Surat Putri Nurdin Halid Hanya Satire


Sebuah tulisan di Kompasiana yang disebut sebagai “Surat Terbuka dari Putri Nurdin Halid”, Selasa (22/2) malam, membuat heboh dunia maya. Tulisan yang dibuat dan ditayangkan Kompasianer Iman Phurawinata itu langsung menyebar lewat jejaring sosial dan, hingga saat ini, sudah dibaca oleh sedikitnya 61 ribu orang.

Tapi sekitar pukul 11 pagi tadi, Iman mengakui tulisan itu hanyalah prosa satire. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia, satire adalah gaya bahasa yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang.

“Saya klarifikasi bahwa tulisan itu SEKADAR PROSA SATIR, tetapi data yang saya gunakan tidak mengada-ada,” tulis Iman seperti dikutip dari tulisannya di Kompasiana berjudul Sekedar Prosa Satir, Rabu (23/2).

Data-data dan nama-nama yang disebut dalam ‘surat’ sepanjang sembilan paragraf ini, demikian Iman, diambil dari pemberitaan yang dirilis media massa online seperti KOMPAS.com, Tribun News dan Tempo Interaktif.

Sebelum klarifikasi tersebut dibuat, banyak netizen dan pengguna Twitter yang meragukan keaslian surat tersebut, meskipun tidak sedikit yang percaya karena surat itu ditulis secara rinci dan menyebut nama banyak kalangan.

Merespon tulisan tersebut, Admin Kompasiana langsung meminta klarifikasi kepada penulis apakah tulisan itu fakta atau fiksi. “Klarifikasi saya, ini sekadar prosa satir. Sebab, dengan cara menghujat Nurdin Halid tak pernah kena sasaran, bahkan Nurdin tetap saja dengan karakternya,” jawab Iman melalui email yang diterima Admin Kompasiana.

Berdasarkan pengakuan ini, tulisan tersebut akhirnya dipindahkan ke rubrik fiksi agar tidak menimbulkan salah persepsi di kalangan pembaca.

Ke depan, kita berharap Kompasianer lebih bijak dalam memilih rubrik dan jenis tulisan.

 

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

4 Balasan ke Surat Putri Nurdin Halid Hanya Satire

  1. tekongan08 berkata:

    ini dia yang saya cari, artikelnya sungguh bermanfaat.terimakasih gan informasinya.jangan lupa kunjungi blog saya ya!

  2. Idi suwardi berkata:

    Selamat malam 🙂 blokwalking nih

  3. Jual Gula Merah berkata:

    tulisan palsu tuh… tapi bagaimananpu juga nurdin harus minggat dari kursi ketum PSSI. jangan sampai ada nurdin lagi di PSSI.
    bravo sepakbola indonesia

  4. Idi suwardi berkata:

    Makin mantap aja nih blog, isinya menarik dan bermanfaat banget buat nambah pengetahuan… Selamat malam sob, Saya tunggu kunjungan baliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s