Guru, Berhentilah Menganiaya Murid


Pengalaman pendidikan saya dari SD sampai SMA (untungnya tidak terjadi di Institut Tercinta Bandung ini :D), hampir dipastikan diwarnai dengan adanya bekasan tangan guru di wajah. Entah itu karena masalah lumayan parah seperti cabut sekolah ataupun masalah sepele yang dilebih-lebihkan.

Gejala ini hampir dipastikan terjadi di seluruh pelosok daerah Sumatera Utara, yah, mungkin karena karakter pendidikan yang kasar dan keras memang sudah mendarah daging disana [saya tidak tahu pasti bagaimana dengan daerah lain, namun melihat berita2 di media, sepertinya hal semacam ini sudah menjadi gejala (baca:Penyakit) Nasional.

Sampai sekarang saya masih belum mengerti akan faedah dari tamparan pada murid-murid. Ok, saya juga sebenarnya mempunyai pandangan bahwa untuk suatu capaian tertentu dibutuhkan tindakan tegas, bahkan kekerasan yang terukur. Namun untuk ‘kekerasan yang terukur’ ini sepertinya perlu dilakukan suatu pendefinisian dan pembatasan arti sehingga tidak dijadikan alat ‘pembantaian/penganiayaan’ oleh guru-guru yang senang terhadap hal tersebut. Akan tetapi bukan berarti kita tidak boleh sama sekali menolerir ‘kekerasan seperlunya’ tersebut. saya khawatir jika kita tidak mentolerir ‘kekerasan seperlunya’ ini sebagai bagian dari pendidikan maka kita akan menghasilkan generasi yang lemah

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di kisah hidupku. Tandai permalink.

10 Balasan ke Guru, Berhentilah Menganiaya Murid

  1. Arumsekartaji berkata:

    Alamat blog Anda sudah saya taut di blog saya…sayang masih ada masalah teknik kok belum bisa muncul di halaman widget. Masih tak cari solusinya. Anchornya Andi Hendra. Semoga berkenan….

  2. nurulwidya berkata:

    assalamu’alaykum,punten,boleh nanya? ada lagu di wp ini bagaimana cara ya? mhn jawabnya ya, tks. hehe..

  3. andhika63 berkata:

    met siang sobat
    makasih dah berkunjung
    kalau mau pasang iklan apa aja
    bisa langsung diblog kami
    strategis karena
    tidak kurang dari 7 ribu pengunjung :etiap harinya
    silahkan klik my nick
    makasih sobat
    semoga kebahagia’an menyertai kita semua

  4. andihendra berkata:

    eh, maksudnya boleh2.. sekarang akan saya taut

  5. Arumsekartaji berkata:

    Selamat pagi sahabat…salam kenal dan semoga kesehatan senantiasa menyertai anda dan keluarga. Boleh tukeran link kalau berkenan silahkan pasang di blog Anda. Blog Anda akan saya add as link . Link anchor saya cukup Arumsekar. Trim kalau berkenan…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s