Jadwal Belajar dan Diskusi ScadaSquad 2007 ITB


Teman, mungkin kebersamaan kita tinggal beberapa bulan lagi.  Tapi, setelah berjamaah menyadari bahwa ilmu yang dimiliki masihlah sangat parah, terutama di bidang aplikasi sederhana, maka sangatlah direkomendasikan untuk membuat diskusi bersama seperti yang kita lakukan sore ini. [selain bimbingan rutin untuk asistensi praktikum AST yah..]

Jadwal diskusi ilmu kelistrikan mungkin akan disesuaikan dengan waktu bimbingan asistensi. Seperti saran, mas rizki tadi sore bahwa minimal seminggu sekali kita harus berdiskusi. Sebenarnya sih diskusi apa saja tapi lebih difokuskan ke topik sesuai yang telah ditentukan.

Saya mencoba menyusun jadwal topik-topik tersebut. Diusahakan runut dan runtut. Kalau ada masukan atau apapun tolong disampaikan dengan sejelas-jelasnya. Karena kita bertugas akhir di bagian Sistem maka tidaklah salah bila saya menyarankan untuk menyampaikan masukan dengan sistematis dan jelas.

No Waktu Topik
1 Minggu IV Februari Pengukuran Listrik
2 Minggu I Maret Proteksi Listrik (CB, Relay dll)
3 Minggu II Maret Sistem dan jaringan Transmisi (General)
4 Minggu III Maret Sistem dan jaringan Distribusi (General)
5 Minggu IV Maret Sistem Pentanahan dan Isolasi
6 Minggu V Maret Komponen Simetris dan Tak Simetris
7 Minggu I April Analisis Short Circuit
8 Minggu II April Kestabilan Sistem Tenaga (Tegangan)
9 Minggu III April Kestabilan Sistem Tenaga (Frekuensi)
10 Minggu I VApril Kestabilan Sistem Tenaga (Sudut Rotor)

Maaf, kalau misalnya kurikulum Diskusinya ada yang salah. Tolong bantu diedit bila ada kesalahan. Mulai minggu II April, dijadwalkan untuk memulai diskusi kestabilan secara intensif dikarenakan waktu yang semakin dekat dengan jadwal sidang [untuk yang lulus juli ini]. Mungkin bisa menjadi gladi resik sebelum Sidang.

Waktu yang lebih detail tidak bisa saya pastikan karena jadwal masing-masing yang berbeda. Tentulah sangat baik apabila kita mau menetapkan hari atau bahkan waktu yang tepat untuk diskusi ini.

Oiya, jangan lupa JUMAT, 25 Februari jam 5Sore kita diskusi asisten Modul 3-Analisis Short Circuit-. Tolong semuanya membaca literatur yang berkenaan dengan modul ini agar tidak terulang kembali ‘Memble Meneketehe’ seperti diskusi-diskusi modul sebelumnya.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s