Kondisi Libya Sebenarnya Saat ini.


Terlalu melebih-lebihkan, condong ke Media Barat, Gampang terhasut. Mungkin 3 prase itu yang pantas saya utarakan ketika membaca kondisi yang sebenarnya di Libya. Sampai-sampai seorang ulama besar dunia malah memfatwakan ‘Bunuh’ terhadap presiden Libya. Ini semua dikarenakan kesimpang-siuran berita atau bahkan pergeseran berita yang dilakukan oleh sebagian orang

Berikut adalah kutipan Wawancara dengan salah seorang teman (yang temannya kuliah) di Libya. Berita langsung dari Libya

5:21pm
asw

5:22pm
wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

5:22pm
pa kabar
aman2 saja di indo?hehe

5:22pm
alhamulillah
bikhayr

antum gmn disana?
katanya ga bole keluar dai kampus sampe kondisi aman ato evakuasi
Lar, boleh mengajukan beberapa pertanyaan?
(wartawan mode : ON)

5:26pm
alhamdulillah masih terkendali
iya
silakan mas wartawan

5:28pm
Bisa dijelaskan kondisi Libya, khususnya tripoli sampai saat ini

5:30pm
http://www.kkmilibya.com/

5:32pm
Kenapa pemberitaan tentang ratusan korban dari demonstran bisa terjadi?

5:36pm
selama seminggu ini opini dunia thdp unrest di libya dibentuk oleh media barat

5:36pm
a[a itu unrest?
*apa

5:42pm
banyak pihak berkonspirasi untuk menjatuhkan pemerintahan gaddafi yang selama ini dikenal non-kompromistis thdp asing

9:21pm
yas

9:21pm
lar

9:21pm
ana ceritain ya

9:21pm
boleh

9:21pm
butuh g?

9:21pm
butuh banget akh
buat media salman

9:21pm
krisis libya itu dimulai dr kota benghazi
tanggal 16-17 februari

9:22pm
ya

9:23pm
sktr 200 orang berdemo menuntut penegakan HAM di libya. isunya bkn mendongkel pemerintahan
benghazi itu sktr 500 km dr tripoli.

9:23pm
hmmm,,, ya ya…

9:24pm
di benghazi memang pusat oposisi gadafi sejak tahun 80
ingin melepaskan diri sejak lama
dlm demo tsb, dikabarkan 2 orng tewas ditembak tentara.
sejak peristiwa penembakan itu demo meluas ke berbagai kota di libya
kecuali tripoli
di benghazi sendiri stlh itu, demonstrasi menjadi sangat besar.
bnyk unsur militer yang bergabung dgn demonstran.
akhirnya para demonstran memiliki senjata, menguasai kantor2 polisi, gudang senjata.

9:27pm
hmmm… ya ya…

9:28pm
setelah itu, keadaan di benghazi jadi sangat kacau. baku tembak
karena jumlah tentara di benghazi sedikit dan demonstran sangat banyak (bersenjata dn tdk bersenjata)
akhirny banyak korban jatuh. baik sipil maupun aparat.
jumlahnya sampai 350 an
korban tewas: 110 orang aparat keamanan. 222 orang sipil.

9:30pm
jadi korban jiwa itu hanya di benghazi aja?

9:30pm
benghazi sktr 120-130 an
sipil
korban jiwa dari berbagai kota. terutama benghazi, baidha, dan ajdabiya
di ajdabiya itu markas sel2 tandzim al-qaida
benghazi itu markas pengikut raja idris (raja yg dikudeta gadafi tahun 1969)
rilis pemerintah libya 222 korban dari sipil. rilis sumber medis independen sktr 350 sipil
di tripoli pun jatuh korban jiwa sekitar 10-20 orang. itu akibat banyakny sniper gelap
qannash
entah siapa itu sniper2nya yas, bisa pemerintah libya, bisa jg intel2 asing
untuk memicu kemarahan rakyat tripoli
kmrn mlm sampai saat ini, tripoli masih rame demo ratusan ribu pendukung gaddafi. demo mendukung
sama sekali di tripoli tidak spt yg diberitakan, ada pengeboman pesawat, mayat bergelimpangan, anu anu anu bohong besar

9:36pm
hmmm.. gitu ya
ada info lain?

9:36pm
td subuh ad konferensi pers dr militer libya
dini hari maksudnya…karena subuh itu jam 7 hehe

9:37pm
ooo gt
syukron akh infonya

9:38pm
pendukung gaddafi di tripoli sangat fanatik. sebagian besar warga tripoli

9:38pm
berarti oposisi dengan yang di benghazi ya?

9:38pm
td kata pejabat KBRI, keadaan semakin membaik
oposisi di benghazi katanya sdh sedikit2 merespon tawaran pemerintah

9:44pm
ana tau keadaan di segenap tripoli itu aman2 saja, dr orang2 libya kenalan mshsswa yg tersebar d seluruh distrik d tripoli
kata orang2 KBRI juga.
di tripoli cm ada pembakaran dan perusakan beberapa gedung

9:46pm
hmmm… ya ya

9:46pm
kemarin sore gaddafi menyeru seluruh orang libya utk keluar berdemonstrasi mendukung pemerintah
langsung disambut pendukung2 setianya, dr kemarin malam sampai hari ini tripoli hiruk pikuk pendukung gaddafi
kmrn jg gaddafi menyeru para oposisi bersenjata utk menyerahkan senjata2nya

9:48pm
jadi tesis antum bahwa media ingin mengadu domba itu gmn?

9:49pm
www.kkmilibya.com
yas, amerika itu kpd libya sm sebelnya dgn ke irak zaman saddam

9:49pm
hooo

9:50pm
jadi bener2 fitnah yg ada di media itu
berita tripoli sdh hancur. rakyat dibunuhi membabi buta. gadafi kabur ke venezuela
bahkan ada berita gadafi kabur ke indonesia ke sentul, ke masjid gaddafi center pa arifin ilham…haha

9:50pm
nah, yang itu pemberitaan dari mana?

9:51pm
gila media itu
gini yas.tolong ini diberitakan jg ya. jadi, media2 itu bersumber dari “syuhud ayyan” “saksi mata” “eyewitness”
berita2 yang dramatisir itu diklaim dari eyewitness di lapangan.

eramuslim juga parah tuh. ga selektif

media islam kok sumbernya ke washington post,bbc

9:54pm
nah, yang tripoli hancur, qaddafi hancur, rakyat dibunuh membabi buta,itu pemberitaan dari mana?apakah BBC, washington post, dan yang semisalnya?

9:55pm
iya, CNN, BBC, WP, Aljazeera, Al-arabiya
aljazeera udah gila yas.
sampai kayakny syaikh qardhawi terhasut orng2 jazeera jg, sampai ada fatwa “bunuh gaddafi”

9:56pm
nah, itu dia yang parah
ana rada ga percaya

(tolong disebarluaskan, agar meluruskan fitnah yang terjadi saat ini)

source: http://www.facebook.com/notes/iziz-el-ghareeb/wawancara-dengan-gelar-terkait-dengan-kondisi-libya/10150094623712343?ref=notif&notif_t=note_tag

About these ads

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Tulisan ini dipublikasikan di Muslim in Reality. Tandai permalink.

18 Balasan ke Kondisi Libya Sebenarnya Saat ini.

  1. Quinn berkata:

    Katz, I cannot agree with you in the quarimqe reason for Russia and China abstaining. The West will finish off Gadaffi soon enough, one way or the other. That is now clear, if it wasn’t before. Mission creep at a hundred miles an hour. China and Russia have financial interests in Libya which of course they lose out on if there is a war. Russia, under Saddam was looking at the entire Qrna oil field for itself. After the invasion and the contracts were let, they ended up as a partner in the lesser half of Qrna.Also a quagmire with no result also means financial benefits from Libya sits there with no return for anybody. I look at it this way: Neither side has the the power to stand up to NATO with the US behind it. They see a use for the UNSC consenus, and they don’t want to jeopardize it by forcing the major western powers to go it alone. They know that the Western powers will parley for some settlement after the dust settles, and they will make the best of it and not completely lose out.I think a quagmire would only be a poor consolation prize for them. Keep in mind it was ex-President Jacques Chirac and Mr de Villepin declared that they would veto a UN Security Council resolution authorising intervention in Iraq, and not the Chinese and Russians, AFAIK. I’ll stand corrected. The French company Total didn’t get much out of Iraq.

  2. fadil berkata:

    amerika emang kaki tangan dajjal. di Al-Qur’an kan dijelasin dajjal makhluk paling parah dalam fitnah. amerika adalah replika dajjal.

    • Mohammedsalih berkata:

      The Guardian reported this mrniong thata) Gaddafi is still attacking Misrata the French sank 4 ships that had been blockading the harbour, he has been shelling the area and using blackouts and cutting off supplies (this is considered quite bad when done to Gaza)b) NATO have determined that most of the rebels have never been in a firefight before, and are completely untrained which speaks volumes about how much of this is an organized attempt at a coup and how much is just a response to violence. My god, even the Beer Hall Putsch had a couple of ex-soldiers involvedc) there is no credible evidence of al qaeda involvement with the rebelsd) both sides are running out of ammunition, because Gaddafi’s supply lines are very stretched and keep being blown up, while the rebels have no logistics experience and no equipment. It appears that they just drive their car to the front, park, get out, go for a stroll, shoot in the direction of some Libyan soldiers, then get the crap blown out of them.I find points b to d reassuring in terms of the type of regime change that these rebels are pursuing, and very depressing in that if Gaddafi wins these guys are prime candidates for reeducation. So arming them might be a good idea. As might sending in a few trainers (and we all know that that always ends well )

  3. Ping-balik: LIBYA « Afriyanto WeBlog

  4. Xpressi berkata:

    semoga dapat teredam,, sehinga tidak ada kerusuhan lagi..

  5. Chrysanthee berkata:

    nice post.. thanks for the information..

    • Toufik berkata:

      WASHINGTON — The Obama administration on Sunday cdmneoned Libya’s use of lethal force against peaceful demonstrators, pointing to what it said were “multiple credible” reports that “hundreds of people” had been killed and injured in several days of unrest. In the administration’s strongest statement on the escalating violence in Libya, the State Department said that it was “gravely concerned” about the reports and that the number of deaths was unknown because of a lack of access to many parts of the country by news organizations and human rights groups. Philip J. Crowley, the State Department spokesman, said that the United States has raised “strong objections about the use of lethal force” with several senior Libyan officials, including Musa Kusa, the foreign minister.“Libyan officials have stated their commitment to protecting and safeguarding the right of peaceful protest,” Mr. Crowley said in a statement. “We call upon the Libyan government to uphold that commitment and hold accountable any security officer who does not act in accordance with that commitment.”

  6. dafi berkata:

    terimakasih bro
    atas infonya
    sudah kuduga ini pasti mainan intelejen asing (amerika dan sekutu)

    biadab amerika

  7. ss berkata:

    Sok tau lo ….asli asli pemimpin lybia itu brutal

  8. Iziz El-Ghareeb berkata:

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

    SALAM DAMAI UNTUK TANAH AIR NKRI TERCINTA

    -banyak pihak berkonspirasi untuk menjatuhkan pemerintahan gaddafi yang selama ini dikenal non-kompromistis thdp asing, jadi pemberitaan ttng libya banyak sekali yang bias. dramatisasi dan sangat berlebihan

    -itu poin pertama sebelum saya jelaskan keadaan di libya, termasuk media-media arab spt aljazeera dan alarabiya, kebanyakan berita mereka hanya mencatut dari “saksi mata” yg tdk jelas.

    -saya melihat “saksi mata2″ tersebut adlh jaringan konspirasi yang sudah disiapkan musuh2 gaddafi semenjak jatuhnya rezim ben ali tunisia

    -rilis pemerintah libya kemarin dini hari tadi dalam jumpa pers, korban tewas: 110 orang aparat keamanan. 222 orang sipil. 120 orang sipil berasal dari benghazi

    -benghazi adalah kota yang terletak 1000 km ke arah timur dari tripoli dimana dimulainya demonstrasi tanggal 16-17 februari. dimana para demonstran membakar kantor polisi dan membakar foto2 gaddafi

    -benghazi adalah ibukota libya sebelum gaddafi berkuasa, di kota itulah pusat pengikut raja idris yg dulu dikudeta gaddafi tahun 69, sudah sejak lama sebagian penduduk benghazi ingin memisahkan diri dari pemerintahan gaddafi, sehingga ketika ada momen tsunami demo di timteng, dimanfaatkan oleh para oposan ini

    -saat ini benghazi masih berada di bawah kendali demonstran oposan. demonstran oposan di benghazi sebagiannya bersenjata setelah banyak unsur tentara pemerintah di benghazi yang belot,gudang senjata dikuasai, bahkan tank2

    -mulai kemarin malam sampai hari ini ada demonstrasi pro-pemerintah besar2 an dari pendukung gaddafi di seluruh libya. gaddafi menyerukan para oposisi menyerahkan senjata, untuk bersama mengembalikan kehidupan normal di libya, memulai sejarah baru libya

    -jatuhnya korban dari sipil dan aparat keamanan adalah karena massa oposisi di benghazi bersenjata, juga krn banyaknya sniper2 yang entah siapa mereka. entah bayaran pemerintah libya, entah bayaran amerika&israel.

    -kita mahasiswa, memiliki koresponden warga2 libya dari berbagai daerah dan distrik di tripoli. pemberitaan dari media barat&semi barat (BBC,CNN,jazeera,arabiya) kita komparasikan dengan pemberitaan dari pemerintah libya dan koresponden lapangan.

    -saat ini kota sirte, sabha, zawiyah, sudah FULL dikuasai penuh pemerintah dan tidak ada lagi kerusuhan

    -kota Benghazi (1000 km dr Tripoli), baidha (1200 km dr Tripoli) saat ini masih belum bisa dikuasai pemerintah, tapi sudah banyak unsur oposan di dua kota tersebut yang menyerahkan senjata

    -kemarin sore diadakan pertemuan antara dubes-dubes uni eropa dengan pemerintah libya ttng perkembangan kondisi terkini dan penjelasan fakta lapangan yang disembunyikan media asing

    -kehidupan ekonomi mulai berjalan kembali setelah sempat terhenti selama 2 hari. toko2 mulai buka,pasar2 tradisional kembali beroperasi, lalu lintas mulai ramai termasuk angkutan2 umum.

    -pemerintah sudah menghimbau agar warga libya kembali bekerja dan beraktivitas normal kembali

    -bandara kota tripoli masih beroperasi normal, namun sangat penuh oleh orang2 yang ingin keluar Libya.

    -internet, facebook, dan jaringan ponsel sudah kembali normal

    -keadaan sempat mencekam ketika gaddafi belum muncul, tp setelah pidato dua hari kemarin suasana berbalik berangsur normal. sempat ada pembakaran dan perusakan beberapa gedung di tripoli, namun kini sudah mulai direnovasi

    -hari ini saiful islam gaddafi menyatakan akan mengundang pers dari berbagai Negara untuk menjelaskan dan membuktikan fakta-fakta palsu yang berkembang

    -hari ini syaikh khamis Libya mengecam fatwa qardhawi “darah gaddafi halal” yang didasarkan pada berita2 bohong.

    Berita2 bohong / fitnah diantaranya:

    -dikabarkan gaddafi sudah terdesak dan terkepung di rumahnya. padahal esok harinya gaddafi berpidato di tripoli

    -pengeboman melalui pesawat di distrik tajuro, suqjumah, fasylum. sampai saat ini seluruh responden kami dari berbagai distrik pun sama sekali tidak pernah mendengar bunyi bom satu pun. responden kami dari berbagai distrik dan daerah yang diberitakan terjadi pengeboman mengatakan tidak ada apa2, tidak ada bunyi pesawat apalagi letusan bom

    -pembantaian massal di Tripoli,penembakan membabi buta. ada mahasiswa kampus kami yang tiga hari mengelilingi tripoli, tidak menemukan apa2 yang diberitakan. tidak ada mayat-mayat bergelimpangan.

    -alun2 tripoli hancur dan dijadikan pusat demo anti-gaddafi (justru kebalikan, alun2 kota masih sangat indah dan sudah dua hari berturut2 dipenuhi ratusan ribu para pendukung gaddafi)

    -kota sirte,sabha,zawiyah,misrata,sabrata jatuh ke tangan oposisi (padahal yang dikuasai oposisi hanya kota Benghazi, baidha yang terletak 1000 km dari Tripoli kea rah timur)

    —pemerintah menengarai berita-berita bohong tersebut disebarkan melalui “saksi2 mata lapangan” yang dipersiapkan secara sistematik oleh jabhah wathoniah li inqadz libya (front nasional untuk penyelamatan libya), sebuah gerakan oposisi libya terbesar yang bermarkas di london dan AS

    Kesalahan (atau mungkin kebohongan) media2 spt BBC,CNN,jazeera,Arabiya,juga media nasional :

    -mengandalkan kontributor lapangan “saksi mata” yang tidak jelas siapa mereka, dimana mereka. dan dengan redaksi yang dibesar2kan

    -memuat berita sepotong2. contoh pidato gaddafi yang dimuat secara sepotong2, di media2 ditulis gaddafi berkata “ini negara saya.aku akan habisi para pemberontak jengkal demi jengkal” padahal gaddafi menyeru “ini negara saya,negara leluhur saya,negara leluhur kalian,saya tidak ingin kekacauan ada di libya”. gaddafi menyerukan para demonstran bersenjata meletakkan senjatanya, jika tidak, pemerintah akan mengggunakan kekuatan. SAYA SIAP UNTUK MENERJEMAHKAN SECARA LENGKAP PIDATO GADDAFI dan SAIFUL ISLAM

    -melebih2kan dan mendramatisir redaksi bahasa tulisan

    Kronologi krisis libya :

    -sebelum tanggal 16-17. diadakan demonstrasi besar pro-gaddafi di alun2 kota tripoli

    -tanggal 16-17 dimulai demonstrasi 300 orang di benghazi dgn tuntutan penegakan HAM atas demonstran yang dibunuh di tahun 2005 dan 1990 an. saat berdemo mereka membakar kantor polisi,foto gaddafi dan buku hijau (ideologi resmi libya) dan menyerang tentara&polisi yang berjaga, sehingga pihak tentara mengatakan terpaksa melepaskan tembakan,2 orang sipil tewas

    -setelah ada korban 2 orang tewas tersebut diblowup media, ribuan penduduk benghazi bersimpati pada demonstran dan ikut turun ke jalan. setelah demo meluas di benghazi, tentara&polisi kewalahan, markas2 dan gudang senjata tentara dikuasai. sehingga tripoli mengirimkan tentara tambahan untuk menghadapi demonstran benghazi dan mengisolasi benghazi

    -demonstrasi&kerusuhan menjalar ke berbagai kota seperti baidha, ajdabiya, sirte, misrata, sabrata, zawiyah, sabha, tobruk

    -disini mulai terjadi kontak senjata dgn jumlah yang luas antara tentara pemerintah dengan demonstran yang bersenjata maupun tidak bersenjata. jumlah korban tewas mnrt versi pemerintah dari sipil sekitar 220 (benghazi sktr 120 orng), dari aparat sekitar 110. pesawat dikerahkan untuk mengebom gudang2&depot2 senjata yang dikuasai demonstran

    -pidato saiful islam, menawarkan rekonsiliasi dan reformasi libya baru

    -disini pula mulai dikabarkan berita bohong ttng pengeboman pesawat, pembantaian massal, kebijakan bumi hangus di tripoli

    -suasana mencekam di tripoli. semua orang berada di rumah. tdk ada pengeboman, pembataian. tp ada bbrp kerusuhan di bbrp titik dan pembakaran beberapa gedung memakai bom molotov termasuk satu sisi gedung “qaatus sya’b”,gedung parlemen libya.

    -pidato gaddafi di daerah aziziyah tripoli, menyerukan para oposan menyerahkan senjata dan menghentikan perusakan. menyerukan orang2 libya keluar rumah utk mendukung gaddafi dan tidak takut beraktivitas

    -setelah pidato tersebut, keadaan berbalik, puluhan ribu para pendukung gaddafi sejak malam lusa kemarin, keluar rumah memenuhi jalan2 di tripoli mengungkapkan dukungan mereka thp gaddafi terutama di alun2 kota tripoli

    -diadakan konferensi pers oleh militer libya, militer libya menyilakan kepada para jurnalis utk mengecek langsung k lokasi2 yg diklaim ada pengeboman dan pembantaian

    -pertemuan para duta besar negara2 eropa dgn militer libya

    -kota tripoli saat ini sudah berangsur normal. internet, facebook, dan jaringan ponsel sudah kembali normal, toko2 mulai buka,pasar2 tradisional kembali beroperasi, lalu lintas mulai ramai termasuk angkutan2 umum. rasa mencekam semakin kecil, hanya para warga harus sangat waspada thdp ancaman2 kerusuhan.

    -kota Benghazi (1000 km dr Tripoli), baidha (1200 km dr Tripoli) saat ini masih belum bisa dikuasai pemerintah, tapi sudah banyak oposan benghazi yang menyerahkan senjata

    -kota sirte, sabha, zawiyah,misrata,sabrata sudah FULL dikuasai penuh pemerintah dan tidak ada lagi kerusuhan

    Ya Allah saksikanlah, mudah2an fitnah dan krisis ini segera berakhir. Ya alloh selamatkan darah rakyat libya dari kejamnya senjata dan berita2 fitnah.

    Penulis :

    Gelar Digjaya Muhammad .

    mahasiswa islamic call college tripoli Libya tingkat 3 ilmu ekonomi dan keuangan. asal bandung. berdomisili di tripoli. ketua dept kaderisasi Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia libya. ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu-ilmu Ekonomi

  9. Iziz El-Ghareeb berkata:

    BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
    Ini message dari teman saya yang di Libya, Tripoli itu:

    SALAM DAMAI UNTUK TANAH AIR NKRI TERCINTA

    -banyak pihak berkonspirasi untuk menjatuhkan pemerintahan gaddafi yang selama ini dikenal non-kompromistis thdp asing, jadi pemberitaan ttng libya banyak sekali yang bias. dramatisasi dan sangat berlebihan

    -itu poin pertama sebelum saya jelaskan keadaan di libya, termasuk media-media arab spt aljazeera dan alarabiya, kebanyakan berita mereka hanya mencatut dari “saksi mata” yg tdk jelas.

    -saya melihat “saksi mata2″ tersebut adlh jaringan konspirasi yang sudah disiapkan musuh2 gaddafi semenjak jatuhnya rezim ben ali tunisia

    -rilis pemerintah libya kemarin dini hari tadi dalam jumpa pers, korban tewas: 110 orang aparat keamanan. 222 orang sipil. 120 orang sipil berasal dari benghazi

    -benghazi adalah kota yang terletak 1000 km ke arah timur dari tripoli dimana dimulainya demonstrasi tanggal 16-17 februari. dimana para demonstran membakar kantor polisi dan membakar foto2 gaddafi

    -benghazi adalah ibukota libya sebelum gaddafi berkuasa, di kota itulah pusat pengikut raja idris yg dulu dikudeta gaddafi tahun 69, sudah sejak lama sebagian penduduk benghazi ingin memisahkan diri dari pemerintahan gaddafi, sehingga ketika ada momen tsunami demo di timteng, dimanfaatkan oleh para oposan ini

    -saat ini benghazi masih berada di bawah kendali demonstran oposan. demonstran oposan di benghazi sebagiannya bersenjata setelah banyak unsur tentara pemerintah di benghazi yang belot,gudang senjata dikuasai, bahkan tank2

    -mulai kemarin malam sampai hari ini ada demonstrasi pro-pemerintah besar2 an dari pendukung gaddafi di seluruh libya. gaddafi menyerukan para oposisi menyerahkan senjata, untuk bersama mengembalikan kehidupan normal di libya, memulai sejarah baru libya

    -jatuhnya korban dari sipil dan aparat keamanan adalah karena massa oposisi di benghazi bersenjata, juga krn banyaknya sniper2 yang entah siapa mereka. entah bayaran pemerintah libya, entah bayaran amerika&israel.

    -kita mahasiswa, memiliki koresponden warga2 libya dari berbagai daerah dan distrik di tripoli. pemberitaan dari media barat&semi barat (BBC,CNN,jazeera,arabiya) kita komparasikan dengan pemberitaan dari pemerintah libya dan koresponden lapangan.

    -saat ini kota sirte, sabha, zawiyah, sudah FULL dikuasai penuh pemerintah dan tidak ada lagi kerusuhan

    -kota Benghazi (1000 km dr Tripoli), baidha (1200 km dr Tripoli) saat ini masih belum bisa dikuasai pemerintah, tapi sudah banyak unsur oposan di dua kota tersebut yang menyerahkan senjata

    -kemarin sore diadakan pertemuan antara dubes-dubes uni eropa dengan pemerintah libya ttng perkembangan kondisi terkini dan penjelasan fakta lapangan yang disembunyikan media asing

    -kehidupan ekonomi mulai berjalan kembali setelah sempat terhenti selama 2 hari. toko2 mulai buka,pasar2 tradisional kembali beroperasi, lalu lintas mulai ramai termasuk angkutan2 umum.

    -pemerintah sudah menghimbau agar warga libya kembali bekerja dan beraktivitas normal kembali

    -bandara kota tripoli masih beroperasi normal, namun sangat penuh oleh orang2 yang ingin keluar Libya.

    -internet, facebook, dan jaringan ponsel sudah kembali normal

    -keadaan sempat mencekam ketika gaddafi belum muncul, tp setelah pidato dua hari kemarin suasana berbalik berangsur normal. sempat ada pembakaran dan perusakan beberapa gedung di tripoli, namun kini sudah mulai direnovasi

    -hari ini saiful islam gaddafi menyatakan akan mengundang pers dari berbagai Negara untuk menjelaskan dan membuktikan fakta-fakta palsu yang berkembang

    -hari ini syaikh khamis Libya mengecam fatwa qardhawi “darah gaddafi halal” yang didasarkan pada berita2 bohong.

    Berita2 bohong / fitnah diantaranya:

    -dikabarkan gaddafi sudah terdesak dan terkepung di rumahnya. padahal esok harinya gaddafi berpidato di tripoli

    -pengeboman melalui pesawat di distrik tajuro, suqjumah, fasylum. sampai saat ini seluruh responden kami dari berbagai distrik pun sama sekali tidak pernah mendengar bunyi bom satu pun. responden kami dari berbagai distrik dan daerah yang diberitakan terjadi pengeboman mengatakan tidak ada apa2, tidak ada bunyi pesawat apalagi letusan bom

    -pembantaian massal di Tripoli,penembakan membabi buta. ada mahasiswa kampus kami yang tiga hari mengelilingi tripoli, tidak menemukan apa2 yang diberitakan. tidak ada mayat-mayat bergelimpangan.

    -alun2 tripoli hancur dan dijadikan pusat demo anti-gaddafi (justru kebalikan, alun2 kota masih sangat indah dan sudah dua hari berturut2 dipenuhi ratusan ribu para pendukung gaddafi)

    -kota sirte,sabha,zawiyah,misrata,sabrata jatuh ke tangan oposisi (padahal yang dikuasai oposisi hanya kota Benghazi, baidha yang terletak 1000 km dari Tripoli kea rah timur)

    —pemerintah menengarai berita-berita bohong tersebut disebarkan melalui “saksi2 mata lapangan” yang dipersiapkan secara sistematik oleh jabhah wathoniah li inqadz libya (front nasional untuk penyelamatan libya), sebuah gerakan oposisi libya terbesar yang bermarkas di london dan AS

    Kesalahan (atau mungkin kebohongan) media2 spt BBC,CNN,jazeera,Arabiya,juga media nasional :

    -mengandalkan kontributor lapangan “saksi mata” yang tidak jelas siapa mereka, dimana mereka. dan dengan redaksi yang dibesar2kan

    -memuat berita sepotong2. contoh pidato gaddafi yang dimuat secara sepotong2, di media2 ditulis gaddafi berkata “ini negara saya.aku akan habisi para pemberontak jengkal demi jengkal” padahal gaddafi menyeru “ini negara saya,negara leluhur saya,negara leluhur kalian,saya tidak ingin kekacauan ada di libya”. gaddafi menyerukan para demonstran bersenjata meletakkan senjatanya, jika tidak, pemerintah akan mengggunakan kekuatan. SAYA SIAP UNTUK MENERJEMAHKAN SECARA LENGKAP PIDATO GADDAFI dan SAIFUL ISLAM

    -melebih2kan dan mendramatisir redaksi bahasa tulisan

    Kronologi krisis libya :

    -sebelum tanggal 16-17. diadakan demonstrasi besar pro-gaddafi di alun2 kota tripoli

    -tanggal 16-17 dimulai demonstrasi 300 orang di benghazi dgn tuntutan penegakan HAM atas demonstran yang dibunuh di tahun 2005 dan 1990 an. saat berdemo mereka membakar kantor polisi,foto gaddafi dan buku hijau (ideologi resmi libya) dan menyerang tentara&polisi yang berjaga, sehingga pihak tentara mengatakan terpaksa melepaskan tembakan,2 orang sipil tewas

    -setelah ada korban 2 orang tewas tersebut diblowup media, ribuan penduduk benghazi bersimpati pada demonstran dan ikut turun ke jalan. setelah demo meluas di benghazi, tentara&polisi kewalahan, markas2 dan gudang senjata tentara dikuasai. sehingga tripoli mengirimkan tentara tambahan untuk menghadapi demonstran benghazi dan mengisolasi benghazi

    -demonstrasi&kerusuhan menjalar ke berbagai kota seperti baidha, ajdabiya, sirte, misrata, sabrata, zawiyah, sabha, tobruk

    -disini mulai terjadi kontak senjata dgn jumlah yang luas antara tentara pemerintah dengan demonstran yang bersenjata maupun tidak bersenjata. jumlah korban tewas mnrt versi pemerintah dari sipil sekitar 220 (benghazi sktr 120 orng), dari aparat sekitar 110. pesawat dikerahkan untuk mengebom gudang2&depot2 senjata yang dikuasai demonstran

    -pidato saiful islam, menawarkan rekonsiliasi dan reformasi libya baru

    -disini pula mulai dikabarkan berita bohong ttng pengeboman pesawat, pembantaian massal, kebijakan bumi hangus di tripoli

    -suasana mencekam di tripoli. semua orang berada di rumah. tdk ada pengeboman, pembataian. tp ada bbrp kerusuhan di bbrp titik dan pembakaran beberapa gedung memakai bom molotov termasuk satu sisi gedung “qaatus sya’b”,gedung parlemen libya.

    -pidato gaddafi di daerah aziziyah tripoli, menyerukan para oposan menyerahkan senjata dan menghentikan perusakan. menyerukan orang2 libya keluar rumah utk mendukung gaddafi dan tidak takut beraktivitas

    -setelah pidato tersebut, keadaan berbalik, puluhan ribu para pendukung gaddafi sejak malam lusa kemarin, keluar rumah memenuhi jalan2 di tripoli mengungkapkan dukungan mereka thp gaddafi terutama di alun2 kota tripoli

    -diadakan konferensi pers oleh militer libya, militer libya menyilakan kepada para jurnalis utk mengecek langsung k lokasi2 yg diklaim ada pengeboman dan pembantaian

    -pertemuan para duta besar negara2 eropa dgn militer libya

    -kota tripoli saat ini sudah berangsur normal. internet, facebook, dan jaringan ponsel sudah kembali normal, toko2 mulai buka,pasar2 tradisional kembali beroperasi, lalu lintas mulai ramai termasuk angkutan2 umum. rasa mencekam semakin kecil, hanya para warga harus sangat waspada thdp ancaman2 kerusuhan.

    -kota Benghazi (1000 km dr Tripoli), baidha (1200 km dr Tripoli) saat ini masih belum bisa dikuasai pemerintah, tapi sudah banyak oposan benghazi yang menyerahkan senjata

    -kota sirte, sabha, zawiyah,misrata,sabrata sudah FULL dikuasai penuh pemerintah dan tidak ada lagi kerusuhan

    Ya Allah saksikanlah, mudah2an fitnah dan krisis ini segera berakhir. Ya alloh selamatkan darah rakyat libya dari kejamnya senjata dan berita2 fitnah.

    Penulis :

    Gelar Digjaya Muhammad .

    mahasiswa islamic call college tripoli Libya tingkat 3 ilmu ekonomi dan keuangan. asal bandung. berdomisili di tripoli. ketua dept kaderisasi Kesatuan Keluarga Mahasiswa Indonesia libya. ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu-ilmu Ekonomi

  10. Cak Pur berkata:

    semoga apa yg terjadi dilibya cepat selesai…
    yg paling penting adalah damainya dunia ini….

  11. andihendra berkata:

    agar tidak berat sebelah
    silahkan baca web pelajar Indonesia di Libya

    http://www.kkmilibya.com/?p=179

  12. menone berkata:

    marilah kita ciptakan perdamaian di bumi ini……….. ga ada lagi peperangan

    salam persahabatan dr MENONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s