Islam tidak hanya membuat umatnya baik namun juga benar


Di zaman aneh nan kotor saat ini, banyak kita jumpai orang yang menyelewengkan Dien Islam dengan mendirikan aliran tertentu. Namun, orang yang melakukan penyelewengan itu memiliki banyak pengikut dan pengikut-pengikut setia ajaran sesat itu berdasarkan dari kalangan dhuafa dan awam. Nah, alasan utama yang menyebabkan mereka seperti itu karena beranggapan bahwa sang pemimpin aliran merupakan orang yang baik sehingga mustahil orang baik akan melakukan suatu kesesatan.

Dan ini persis terjadi ketika ada orang alim yang melakukan penyimpangan Milah Ibrahim jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad sehingga terjadi proses penyembahan berhala Latta, Manat dan Uzza (silahkan lihat sirah).

Yang mau dibicarakan disini apakah orang baik akan selalu menebarkan kebenaran? Mana yang terlebih dahulu harus didahulukan kebenaran atau kebaikan?

Sebenarnya kebaikan itu adalah objektivitas masing-masing individu. Bisa saja seseorang di Afghany dikatakan baik namun di Indonisy dikategorikan orang yang buruk. Hal ini dikarenakan tolak ukur kebaikan didapat berdasarkan pengalaman,kebiasaan dan paradigma yang dianutnya. Nah, kebaikan manakah yang harus kita pakai? Tentunya kebaikan yang berdasarkan ajaran Allah SWT.

Nah, kebaikan yang berdasarkan ajaran Allah SWT itu sebenarnya merupakan suatu kebenaran mutlak yang tidak akan merugikan pihak manapun. Karena ketika kita berusaha menegakan suatu kebaikan yang menurut Allah baik namun menurut kita menyakitkan, akan terjadi suatu penderitaan batin yang terjadi di dalam diri bila keimanan masih bisa dikalahkan oleh hawa nafsu di dalam diri.

Nah, karena kebaikan itu objektif tiap manusia maka yang harus didahulukan adalah menegakkan kebenaran. Kebenaran menurut siapa? Kebenaran menurut Sang Penguasa Alam, yang termaktub ke dalam ribuan ayat yang disusun dalam suatu kitab yang bernama Qur’an. Namun, bukan berarti kebenaran bertentangan dengan kebaikan. Karena setiap kebenaran pasti akan menimbulkan dampak kebaikan. Akan tetapi tidak untuk sebaliknya.

Yang terjadi sekarang adalah;

  1. membawa kebaikan namun tidak membawa kebenaran
  2. membawa kebenaran namun tidak membawa kebaikan
  3. membawa kebaikan dan kebenaran
  4. tidak membawa kebaikan dan kebenaran

untuk no.4, hal tersebut jelas tidak boleh diikuti

no.1, sebenarnya akan sangat berpotensi untuk mengajak banyak orang kepada jalan kebenaran bila penyimpangan yang dilakukannya segera diluruskan

no.2, setidaknya lebih baik dari yang no.1 namun jika ini terus dilakukan akan membuat orang yang didakwahinya merasa eneg dan muak, karena dengan dakwah baik-baik saja para pembawa risalah sudah banyak mendapatkan penyiksaan apalagi dengan jalan yang tidak memakai cara yang baik

no.3, semoga Allah mengaruniakannya kepada kita semua karena selain membawa kebenaran yang dibarengi dengan perilaku yang baik, Allah juga mengisyaratkan bahwa kita haruslah menjadi suri tauladan yang baik bagi semesta Alam.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Muslim in Reality. Tandai permalink.

4 Balasan ke Islam tidak hanya membuat umatnya baik namun juga benar

  1. andihendra berkata:

    hehe..
    makasih
    tau aja kau……

  2. yeris berkata:

    ANDI!!!
    Congratz ya…
    Alhamdulillah artikelmu satu ini benar2 TEPAT SASARAN!
    (Tepat Isinya, tepat yang bacanya.. haha)
    Semoga bermanfaat untuk perbaikannya. Ammin..

  3. angga sasmita berkata:

    …penyimpangan Milah Ibrahim jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad sehingga terjadi proses penyembahan berhala Latta, Manna dan Uzza.

    koreksi: Manat

    Manna itu salah satu rizki dari Allah buat kaum bani isra’il

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s