All u can eat! Menu utama Paparon, RIBA?


Sehabis praktikum kimia, dengan suasana perut yang amat laper karena belum makan pagi. Aku mengajak seorang temen untuk menikmati menu all u can eat-nya paparon yang 23ribu kita bisa makan sepuasnya. Beliau dengan halus menerangkan keraguannya terhadap jenis makanan yang satu ini. setelah tahu jawabannya kalo ia menyangsikan bahwa jenis makan sepuasnya seperti itu adalah riba. Subhanallah, aku kagum banget ama dia karena berfikir sampai sejauh itu. Semoga Allah merahmatinya. terlepas dari benar atau tidaknya, aku sangat simpatik karena dia menjaga dirinya dari hal-hal yang aku anggap syubhat karena belum diketahui kehalalannya.

Dia ngomong kalo membeli sesuatu yang belum diketahui jumlahnya itu sama saja dengan riba. Lalu aku jawab kalo riba itu artinya kelebihan yang dapat merugikan kedua belah pihak akan tetapi dalam sistem all u can eat ini belum tentu si pengusaha atau si pembeli yang akan rugi dan sistem penjualannya pun disepakati oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan alias kesadaran sendiri.

lalu dengan diplomatis dia tetap menolak ajakanku sambil mengungkapkan kalo begitu sama saja seperti kita menghalalkan pencurian.

Yah, aku menyerah deh! tapi yang pasti karena hal itu belum diketahui kehalalannya alias syubhat jadi kita dapat ngejalaninnya bila kita yakin.Namun, bila tidak jangan dijalanin.

Aku yakin sebab kalaupun rugi pihak pengelola paparon tersebut pasti akan menutup menu yang seperti itu. Namun, yang terjadi malah sebaliknya sekarang malah brand lain seperti pizza hut udah disainginya.
 

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Muslim in Reality. Tandai permalink.

Satu Balasan ke All u can eat! Menu utama Paparon, RIBA?

  1. Eshwar berkata:

    Evan is right. I’ve been following byuu’s work for years. He’s lieltarly the #1 person to talk to about SNES preservation from hardware to software and even in image preservation of boxes, instructions, etc. With all do respect, a SNES preservation article STARTS with detailing byuu’s work. Anything short of that completely misses the mark.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s