Pengalaman Membuat NPWP…


Setelah lama menunggu untuk mendapatkan NPWP sehingga tujuan-tujuan yang direncanakan dapat tercapai, akhirnya senin kemarin keinginan saya tersebut berhasil. Mulanya tidak begitu direncanakan. Namun, saat Ibu Keuangan Yeris Permata meminta bantuan untuk menemaninya membayar pajak KOKESMA maka sayapun membantunya sekalian membuat NPWP pribadi (yah, bisa dikatakan jadi security juga.. soalnya uang tunai dalam jumlah banyak disimpan ke dalam tas saya). Meskipun saya telah memubazirkan 40.000 (dihitung dari 4 jam kuliah yang tidak saya ikuti, hal ini juga didasari kepala saya yang sudah suntuk selama 3 jam kuliah sebelumnya). Okelah kalau begitu.., selanjutnya saya memfotocopy KTP saya di PAU sambil menunggu Ibu Keuangan tersebut untuk menyelesaikan urusannya di toilet. Duhhh… lama beud

Nah, ketika sampai di Kantor Pajak maka gantian si Yeris yang harus menunggu saya untuk menyelesaikan urusan di toilet. Sebelumnya juga telah mengambil kertas antrian Pajak. Kemudian kami menunggu dipanggilnya nomor yang kami miliki. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya nomorku dipanggil dan dengan segera saya ke meja yang telah ditentukan. Dengan agak gugup saya menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Bapak yang menerima saya hal ini dikarenakan saya belum memiliki penghasilan namun ingin memiliki NPWP. Setelah selesai bertanya, akhirnya Bapak tersebut menyuruh saya untuk mengisi blanko yang ada di resepsionist (ya ampun Bapak, kalau tau harus ke resepsionist dulu, mengapa harus menjawab pertanyaan yang panjang lebar) dan akhirnya firasat buruk saya terbukti, saat di bagian resepsionist juga ditanya dengan pertanyaan yang sama (benar-benar kemubaziran yang nyata)

Dan, diinformasikan bahwa kartu NPWP saya bisa diambil keesokan harinya..

Hore.. Dengan begini, semoga bisa jalan jalan ke Singapura tanpa kena fiskal

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

3 Balasan ke Pengalaman Membuat NPWP…

  1. yeris berkata:

    Isi aja yang SPT SS (Sangat Sederhana).. Ga puyeng2 amat kok…

    • Ikaratna berkata:

      sandeep sinha March 16th i was at the ITB and kudos to the authorities for bicakng sustainable travel at all levels. like any other branch of businesses this too requires a third party certification ,but then who will do it? will it be an honest platform?also small operators may get sidelined. the best is we leave this for the travelers themselves to judge. maybe like trip advisor we can have one community/page where feedbacks can be posted on via the website.

  2. delia4ever berkata:

    selamat jalan2.. tapi jangan lupa ntar akan muncul laporan2 spt tahunan yg buat puyeng… heheheh..
    salam kenal ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s