Konsultasi Penyakit Cantengan (PARONYCHIA) : Luka/bengkak pada Jempol Kaki


Tulisan kali ini bukan untuk mengingatkan saya bahwa cantengan sudah saya derita sejak sepuluh tahun yang lalu :P. Namun menyebarkan informasi baru yang saya dapatkan ketika konsultasi dengan dokter di klinik Bumi Medika Ganesha (klinik PTN di Bandung). Ceritanya, saat itu saya berobat lalu menceritakan keluhan penyakit yang saya rasakan. Mulai dari alergi, flu, TA (hehe.. tugas akhir mah bukan penyakit atuh.. -_-) dan cantengan.

Kemudian sang dokterpun menyuruh saya berbaring di tempat tidur,lalu menyuruh perawat muda untuk melihat kondisi kaki saya yaitu pada bagian jempolnya. Agak takut ketika akan dipegang namun karena perawat tersebut sepertinya berhati baik jadi saya ikhlaskan untuk diteliti dengan seksama haha… Sambil menceritakan tentang penyebab terjadinya cantengan ini, perawat tersebutpun menceritakan tentang pengalamannya yang juga pernah mengalami cantengan ini (weleh..weleh, Curcol pula si perawat).

Ilustrasi Cantengan

Perawat tersebut mengatakan kalau kebanyakan pasien cantengan asalnya karena memotong kuku terlalu pendek. Nah, untuk kuku jempol kaki sebaiknya dibiarkan sedang-sedang saja, tidak panjang juga tidak terlalu pendek. Karena memotong terlalu pendek tersebut apalagi memotongnya tidak rata/melengkung/runcing, potensi infeksi pada kulit jempol kaki sangatlah besar. Saat kita memotongnya terlalu pendek lalu memakai sepatu yang ketat, hal ini membuat kulit/daging jempol akan tertekan, sehingga struktur/bentuk daging jempol kaki tersebut akan berubah. Nah, ketika kuku sudah mulai memanjang, di bagian paling ujung akan mulai menusuk daging/kulit yang berubah tersebut. Sehingga terjadilah cantengan ini/infeksi yang disebabkan menusuknya kuku ke kulit/daging.

Kemudian tak lupa perawat MUDA tersebut memberikan tips kesehatan buat saya.

  1. Potong kuku dengan bentuk rata, jangan melengkung lagi. Hal ini berarti, saya dan kita harus membuang pemotong kuku yang bentuknya melengkung karena seharusnya yang dipakai adalah yang bentuknya rata.
  2. Gunakan sepatu yang longgar, jangan suka memakai yang ketat karena selain berbahaya buat kaki juga membuat potensi infeksi cantengan ini muncul
  3. Kuku kaki termasuk jenis kuku keras, jadi kalau mau memotong rendam dengan air hangat tambahkan garam (tambahkan bawang bombay 3 siung dan cuka secukupnya lalu sajikan) lalu ketika sudah melunak kukunya, silahkan dipotong dengan catatan tidak boleh terlalu pendek
  4. Hindarkan dari pengaruh kotoran seperti debu, kerikil, batu dan lain-lain :P

Yah, kalau mau sembuh total harus baca selengkapnya

About these ads

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Tulisan ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

216 Balasan ke Konsultasi Penyakit Cantengan (PARONYCHIA) : Luka/bengkak pada Jempol Kaki

  1. isti berkata:

    mau tanya biaya operasi cabug kuku berpa yaa? trims

  2. reja berkata:

    mas/mba itu disuntiknya doang yang sakit kalo operasi cabut kuku?

  3. KDK berkata:

    Saya juga baru mengalami, jempol saya sudah abnormal besar nya :D jadi selain kuku saya di cabut, daging yang ada di pinggir2 itu juga di potongin, trus dijahit..

  4. ichae berkata:

    kalau sudah dicabut kukunya trus verbannya selama 3 hari boleh dibuka, diganti yang baru gk?

  5. asma berkata:

    thanks atas infonya ya semua :)

    http://www.veritragrup.wordpress.com/

  6. Herry Hermawnn berkata:

    Salam Sukses Bos,

    Bagi rekan rekan yang membutuhkan jasa pembuatan Software wajib baca ini….

    PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer, dll yang berhubungan dengan komputer. Kami menerima jasa panggilan ke perbankan,kantor asuransi,perkantoran,sekolah, kampus,pabrik,toko dan intitusi lainnya yang berhubungan dengan komputer.

    Kami juga menyediakan pengadaan laptop, komputer ke perkantoran,sekolah,kantor asuransi ,kampus,Pemda,toko dan institusi lainnya dan kami juga memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

    Kami melayani pemesanan dan pengiriman dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

    Di Cari Reseller di tiap propinsi se Indonesia

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

  7. Anonymous berkata:

    Memang cara yang paling cepat dengan operasi, namun jika takut operasi atau ingin efesiensi biaya, sy sudah mempraktekan caranya, sbb :
    1) Selama seminggu rendam dengan air hangat, setelah itu keringkan dengan handuk/kain, lalu taburi dengan serbuk kapsul dumex (biar dumexnya irit, coblos kapsul dengan jarum), tapi ini perihnya setengah mati, tapi akan mematikan saraf nya dan membuat lukanya jadi kering.
    2) Lalu bungkus dengan perban, begitu seterusnya setiap hari.
    3) Setelah seminggu, potong sedikit demi sedikit kuku yang masuk ke daging dengan pemotong kuku yang kecil, potong sedikit lalu cabut, potong sedikit lalu cabut, begitu seterusnya, sampai kuku yang menancap ke kuku bisa dicabut semua. Pemotongan ini tidak sakit, karena saraf nya sudah mati, karena dimatikan oleh serbuk dumex. Jadi sakitnya hanya ketika dikasih dumin itu aja.
    4) Waktu pemotongan sendiri, sediakan kapas, revanol, dan betadine. Karena mungkin darah akan mengucur akibat daging yg tersobek. Bersihkan darah dan kotoran dengan kapas yg direndam dalam revanol, lalu tetesi dengan betadine sbg antiseptik.
    5) Setelah seminggu, luka akan kering dan daging yang bengkak akan kempes, karena daging yang cantengan tidak akan pernah kempes selama kuku masih masuk/ menusuk daging.
    Memang operasi mandiri ini beresiko, makanya cara ini khusus bagi mereka yang takut disuntik bius. Terima kasih.

  8. novitha berkata:

    saya mengalami cantengen sejak aku smp kls 2 sampai sekarang dulu pernah di oprasi tp malah balik lg rasanya sakit banget mau di oprasi takut sakit,tp tiap hari q merasakan sakit dan nut2an,yg tau tlong dong kasih solusi:)

  9. Intan berkata:

    Dulu aku pernah menderita cantengan , lama tidak sembuh-sembuh akhirnya aku berobat ke dokter , setelah diperiksa jempol kaki kiriku . Dokter mengatakan bahwa kuku jempolku harus di bedah dan mengganti kuku baruku. Awalnya aku tak mau namun masak aku harus merasakan sakit terus , lalu akhirnya aku mau . Saat itu aku ketakutan pikiranku kemana – mana dan dipenuhi jangan-jangan . Disaat proses itu aku hanya diam dan menutup mataku , lalu sang dokter mencabut kukuku . Rasanya itu biasa aja , kayak enggak dicabut aja . Mungkin karna obat bius kali ya hehee , itu ceritaku apa ceritamu ? #korbaniklan

    • Anonymous berkata:

      aku juga ngalamin hal kaya kamu , udah 4 blan aku menderita penyakit ini .
      kata dokter aku… juga bilang kalo kuku jempol aku harus di ganti.
      aku juga ngerasa takut.
      #kasih tibs nya dong

  10. Yulli Nur Yeni berkata:

    saya cantengan di tangan jari manis sebelah kiri udah hampir 2 bulan, rencana minggu2 ini mau cabut kuku ke dokter bedah..pada saat dicabut terasa sakit gak ya?? atau setelah hilang bius nya pasti terasa perih banget ya?? brp lama rasa sakit hilang abis di operasi??

  11. mell berkata:

    aku mengalami cantengan udah hampir 3 blan berturut-turut sampai sekarang belum sembuh juga :'( rasanya pengen nangis terus
    berobat masih belum sembuh
    kadang suka berptus asa”masa bodo ahk”
    tapi gimana masih kerasa cenut” d kaki jemp0l dua-duanya “i hate the cantenganzzZ”

  12. DoNi berkata:

    Hay. . kwn2.
    saya jg Uda lam Menderita Cantengan Mulai dri smp sampi skrg.
    Kadang saya suntk di bawt nya.
    abis di potong kuku yg Nusuk bru smbh.
    Tpi lw tumbh lg, eh nyucuk lg.
    Tlg kasi saran Yg ampuh lah.

  13. linda berkata:

    gag Tw nma Pxakit x cantengan ato apalah,
    Tpi Kok Kering trus gmpang luka,
    gatel,dah dipakein obat gg sembh” mlah smkin mnjdi,

  14. kalau untuk cabut kuku di puskesmas brp ya kira” biayanya ..
    saya sudah cantengan tidak sembuh” :( ..tolong infonya makasih

  15. Bennoe berkata:

    Setelah baca semua posting temen2 aku gak jadi nyari tau lagi bout “The Chantengz”,dah sgt jelas n trnyata aku g sendirian di dunia ini bnyk sdr2-ku yg jd fans “The Chantengz” semangat satu nyali “The Chantengerz”!!

  16. iin ambar berkata:

    Masalahnya setiap kuku udh nusuk kulit pasti sakit jadinya dipotong lagi dan lagi dan lagi,jadinya nggak bisa ngembaliin bentuk kuku agar lurus..Jadinya cantengen udh jd penyakit rutin ditambah lagi sakitnya klu ada kotoran masuk..Haduh mungkin memang jln satu2nya minta dicabut aja ni kuku.Biar putus penderitaan sm cantengen.

  17. elsa berkata:

    kalo kukunya dicabut sakit gak sih??

  18. elsa berkata:

    kalo cabut kuku sakit enggak sih??

  19. ervina berkata:

    Aku baru kemaren cabut kuku. Pas biusnya ilang tuh sakit banget rasanyaaaa:'(

  20. Anonymous berkata:

    Udh 6bl cantengan,blm smbuh”.Udh aq buang kuku yg nancep sedikit.Tinggal ngempesin daging yg bengkak di pinggir kuku,msh merah.Gmn caranya ngempesin nya ya??

    • Anonymous berkata:

      dibuang?
      bakal lebih parah tuh
      wkwkwk
      regards
      cantengan lover

    • Claudio berkata:

      The answer of an exrtpe. Good to hear from you.

    • Anonymous berkata:

      Ada solusi krn aq alami cantengan baru2 yg aq lakukan ambil bawang kupas lalu di tumbuk campur Gula lalu tempelkan dan aq lakukan 2 Hari,syukurlah sembuh sampai sekarang tanpa mencabut kuku Tapi kalau sdh bengkak kuku itu akan keluar sendiri dan nanax akan meletus sendiri.silahkan di coba dan ini Fakta nyata krn aq sdh melakukan,Semoga bermanfaat

      Selamat Mencoba

      • Anonymous berkata:

        Bawang merah nya di campur gulanya Tempelkan di daerah yg sakit lalu bungkus dgn pembalut atau kantong Plastik.lakukan selama 2 Hari,insya allah sembuh

  21. Windy astuti berkata:

    Saya menderita Penyakit itu sudah lima tahun sampai sekarang saya belum pernah berkonsultasi ke dokter
    bagaimana mau ke dokter
    ibu saya aja bilang nya gak apa”
    padahal kuku saya udah nancep banget bahkan sering bernanah dan kuku saya berau busuk

  22. Anonymous berkata:

    selamat pagi,
    saya ingin bercerita sedikit tentang keluhan saya mengenai cantengan, setahun yg lalu saya mengaalami cantengan, beberapa obat sudah saya lakukan di antarany rajin membersihkan dgn alkohol, membuat minyak tanah sampai membuat tanaman pacar, tp tidak sembuh juga, sampai akhirnya saya ke dokter dan memotng sebagian kuku saya, awal ny merasa enakan tp sebulan berikutny sakit kembali kemudian saya buat obat kembali, tidak ada perubahan saya ke dokter kembali hingga akhrny jaln satu2ny mencabut semua kukuny, kembali enakan, dan sekarang setelah kukuny tumbuh kembali masih merasakan sakit,
    minta bantuan teman2 donk, mengapa terjadi seperti itu, n ap yg hruz saya lakukan
    thanx

  23. hannasislam berkata:

    Gimana dgn kondisi seperti jempol kaki saya ini? Kondisinya tdk ada kuku yg menancap, tapi bengkak di sepanjangan pangkal kuku, dan ada warna putih di dalam kuku yang saya duga itu adalah nanah. Cerintanya waktu itu kuku saya bersihkan dari kotoran yg hitam2 itu sampai bersih, namun kelama2an jadi gatal. Akhirnya saya garuk-garuk dan cubit-cubit. Lah, kok jadi bengkak…. Gimana itu ya? Mungkin ada yg pernah seperti itu…

  24. adventya berkata:

    kak,ak mau tanya donk…
    klo misalny setiap hari q rendem pke air anget trus hbs itu ak kasih saleb kira2 itu bener ga y??

  25. CANTENGAN berkata:

    SARAN SAYA, KALO UDAH KULIT SEBAGIAN SUDAH MENUTUPI KUKU. SEBAIKNYA LAUKKAN PROSES CABUT KUKU, KARENA MAU BAGAIMANAPUN SAKITNYA GAK BAKAL HILANG, MALAH AKAN SEMAKIN SAKIT YANG BERKEPANJANGAN.. MAU? (BUKAN PROMOSI IKLAN OPERATOR SELULER YACH.. HEHEHEH..) SAYA DAH 2 KALI CABUT KUKU, YANG PERTAMA JEMPOL KAKI SEBELAH KANAN. SUDAH BERJALAN 5 TAHUN YANG LALU DENGAN MELAHIRKAN KUKU BARU YANG CANTIK, EH SEKARANG GILIRAN JEMPOL KAKI KIRI. MUDAH2AN LEKAS SEMBUH DAN TUMBUH KUKU BARU… THX.

  26. abecedee berkata:

    cantengannya udah parah nih . kalo habis pke spatu pasti berdarh dan b’nanah.. trus harus gmna? selain oprasi ada obat yang lbh manjur gak sih. :'(

  27. Jumi berkata:

    Saya ingin bertanya bgaimana ya cara mencabutkuku jempol kaki

  28. Anonymous berkata:

    sebetulnya sebelum terjadinya cantengan, prosesnya kan dari luka kecil dulu namun karena dibiarkan saja jadinya luka tersebut mengarah ke arah kuku/masuk kuku. Makanya sebelum cantengan itu pasti ngerasa karena adanya luka. Apa itu kemasukan benda asing kukunya atau kena duri benda2 sangat kecil. Nah rendam tuh luka tersebut dengan air + garam secukupnya. Sehari 3 kali deh, Insya allah cantengan gak mampir, mengingat garam merupakan pembunuh kuman/bakteri yg ampuh.

    • almira berkata:

      selama kuku yg tumbuh ke daging blm dicabut biar dikasih obat apapun g bakalan sembuh. Tp tdk hrs dicabut ke dokter qt jg bs melakukannya sendiri,asalkan bs tahan skt. Caranya: tetesi jempol yg cantengan dg bethadin,kmd ambil pinset yg biasa qt gunakan u/ nyabut bulu ketak (biar g bau ketek cuci dl yg bersih,hehehe,,,,). Mulailah nyabut kuku dr ujung yg tdk skt menuju ke kuku yg tumbuh ke daging,tarik berkali2 sampe qt dptkan beberapa suwiran kuku yg kira2 berukuran 1mm, taruh di tisu agar qt merasa puas bahwa qt sdh berhasil nyabut kuku yg sempat membuat skt. Sktnya luar biasa tp ditahan drpd skt sepanjang hari lbh baik skt sekali. Stl dirasa semua kuku tercabut olesi dg salep oxytetracilin. Beberapa hr kmd rs skt akan hilang & dg sendirinya benjolan daging yg menonjol tumbuh disamping jempol akibat tertekan kuku pasti akan kempes. Insya Allah sembuh.

  29. Anonymous berkata:

    Saya pernah kaya gitu. Trus di tunggu sampe kukunya bener bener panjang. Pas udah cukup panjang saya potong dikit, terus di tarik ke arah dalem samping sampe bagian kuku yg ada cantengannya. Alhamdulillah sembuh. Tapi sekarang malah jadi gara gara suka di oprek ;(

  30. pasrah dan selalu berdo’a ja deh ma Allah swt. mudah”an cpt smbuh smua’y yg pny pnyakit cntengan

  31. jeinan berkata:

    selain cabut kuku ada gak solusinya ?

  32. nabel berkata:

    saya cantengan , trus aku ksh minyak tawon trs dan berdoa kpd Allah . Alhamdulillah smbuh total. Jgn d cabut
    kuncinya berdoa trs kpd Allah.

  33. Anonymous berkata:

    salam cantengan dri palembang.. heheheh…
    ane juga sering bgt cantengaaan , malahna cntengan di kedua jempol kaki, tp aneh operasi manusal sendiri tuh kuuku yg nancep di daging kaki,, aneh gunting tuh kuku kaki yaang naancep (heheh agak sadis dan sakit bgt), tp asilnya,,, kuk kaki jempol saya yg satunya udh ga cantengan lg ampe skrng.. sknrgn mah tinggal opersi manual yg satu lagi… hehehehe

  34. king abdul aziz berkata:

    salam cantengan mania… sepertinya saudara-saudara sy se-cantengan sedang tersiksa seperti saya… apa ada obat ya buat kuku agar membusuk….

    #sy sudah tau jawabannya

  35. ester wijayanti putri berkata:

    Ok… Akan saya coba cara ini siapa tau rasa cantengan si kaki jempol saya bisa sembuh^_^

  36. Nih gan ane dicabut kuku waktu dah UN SMP kalo gak salah(pasti bener) ya april lah.. senin di cabut.. pemulihan ampe jum’at lah.. sabtu sekolah lagi ane belom tau gaboleh pakek sepatu ketat. ane malah pakek alhasilnya dah beberapa bulan setelah masuk SMK sekarang jadi lagi nih cantengan. galau amat dah pokok nya ngiri liat kai temen2 bagus. kepaksa harus ganti kaos kaki 2hari sekali biar gak bau. sekarang nih rencana mo menjelang UAS ada test Renang.zzz minder bgt. minta saran nya nanti liburan mending di cabut lagi apa ada solusi lain sih? mohon pencerahan nya ya :)

  37. Anonymous berkata:

    amputasi ja biar ga ribet

  38. Mismaya ieie berkata:

    asslmkm…saya jg ne,, ud ada 1 semester mah, jempol kaki cantengan,,
    smntara ini, tiap sblm tdr dn stlh shlt subuh pake rivanol dan salep..ud enakan kering, tapi sekalinya peke sepatu..pzt b’darah dan nanahan lagi..bgtu seterusnya.. how??? :'(

  39. sri berkata:

    Aku juga mau share. Aku jempol kaki centengan itu dari kelas 5sd sampe sekarang belom sembuh sembuh padahal udah di oprasi leih dari 3kali. Aku teh jadi ga bisa ngelakuin hal yang aku mau. Aku ikutan taekwondo cuma ngendoog di sabuk kuning.pengen ikutan perlombaan perlombaan itu ga memungkin kan buat kondisi aku sekarang.

  40. alqa berkata:

    saya juga da pengalaman. tuk yang potong kependekan, jangan pake sepatu sempit, tutup bagian terbuka menggunakan hansaplas dan yang buat cantengan, biasa di tarik daging yg tertancapnya kalo masih ada kukunya cabut/gunting. dah itu jaga kebersihannya.

  41. rafi fauzi berkata:

    ya nih
    aku dah dari kls 4 sd udah kaya gitu

    waktu itu sempet 2 kali di angkat tapi ttp aja kaya gini
    k dokter juga udah cape ngabisin uang tapi g smbuh smbuh….

    dan yang paling cape tuh klw ngasih obat trus di rendem males banget
    “ngapain aku lakuin semua ini klw hasilnya cmn gtu gtu aja g ada perubahan…..”

    ada cara lain selain di angkat atau direndam ? apa harus dipotong ???

  42. wdya berkata:

    teman2 sesama cantengan doa in aq ya aq mau cabut kuku karna cantenganqu kumat lg udah 10 thun lbih aq mnderita cantengan…semoga setelah pencabutan kuku ga ada lg si catengan….

  43. seddo berkata:

    kalo udah sebulan pasca operasi (cabut kuku), udah bisa pake sepatu gak ?
    olah raga juga, boleh gak ?

  44. Rohman berkata:

    nasib kita sama…

  45. dodo berkata:

    Buat temen2 yg lama menderita cantengan dah tidak sembuh2 bisa menghubungi saya….saya mempunyai obat tradisional yg bisa menyembuhkan cantengan sampai tuntas bahkan ada temen yg sudah 10 tahun menderita cantengan akhirnya bisa sembuh juga…..yg berminat bisa kirim e-mail ke hariyanti99@gmail.com……Terima Kasih

  46. Mppie berkata:

    Mas saya mau naya dund dulu saya pernah cantengan di kaki kanan terus udah di cabut
    terus pas berapa tahun
    cantengan itu dateng lagi
    awalnya saya cuma gunting kuku
    biasa
    pas tau ye saya memotong ye ke pendekan sehingga kuku saya nancep ke kulit
    terus saya paksakan pake sepatu malah sakit
    lalu saya beri salep garamicyn
    lalu saya oleskan
    kira-kira sembuh kaga yah
    terima kasih

  47. Tong Fang berkata:

    jika belum sembuh juga, lebih baik dibawa ke klinik tongfang.. dijamin setelah 3 kali pengobatan cantangen anda beserta jempol anda akan hilang. terima kasih tong fang

  48. Rachel berkata:

    Halo teman teman sebangsa cantengan, saya mau ikutan sharing mengenai cantengan inih. Saya kena cantengan karena kebiasaan memakai pump heels / high heels, akhirnya ada daging sekitar jempol yang kapalan dan bawahnya bernanah. Awalnya di cuci pake air hangat, kemudian dikasih revanol, lalu betadine cina. Terakhir sebelum tidur, di oles garamycin. Cantengan saya sembuh, tapi tidak lama kemudian kumat lagi karena kepentok karpet. Cantengan yang kedua makin parah, gak mempan pake cara pengobatan yang pertama. Makin parah karena sering terinjak di busway, sampai bengkak bernanah dan bengkaknya pecah ketika keinjak orang. Akhirnya saya ke dokter untuk cabut kuku. Anestesi lokal sampai suntik 4 kali ( bukan mendramatisir, tapi suntik anestesi ini sakit sekali terasa sampai ke ruas tulang jempol kaki ), setelah kebal baru dicabut , tidak terasa apa apa waktu kuku dicabut. Harus teratur minum antibiotik dari dokter, kalau terlambat minum obat, jempol terasa seperti di pentungin palu. Paling seminggu juga sembuh asal rajin minum obat dan tidak kena air. Yang menyakitkan hanya suntiknya saja.

    Saya ekstraksi di klinik kecil di daerah jakarta barat , hanya 162 ribu, tambah perawatan perban 2x hanya 60 ribu. Ya total ini itu 250 ribu lah. Tapi teman saya di klinik besar habis 500 ribu all in. Ada juga yang di RS habis sejuta untuk ekstraksi saja.

    Jangan takut cabut kuku ya !! Setelah itu, rajin rajin bersihin kuku dengan cara yang benar.

  49. danu berkata:

    Kalo kuku dicabut, PASTI tumbuh apa gimana? Takutnya ga tumbuh ,jadinya bentuk kaki ga karuan, serem… thanks

  50. Anonymous berkata:

    ni asaya cantengan di tempat cantengan yang dulu . mo saya cabut kan masih pendek karena bekas cantengan yang lalu. gimana cara ngilangin cantengan na.hiks hiks hiks ououoouououo.

  51. Aris berkata:

    Tdi kuku saya kan bru di cabut.
    Nah,saya mau tanya?
    kira2 smbhnya atau tmbuh lgi kuku yg bru
    itu kpn?
    Trims.

  52. phoenix38 berkata:

    pengalaman saya cantengan selama hampir 4 taun dari 3 SMP sampe 3 SMA (12 taun yg lalu), sembuhnya ternyata dengan manjangin kuku.
    pernah ke dokter dilakukan roserplasty, tapi ga lama cantengannya kambuh lg. akhirnya diksh saran ama bibi, suruh dipanjangin aja kukunya. alhamdulillah,, sampe sekarang ga pernah cantengan lagi..

  53. Anonymous berkata:

    ooh cantengan…teganya dirimu menyiksa kami..hiks..hiks..hiks.

  54. jhonnisaputra berkata:

    mas emang ada ya gunting kuku bentuk rata??

  55. retaataa berkata:

    aku juga pernah cantengan, tips nya cucok banget toh, kebetulan aku juga perawat.
    pernah juga operasi sendiri pake gunting steril, alkohol, dll. sakit banget emang soalnya ga pake bius, tapi alhamdulillah operasi kecilku berhasil.
    yang penting jaga kebersihan kaki biar jauh dari infeksi

  56. idan berkata:

    ada ramuan tradisional nya gan way nymbuhin cantengan…. sya minder palagi klo gy sholat pas ruku,malu ma kaki sbelah….thanks… bales.

  57. Anonymous berkata:

    adduh…
    saya juga chantengan…
    nanah nya keluar bayak…
    sakiiiiiiiiiiiiit bgt… :'(
    sampe ingin nangis…
    mau dibawa ke dokter tp takut di opresai…
    gmn nich..???
    sarannya apa kakak ???

    • hendrawan herman berkata:

      aku pun canthengan tapi aku awalnya takut tapi setelah aku pikir lebih baik sakit sehari dari pada berhari-hari. Jika terlalu lama tidak di cabut kukunya dagingnya akan dipotong sih katanya

  58. Anonymous berkata:

    tentara cantengan bikin bingung………..saban hari apel pake sepatu bot…..gak sembuh2 malah kapalan…….

  59. yadi berkata:

    nma laen cantengan adlah SEBAYAN .

    NII YG AQ AJA gx smbuh smbuh.
    dbawa ke dokter..dokternya ga” mau nyabutnya.

  60. wawan berkata:

    sama ku juga udah lama,mulai semester awal pas ada mata kul olah raga,,,,,sampai sekarang semester lima.e g sembuh2.kalau pas emosi tak pukulin,,,,,,,,,,,,,,,sering juga tak genggam sampai kenceng sampai keluar darah,nangis juga sih setelah itu,tapi jg g sembuh2,hu hu hu hu,

  61. cakyon berkata:

    Cara kuno dari simbah tp manjur pernah tak coba berhasil! Kuku tumbuh gak masuk kedaging lagi. Yaitu dengan mengerik/amlas kuku dengan amlas pemotong kuku/cutter.. karena tipis kuku otomatis tumbuh melengkung keatas..

    • Anonymous berkata:

      mas cak yon bener tuh. … tapi efek nya hanya 2 minggu. pada saat kuku tumbuh lagi harus di lakukan amplas lagi. memang sedikit repot. tapi setidak nya terhindar dari cantengan

  62. Jumiati berkata:

    Dear sir,

    pacar aku udah kena cantengan dijempol kakinnya kurang lebih hampir 8 bulan dan ga kunjung sembuh,sekarang malah tambah bengkak dibagian pinggir jempolnya itu, dan sering terasa nyutnyutan dan mpe badannya demam,, setiap malam selalu dikompres dengan air panas dan dikasih obat tetapi ga keringkering juga lukanya.. mohon bantuan solusinya yah??

  63. Ndra berkata:

    saya dah cabut kuku 3x gak sembuh2.., padahal dah dijarit pula sisi2nya… Nasib… -__-

  64. rf berkata:

    nyembuhin cantengan,salah satuny dengn ngilangin serpihan kuku yg msh tertinggl atau nancep d daging.kl aq dulu sih dengn menggunakan sikat baju. .pada bagian yg cantengn sy bersihkan pake sikat baju jd sisa2 kuku yg nancep bs ketarik (tp sakitny minta ampun),setlh selesai itu langsung d kasih betadine agar cpt sembuh

  65. Albara berkata:

    sya hitung2 sudah 4 tahun ne catengan

  66. Maarif berkata:

    kk..ni 6 bulan lalu saya udh cabut kuku ke dokter…tapi bulan April kemaren kambuh lagi,.pertama saya kasih garam,.tp gk ber effect apa2…malahan skrg jadi bengkak seperti dolo…terus saya beli obat NAIL…tiap hari saya rendem pk air panas ma di pencet2 (agar keluar mani nya eh nanah nya )…terus tak kasih alkohol 70% bis tu kasih deh tu obat….
    tp tetep aja masih sakit….terus saya pikir2.,..,
    kan di dalem daging nya ada kuku yg nancep,.,,.nah masak cuma di rendem air panas bisa sembuh ?? selama kuku masih nancep kan gk iso sembuh
    .
    gmn ni kk sarannya biar sembuh…udah 1 tahun nih cantangen..malahan 2 Mei lalu hari ulang tahun cantengen ku yg pertama….
    ma gmn caranya mijet2 biar nanah nya keluar semua cz susah keluarnya

  67. muty berkata:

    Gw cantengan mulai dr jmn gw kuliah mpe skrg srig kumat.ni malh dah mulai item2 ku2’y.cma gw plig tkut klo yg nma’y kdkter trs cbut ku2,g deeehhh.klo ad altrntf lain ap slain cbut ku2?

  68. Nando berkata:

    saya mau tanya, waktu itu sempat setahun yg lalu sudah dioperasi untuk pencabutan kuku tetapi setahun kemudian malah terjadi cantengan lagi, penyebab apa yg menjadi bisa terulang lagi seperti itu, kebetulan ada beberapa teman saya juga terjadi seperti itu.

    apa mungkin ada tindakan khusus untuk ini. thanks in advance

  69. tasha berkata:

    ka saya mau tnya nie. saya bulan april tgl 2 ud operasi n d cabut kuku ny. nah sekarang ud kering n tinggal tggu kulitny yg kayak darah kering kekupas. nah itu ad yg blm bisa trkelupas itu tidak apa-apa y??? klo numbuh kuku sakit tidak? dan klo sudah d cabut ada kemungkinan bakal cantengan lagi ga? apa harus tetep pake obat terus smpai kuku nya tmbuh tidak?
    makasi seblum n sesudahnya. Tolong dibalas ya ka.

    • andihendra berkata:

      gak apa2 tunggu kering aja jangan dikupas sendiri, malah bahaya. Kalau numbuh kuku mah gak ada sakit-sakitnya.

      Potensi cantengan lagi sangatlah ada. Makanya jangan dicongkel2 si kukunya biarin aja.

      Kalau obat sih menurut saya kalau sudah kering semuanya gak usah. Tinggal nunggu kukunya aja. Kira2 3-6bulan kukunya bakalan seperti semula. Nah saat itu harus hati-hati.

      Memang agak sakit soalnya bakalan kelihatan masuk ke kulit. Please jangan diapa2in. Biar naik sendiri. Kuku saya itu awalnya mau masuk ke kulit, karena saya biarin si kulitnya mulai menggeser dan si kuku mulai naik seperti sedia kala.

    • Anonymous berkata:

      saya dah cabut kuku manual.sakit sekali. tapi sembuh sekitar 6 bulan tumbuh tapi baru setengah yang tumbuh belom semua .eh malah cantengan lag. hiks hiks

    • Autthaphol berkata:

      I like the new look of your blog, again! If you can share some tips on updating my blog, I’d relaly appreciate it! You are so creative! I watched someone make homemade doughnuts on the food network a few weeks back and they looked so yummy! They looked relaly simple. If you make some, let me know if they are simple or if she’s just making it look that way! :)God Bless,Meg

  70. jossam berkata:

    ketika centengan mulai tampak sakit,kita hurus apa ya…?
    dan ketika selesai operasi gimana tuh harus pakai spatu….?kan masih skolah SMA?
    trimz

  71. ibah berkata:

    bleh tanya gk d0k,,
    canteng itu bisa membahayakan bagi kita gk sih

  72. rere berkata:

    wah2 kalo saya cantengen trus tiap ne kuku jempol jd tumbuh.klo hbs dpotong jd sakit dh,trus lama2 merah.klo udh ky gt tak ksh salep88,betadine trus tak perban mpe gak sakit lg.sembuh dh.tp ntar kl kukux tumbuh lg,kambuh lg dst.huh,cape emg

    • jhonnisaputra berkata:

      coba deh pake albotil, tetesin ke lukanya, aku jg dah cantengan 5 tahun, 2 kali kedokter, aku sekarang lg nyoba obat albotil, sakitnya berkurang trus dagingnya jg kempes, tapi masih tertusuk kedepan.

  73. Linda Cieh panda berkata:

    huhuhuhu :'( memang sakit sekali rasanya , 3 tahun ini cantengan saya belum sembuh2 saya takut ke dokter pasti sakit jika di suntik
    tolong beritahu pengobatan biasa saja secara tradisional ?
    saya sangat tersiksa kalau jalan

  74. Lisssyong berkata:

    Bila gunting kuku terlalu pendek cara pencegahan agar tidak terjadi cantengan bagaimana?

  75. Lissyong berkata:

    saya mau nanya, kalau potong kukunya kependekan terus kalau dipegang ujungnya terasa sakit tapi tidak bengkak..
    bila sudah menggunting kuku terlalu pendek, cara pencegahan cantengan bagaimana?

  76. WAHYU berkata:

    apa nda ada cara lain, selain cabut kuku Gan…? soalnya saya takut klu di suntik bius, lg troma dulu cabut gigi hampir sebelah badan kena bius Gan

  77. Ragil berkata:

    Gan, saya juga udah lama ini langganan chantengan. tyap main bola apa beraktifitas yg berhubungan dg tanah/ngga make alas msti kalo abz mandi dibersihin besoknya udah bengkak.
    Anehnya nyembuhinnya msti setelah dipotong kukunya, tp kalo udh agk alma tumbuh lg ya gitu cantengannya kambuh lagi.
    kenapa ya, apa ga bisa sembuh ?

  78. Ari berkata:

    Kalau di rendam air hangat bisa smbuh gak?

  79. Anonymous berkata:

    GAN, KAKI SY SKIT BNGET BNGKAK LG, SY LIAT ADA KUKU NANCEP KECIL DAN DALAM SUSAH CABUTNYA? APA HARUS OPERASI?

  80. Dessy berkata:

    cantengan bikin galau nihhh..
    dari dokter yang agan samperin,,cantengan ini ada obatnya gak sih selain harus di extractie ?

  81. Ummu kalsum berkata:

    Klu udh terlanjur bengkak gmn?solusi apaan selain operasi yaCh. . .

  82. Yogi berkata:

    Dlu kuku sya yg cantengan sudah d cabut,tp setelah tumbuh.eh malah tiba2 kambuh lg..
    Sya sudah usaha cari obat,tp blum ad yg bisa nyembuhin.
    Obat2 yg sya cari d web gk ad d apotek.
    Mungkin ad obat lain yg lbih ampuh?
    Kalau d cabut bisa kambuh lg gk?

  83. ezar berkata:

    didalem kulit ada sedikit nanah kayaknya, dipinggiran jempol kaki, terus bengkak disitu jg, termasuk cantengan gak tuh??

  84. awaaan berkata:

    teman2 dan rekan2 sxan terima kasih tuuk share n info2 nyaaa….semoga kita semua dapat melewati cobaan ini dengan baaik n tak ada lagi Cantengan diantara kita..amiieeeen…!!! dan sesama Cantengan Maniiaaa Mari kita saling brdoa agar kita cepat sembuh n bersama2 berdoa agaar tak ada lagi yang nama’a itu Cantengaaaan…
    Say no to Chantengaaan….!!! Semangaaaat smuuuaaaaaa…!!!

  85. Rheyssa berkata:

    mau tanya, itu sebelum dicabut kaki nya di bius dulu apa langsung ya ? makasih sebelumnya

  86. Anggi Koisin berkata:

    Mas mau tanya nih, kalau abis di operasi gitu ga boleh pake sepatu atau melakukan kegiatan olahraga ya? Trus kalo sudah bengkak atau kulit jadi warna hitam/ membiru di bawah kuku tuh gimana .Makasih

  87. Mas mau tanya nih, kalau abis di operasi gitu ga boleh pake sepatu atau melakukan kegiatan olahraga ya? Trus kalo sudah bengkak atau kulit jadi warna hitam/ membiru di bawah kuku tuh gimana .Makasih :)

  88. Dian berkata:

    mas, mau tanya klo mau cabut kuku dan operasian konsultasinya ke dokter mana? soalnya bingung mau datangi dokter spesialis apa, hihihi…trims.

  89. Dian berkata:

    mas, klo mau cabut kuku dan sejenis operasi, konsultasinya ke dokter yg menangani bidang apa? coz sy bingung mau ke dokter spesialis apa…hwehehe…tq.

    • Anonymous berkata:

      cb dtg aja ke rmh sakit adi husada kapasari,ke poliklinik aja,hr ini mama saya,saya bawa ke adi husada kapasari,lgsng dgn dokter specialis bedah,kal di kaki sampai timbul daging sama dokter nya di potong kok,di bius separuh badan kok,kuku lsng di cabut,biaya 250.000 aja,kal hr senin-jumat pukul 07.00-13.00,sabtu 07.00-11.00,minggu dan libur nasional tutup,indahnya berbagi
      ….thx

  90. devi berkata:

    kalo pecabutan kuku apa tidak sakit?,ada cara lain,saya takut

    • andihendra berkata:

      itu cara paling efektif mbak..
      daripada cara lain, entar tumbuh lagi berabe lagi

      eh iya, kalo cantengan dibiarkan lama.. bisa2 jari kaki kita harus diamputasi lho.. gara2 darah tersumbat disitu,.. mending cepat dioperasi sekalian

  91. rosin berkata:

    cara menyembuhkan penyakit itu kalau sudah bengkak gi mana…….?

  92. bambang t berkata:

    sy sudah pernah melakukan extractie, tp setelah kurang lebih dua tahun, kuku tumbuh lagi bahkan sekarang lebih dalam dan timbul cantengan lagi malah lebih repot lagi kalo mau potong kuku yg menusuk ke dalam daging karena sakit dan sulit untuk memotongnya. Sy malah berharap lebih baik kuku jempol kakiku tidak tumbuh lagi agar sy ga tersiksa setiap kukunya mulai panjang. Ada ga ya yg bisa mematikan pertumbuhan kuku?

  93. taguh berkata:

    sory bos,biaya extractie tsb berapa ya buat ua jempol kaki trus waktu utk sembuhnya berapa lama?trims

    • andihendra berkata:

      kalau cuma operasi kecil paling ratusan ribu
      sembuh yang gimana,
      kalo sembuh bisa make sepatu mah, 1 bulan juga udah bisa
      tapi kalo kukunya tumbuh normal mungkin 6 bulanan

  94. elis berkata:

    TPI DOK EMANG HARUS CABUT KUKU EA.
    PA GA ADA ACRA YANG LEBIH BAGUS DAN TIDAK MENAKUTKAN.

  95. danang berkata:

    saya dh menderita cantengan selama 6 thun ini,, pernah saya cabut kuku,setelah kuku tumbuh kambuh lage, n stiap tahun saya hrus cabut kuku,sampai dokternya knal banget ma saya sekarang,, solusinya gmnana yaaa,,,,,,,

    • andihendra berkata:

      Hmm, sepertinya operasi cabut kukunya gak sempurna mas…

      coba bener2 semua bagian kukunya deh
      kalau saya sih memang males aja
      jadi tiap kali kukunya tumbuh langsung dipotong

      • rizma berkata:

        Saya baru 3 hari cabut kuku, terus kan kuku saya di perban, nah kata dokternya harus ganti perban tiap hari. Pas saya mau ganti perban is perban itu nempel susah di cabut, saya sudah coba pakai minyak, pke aer anget tp tetep aja ga lepas2 malah jd basah, gmana solusinya ya?

  96. Pakdhe berkata:

    Waahh gan,,, saya sering banget dulu cantengan,, malah males saya bawa ke Dokter… akhirnya saya keluarin paksa aja cairan darah putihnya(nanah)… alhasil, sampe sekarang gak pernah lagi…
    hwehehehehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s