Ada yang inget Sinetron Keluarga Cemara ?


Keluarga Cemara

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Selamat pagi Emak
Selamat pagi Abah
Mentari hari ini berseri indah

Terima kasih Emak
Terima kasih Abah
Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti

Agil sama Ara! Teteh mau jualan opak dulu ya
Ya Teh…
Jangan lupa bilang sama Abah ya!
Ya Teh…
Ya,
Mau permen…
Permen, permen apa?
Permen apa aja…
A.., Teteh berangkat dulu ya…
Ya Teh…

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Selamat pagi Emak
Selamat pagi Abah
Mentari hari ini berseri indah

Terima kasih Emak
Terima kasih Abah
Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti

Lirik soundtrack sinetron keluarga cemara diatas pasti sangat akrab dengan anak-anak yang lahir di tahun 90-an kebawah. Yah, lagu tersebut sebagai bagian awal bila sinetron ini akan tayang. Kalau tidak salah, stasiun yang menyiarkannya waktu itu adalah RCTI. Sinetron yang diambil dari novel karya Arswendo Atmowiloto ini mampu menyedot perhatian banyak masyarakat karena kesan sinetronnya yang alami, tidak dibuat-buat dan sesuai dengan budi bangsa yang menjunjung tinggi tata krama masyarakat yang ada.

Hal ini sungguh menjadi ironi, bila kini kita menyaksikan di televisi sekarang. Sebagian besar sinetron keluarganya sudah sangat tidak alami, dibuat-dibuat, lebay dan terkesan dipaksakan. Jangan terlalu harap kita akan sering menemukan sinetron keluarga yang mendidik. Sungguh anehlah, yang lebih parah lagi sinetron anak-anak SD/SMP sekarang malah banyak yang merusak mental anak-anak bangsa. Contohnya, seperti siasat untuk mencelakakan teman, cinta-cintaan, meniru orang dewasa dll. Juga yang sudah menjadi pandangan umum orang Indonesia adalah Ibu Tiri itu jahat (mungkin ini sudah ada sejak film zaman baheulak yang isinya tentang derita anak tiri yah?)

Tidak ada (Belum ada) yang mencoba untuk membuat sinetron sesuai dengan budaya bangsa. Apakah karena kurang komersil? Hmm, mungkin kalau alasannya karena duit pemerintah perlu membuat badan yang menangani pembuatan film sosial dan budaya yang disubsidi oleh pemerintah (mendingan subsidi film daripada subsidi bensin yang menghabiskan 120T pertahun yang dominan untuk asap mobil orang-orang kaya).

Ahh, merindukan kembali lagi adanya film/sinetron keluarga yang alami dan mampu menghidupkan nuansa keharmonisan keluarga yang kentara dengan komunikasi yang baik antara anak dengan orangtua.  Semoga keharmonisan keluarga cemara selalu menjadi milik kita semua

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

46 Balasan ke Ada yang inget Sinetron Keluarga Cemara ?

  1. Anonim berkata:

    Film dlu lebih berkualitas. Jauh dngn film2 skrng.

  2. Anonim berkata:

    tayangin lagi dnk sinetron “keluarga cemara” pengen banget nih nntn nya.

  3. Fajar Saputra berkata:

    Kita bikin petisi aja yuk buat nayangin Keluarga Cemara lagi di RCTI

  4. ririn berkata:

    Saya mohon klo bisa tolong dongg untukk stasiun tv RCTI bisa ga d.tayangin ulangg film.yy mau bngett nnton film ini 😀

  5. keluarga cemara berkata:

    pgn bgt nntn flm kluarga cemara lg,kpn y mau tymg ulang lg.

  6. Anonim berkata:

    Seru jg ceritanya,klo g salh dulu di puternya siang-siang,pas gua pulang sekolah!

  7. Anonim berkata:

    keluarga cemara film dan soundtracknya mengingatkan masa kecil yang indah yang sayang kalo skrg klo kehidupan dibuang secara percuma tanpa ada harganya maknai hidup dg cinta kasih sayang hargai semua orang supaya hidupmu menjadi berharga dan berguna, tuk masa depan yang cerah tuk semua orang yang berharga tuk kita semua jalani hidup dengan menghargai satu sam lain dan hidup ini akan indah pada waktunya karena hidup kita berharga dan indah serta penuh warna dan makna

  8. Anonim berkata:

    salah satu masalahnya di rating sih menurut saya, film keluarga anak kaki gunung (atau apa lupa, yg dari novelnya bang tere liye anak dan mamak itu) bisa jadi contohnya, tayang d jam yg ga sesuai dan rating yg kurang menyebabkan sinetron ini hanya sebentar saja tayangnya dan ga ada lanjutannya (ga bertahan di tv)

  9. wahyu berkata:

    sumpah terharu kalo baca lyricknya,,,,,,,Saya senang dan ngrassa beruntung karena masih bisa menyaksikan sineas yang benar2 bisa akting maen dalam sinetron yang mendidik dan harmonis seperti Si Doel dan tentu saja Keluarga Cemara,dengan carut marut negeri ini disegala lini,Kisah keluarga Indonesia dikemas apik dalam sinetron ini,tidak ada anak SMP bahkan anak SD yang memakai lipstik ataupun mereka yang sibuk mencari cara untuk mencelakai temannya hanya karena rebutan cowok,pamer mobil,rumah mewah,perusahaan,hehehehe….Ironisnya keluargaku Indonesia yang generasi baru tidak beruntung karena mendapat suguhan sinetron yang tak tentu arah dan “dibenarkan” dengan statement “Hiburan”,Karena memang sineasnya kini hanya tau cara mengejar receh tanpa budaya:)

    Terima kasih Emak
    Terima kasih Abah
    Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti

    Kami (tetap) bangga Indonesia dengan budayanya 🙂

  10. wahyu berkata:

    sumpah terharu kalo baca lyricknya,,,,,,,Saya senang dan ngrassa beruntung karena masih bisa menyaksikan sineas yang benar2 bisa akting maen dalam sinetron yang mendidik dan harmonis seperti Si Doel dan tentu saja Keluarga Cemara,dengan carut marut negeri ini disegala lini,Kisah keluarga Indonesia dikemas apik dalam sinetron ini,tidak ada anak SMP bahkan anak SD yang memakai lipstik ataupun mereka yang sibuk mencari cara untuk mencelakai temannya hanya karena rebutan cowok,pamer mobil,rumah mewah,perusahaan,hehehehe….Ironisnya keluargaku Indonesia karen sineasnya kini hanya tau cara mengejar receh tanpa budaya:)
    Terima kasih Emak
    Terima kasih Abah
    Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti

    Kami (tetap) bangga Indonesia dengan budayanya 🙂

  11. Ipoel berkata:

    Jadi inget Zaman kecil dulu..

  12. Ayoooputar lagi donk. kalou bisa putarnya jam 8 malam. soalnya sy kerja sampe sore hari

  13. Ardi Fadli berkata:

    aq udh muak dg sinetron2 di tv skrg.. isinya smpah smua. gk kyk dlu… lbih real. kyk kluarga cemara.. top bgt.com

  14. Anonim berkata:

    Entarr di puter lagii ya film,,

  15. fahri berkata:

    tolong stasiun tv/pa arswendo d ulang tayang lgi sinetron kluarga cmara krn sngt mndidik sy jg mwakili ank indonesia ingn lht lagi film klurga cemara

  16. intan silvana berkata:

    puter lagi dong filmnya ,.,.
    kangen ma tontonan masa kecil dulu ,., jadi pengen nostalgia 🙂

  17. Anonim berkata:

    puter lagi dong filmnya,dulu belum ngerti makna film ini karena masi kecil hehehe…

  18. agust berkata:

    Alhmdllh…Cermin kelg teldn ms kn

  19. Oenk berkata:

    diputer lagi kalo bisa filmnya…
    bagus banget, mendidik…

  20. doma berkata:

    ni lagunya slalu sukses bikin air mata w jatuh..hehe

  21. sila istiqomah berkata:

    tayangin lagi dong filmnya..
    pengen liat lagi kehangatan dan kesederhanaan dalam keluarga.. 🙂

  22. Nita berkata:

    Ada yg bisa contact mas arswendo gak ya? Aku jg pngen bgt keluarga cemara yg versi thn 90 di puter ulang. Yg pas udh thn 2005 yg tayang di tv7 aku udh kurang suka. Aku masih suka yg nuansa desa dan keharmonisan keluarga itu memang jd topik yg menarik utk dilihat. Sinetron jaman dulu semua nuansa nya ttg keluarga,jarang yg percintaan alay. Noktah merah perkawinan,keluarga flamboyan,karmila,jin&jun,jinny oh jinny,kupu2 kertas,1kakak7keponakan, wah masih bnyk lg deh yg seru. Aku pengen liat jg film pak broto,soalnya aku blm lahir wkt film itu diputar,katanya bgs jd penasaran pngen liat.

  23. Anonim berkata:

    Kalo bisa diputar lagi film nya,,pengen nonton lagi.
    Y zaman sekarang udah nggak ada film yang natural seperti itu…

  24. kheblat utomo berkata:

    puter lagi dong filmnya,dulu belum ngerti makna film ini karena masi kecil hehehe…

  25. adit berkata:

    Mantap gann….

    jdi pengen nostalgia film ini..

  26. imoy berkata:

    iiiiiiiiiiiiiiii puguh ge pengen liat lagi film’y,biar jadul tapi bagus.
    kalau bisa ditayangin lagi!!!
    soal’y sinetron zaman sekarang pada ga rame, cerita’y monoton banget.
    tolong banget tayangin lagi film ” KELUARGA CEMARA “

  27. Ada yg igt ga sinetron Keluarga Cemara ?
    “Harta yang paling berharga adalah keluarga
    Istana yang paling indah adalah keluarga
    Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
    Mutiara tiada tara adalah keluarga”

  28. Anonim berkata:

    pengen liat keluarga cemara lagi………..ayo donk buat sinetron seperti keluarga cemara

  29. ANAK INDONESIA berkata:

    miss you ”keluarga cemara” :””( TAYANGIN ULANG DONG . aku mewakili anak indonesia ingin skali lagi menonton sinetron yg baik seperti KELUARGA CEMARA .. sinetron skrg tidak ada yg bisa dibuat contoh .. haaaaaa:”( .. huaaah:(

  30. miss you KELUARGA CEMARA berkata:

    miss you ”keluarga cemara” :””( TAYANGIN ULANG DONG . aku mewakili anak indonesia ingin skali lagi menonton sinetron yg baik seperti KELUARGA CEMARA .. sinetron skrg tidak ada yg bisa dibuat contoh .. haaaaaa:”(

  31. Na Aja berkata:

    kapan ya keluarga cemara diputar ulang ^__^

  32. Na Aja berkata:

    kapan ya keluarga cemra diputar ulang^__^

  33. Seru x ya klo filmnya diputar ulang ky film si Doel ad lg d RCTI.
    kangen sm Film2 dlu yg masih alami.

    tq
    Acus Aril

  34. Ria Syafa berkata:

    setuju kakak 😀 Sinetron jaman sekarang ga mendidik.
    kesian anak anak jaman sekarang, ga ada sinentron kayak keluarga cemara,
    mirisnya lagi ga ada lagu anak anak..
    adanya cuma lagu cinta cinta yg ga mendidik…

  35. Fajar berkata:

    setuju…. perlu diperbanyak sinetron spt keluarga cemara…..

  36. Irwan Yulianto berkata:

    Assalamu’aikum,
    🙂 iya kak,
    mungkin emg skrg jarang ditemui “keluarga Cemara”,
    dg kesederhanaannya,
    mlh bikin semua anggota keluarga saling menghargai, mengasihi dan menyayangi satu sama lainnya,
    tp sayang,
    Keluargaku tak seharmonis Keluarga Cemara

    Harta yg plg berharga adl keluarga,
    Istana yg plg indah adl keluarga,
    Puisi yg plg bermakna adl keluarga,
    Mutiara tiada tara adl keluarga,
    Selamat pagi Emak,
    Selamat pagi Abah,
    Mentari hari ini berseri indah,
    Terima kasih Emak,
    Terimakasih Abah,
    Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yg siap berbakti,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s