, kalo sma 12 adalah sma terbaik di Medan. Selamat buat sma 12 Medan. Saya juga bangga karena sempat berfikir untuk menjadi bagian dari sekolah tersebut

  8. andihendra berkata:

    Lagi2 masih ada aja orang2 yang berfikiran sempit..
    Saya kan sudah katakan bahwa tidak ada niat sedikitpun untuk menghina apalagi nilai historis yang sangat tinggi antara SMP 18 dan SMA 12, juga kakak saya bersekolah disana. Namun, apalah salahnya bila saya mengungkapkan penggalan perjalanan hidup saya yang akhirnya memilih sekolah yang di jalan gelas

  9. lala berkata:

    saya alumni dari smu 12, dan boleh dikata saya orang sukses. saya sudah bekerja di beberapa negara dan berteman dengan banyak orang asing. Saya tidak setuju dengan ucapan anda, saya ingin bertanya, apa kesuksesan yang anda buat dan jujur yang anda tuliskan sangat tidak bermutu. Saya bersyukur bisa sekolah di SMU 12 walaupun pada saat itu saya mempunyai kemampuan nilai memilih sekolah favorit yang ada di medan, yang mungkin anda juga tidak bisa masuk. Jadi tolong, jika menyampaikan suatu pernyataan harus and pikirkan dahulu. karena banyak orang yang mungkin tersinggung dengan ucapan anda.

  10. Fdan berkata:

    Kalo mbandingkan orang jgn sama emas yg takkan berubah kalo ditaruk ditempat berbeda.
    Bandingkan sama pohon ato binatang apalah yg idup.
    kalo tempat sih bagus enggaknya subjektif.
    Sama kayak cerita orang.

  11. andi hendra berkata:

    terima kasih atas tanggapan anda terhadap tulisan blog saya ini. Namun, penekanan disini bukan untuk menjelekkan sma 12. Harus berapa kali saya katakan di tulisan ini, jikalau sma 12 itu sudah seperti my 2nd school karena disana banyak temen2 dari smp 18 medan dan kakak saya juga tamatan 2006 sma 12. Maksud saya disini adalah untuk memberitahu bagaimana proses keberjalanan saya dalam memilih SMA. Kalau dibilang kualitas emang g jauh dan saya tidak mengatakan kalau di SMA saya semua kelas bagus, cuma di kelas saya yang antusiasmenya sangat tinggi banget untuk menjadi jawara di setiap kompetisi perlombaan. Dan hal ini dapat anda tanyakan kepada teman2 anda yang pernah mengenyam pendidikan di SMA 4. Terbukti dengan hasilnya kami ‘saya,teman saya, dan kelas kami’ memenangi perlombaan skala SUMUT maupun Nasional’ dan outputnya juga sangat bagus.. 3 orang di STEI (Passing Grade tertinggi di ITB),UI,UGM,STTTELKOM,STAN,
    yah minimal FKUSUlah..
    seperti yang saudara katakan tadi, teman saudara yang biasa saja itu, beliau juga teman sekelas saya. Memang kemampuannya biasa namun dia mempunyai teman dan lingkungan yang dapat memotivasinya untuk menjadi lebih dan lebih. Dan hal itu yang didapatkan di SMA 4 Medan terutama kelas IPA 6 (Classix)

  12. angga berkata:

    saya alumni SMAN 12 Medan tahun 2007..saya juga seusiamu..saya merasa agak tersinggung melihat judul postinganmu..sewaktu saya membaca saya gak merasa teringgung..karena itu merupakan pengalamanmu..
    Hasnil adalah kawan saya sewaktu SMP, tetapi dy biasa2 aj..
    SMAN 4 Medan saya tau banyak dari kualitas murid-muridnya..dan juga tau smw yang masuk SMA itu, banyak jg yang melalui jalur belakang alias membyar alias sogok dengan uang dikarenkan orangtua akan bangga anknya belajar di sekolah yang bergengsi.tidak hanya di SMA 4 tp disekolah negeri lain juga.saya tau itu dari guru SMA itu sendiri dan temen2 anda..
    Lagipula SMAN 12 gak bgitu sejelek yang anda pikirkan..Passing Grade SMA 12 VS SMA 4 tidak begitu jauh,..

    suatu sekolah menjadi favorit dikarenakan lama berdirinya sekolah itu,, dan alumninya tentu saja (alumni sekolah lain banyak yang diterima di PTN favorit bahkan sekolah yang dipelosok daerah sekalipun)..dan kulitas gurunya (kualitas guru sekolah negeri sama setiap sekolah).

    saya agak khawatir jikalau ada seorang remaja yang membaca postingan ada lalu ragu memilih SMA 12 seperti anda..lalu memilih sekolah lain dikarenakan gengsi..
    padahal bukan sekolah yang membuat dia menjadi pintar tpi anak itu sendiri..

    emas tetap emas dimanapun di letakkan bahkan dilumpur sekalipun..

    Terima kasih..salam kenal..

    • ica berkata:

      saya mau masuk sma nee.
      saya sebenarnya berniat masuk sma 4.
      tapi nem saya tidak cukup sepertinya.
      melihat semua koment yang berdebat di blog ini saya jadi bingung
      mau masuk sma 12 atau sma 4 ?
      nem saya 33.85 :(
      pokoknya yang banyak kegiatan sekolah yang mana ?
      please sarannya

    • Necmeddin berkata:

      2013e5b9b45e69c8810e697a5 12:00 AMLui aussi a besoin d’une bonne mltuelue ! Trouvez l’assurance santc3a9 de votre chien parmi les moins chc3a8res du marchc3a9, en 2 c3a9tapes.Choisir une assurance pour son chien Le comparateur assurance vous aide dans vos dc3a9marches avec votre animal de compagnie. Vous accueillez un chien dans votre foyer ? A quelles obligations lc3a9gales c3aates-vous soumis ? Voici les rc3a9ponses.Accueillir un animal de compagnie dans son foyer est toujours une aventure trc3a8s riche ! Si vous c3aates partant, ne28099oubliez pas que vous c3aates soumis c3a0 certaines obligations.Le premier geste c3a0 effectuer lorsque28099on adopte un chien, ce28099est de le faire identifier par puce c3a9lectronique. Ce28099est une dc3a9marche obligatoire. Pour cela, vous devez prendre rendez-vous avec un vc3a9tc3a9rinaire. Le28099opc3a9ration coc3bbte environ 70 euros. Votre chien portera alors en lui un numc3a9ro qui renverra aux renseignements que vous fournirez au ministc3a8re de le28099agriculture : nom, numc3a9ro de tc3a9lc3a9phone, adresse, etc.104b

  13. Andi hendra berkata:

    Bukan bgtu maksud saya,
    tp hanya sekedar memberitahukan k0ndisi pada waktu itu. Sma 12 medan cukup bagus kok, kakakny juga skolah dsana. Akan tetapi, realitany saya menginginkan sma 4 medan karena skolah tsb nyatany lebih bagus(waktu itu)
    kalo emas diletakin di c0mberan tetap emas itu benar tapi mengakibatkan emas itu kotor dan perlu dibersihkan. Tapi kalo manusia, byk fakt0r yg mempengaruhinya. Lingkungan sangat mempengaruhi lho.

  14. erwin berkata:

    mau dimanapun tergantung kepribadian dan mutu orangnya bukan sekolahnya kalau saya bilang emas itu kalau ditaruh dimanapun akan tetap emas mau ditaruh dicomberan atau ditaruh di tempat semua mata memandang dia akan dikatakan emas oleh karena itu tolong jangan kata anda hampir memilih sma 12 yang kesannya itu tidak bermutu trims

    • Open berkata:

      No lah it is Singapore that is cheap. For the price of consulting a GP in Scotland, you can go to the A&E in Singapore and get seen, plus isientvgations and medications.Singaporeans should count their blessings.

  15. erwin berkata:

    mau dimanapun tergantung kepribadian dan mutu orangnya bukan sekolahnya kalau saya bilang emas itu kalau ditaruh dimanapun akan tetap emas mau ditaruh dicomberan atau ditaruh di tempat semua mata memandang dia akan dikatan emas oleh karena itu tolong jangan kata anda hampir masuk sma 12 yang kesannya itu tidak bermutu trims

  16. andihendra berkata:

    Maksudnya kalo kamu milih sekolah unggulan itu kamu bakalan lebih dari yang sekarang
    hehe…

  17. Fasta 'iza berkata:

    ralat…
    bukan secara kuantitas, tapi secara kualitas…
    salah tulis..

  18. Fasta 'iza berkata:

    ckckckck…
    salut deh sama Andi…
    justru milih SMA yang secara kuantitas bagus..

    Beda ma aku nih,,
    kalo aku justru milih sma yg secara kualitas sangat jauh dari kata bagus, padahal aku dah diterima d SMA 10 (SMA 10 termasuk 3 SMA unggulan d Padang) dan SMA GUNTAL (SMA unggulan d SOLOK).

    Nasib berkata lain.kalo aku milih salah satu SMA itu, bisa jadi aku g akan di ITB dan ga akan ketemu sama kamu,ndi…

    indah untuk dikenang

    • Mary berkata:

      2013e5b9b45e69c8811e697a5 12:01 AMDue to the fact most blue lasers asseccible on the internet range in excess of one,000mW they are extremely strong and incredibly brilliant. This indicates that you should critically take into account designs that have appropriate security features or at the very least incorporate safety goggles to protect your eyes from the particular wavelength of mild. Whenever employing your laser indoors or all around reflective surfaces, constantly put on your goggles and if you have spectators or buddies also shut to the beam indoors, be cautious the place you goal and even think about protection goggles for your spectators.108d

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s