Biaya Hidup Minimalis di Bandung 2011 dan Kiat Memenuhinya


Artikel ini sengaja saya buat untuk memberikan informasi bagi adik-adik calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di Bandung tahun ini. Hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan dalam memperkirakan kesanggupan seseorang untuk menempuh pendidikan selain biaya pendidikan itu sendiri, adalah biaya hidup (living cost). Untuk tahun ini, beberapa harga barang kebutuhan sudah naik sehingga berdampak terhadap peningkatan cost yang harus dikeluarkan mahasiswa untuk survive di kota ini.

Berdasarkan pengalaman saya selama sebulan kemarin, dengan parameter :

  1. Saya tinggal di asrama putra ITB yang cukup murah (100.000/bulan dan beberapa bulan lagi akan naik menjadi 250.000/bulan [sudah komplit])
  2. Jarak kos (Asrama Kidang Pananjung ITB) ke kampus(ITB) sekitar 1Km. Jalan pergi menurun mudah. dan Jalan pulang mendaki lagi sukar.
  3. Konsumsi makan 2x sehari (gak tau kenapa, beberapa bulan terakhir saya cukup sering makan dua kali sehari yaitu agak siang dan petang hari). Namun, Ini cukup bermanfaat karena selain dapat membuat tidak terlalu ngantuk saat kuliah pagi dan juga saat belajar malam. Konsumsi perkali makan 6000 (Nasi+telur+sayur). Saya rekomendasikan kalau adik-adik ingin tinggal di cisitu makannya di Warung Tenda Biru/Bu Kodok. Harganya terkenal paling murah. Nasi + Telur masih 4ribuan.
  4. Tugas-tugas kuliah membutuhkan fotokopi, print tugas dll
  5. Buku kuliah semua minjem dari perpus atau kakak kelas (kalau saya sih, selalu memfoto kopi buku sendiri. Tapi kalau mau minimalis, lakukanlah hal yang seperti ini)
  6. Ngemil dan jajan kira2 3.000/hari.

Rinciannya :

1. Uang Kos (1×250.000) 250.000
2. Konsumsi (2X30X6000) 360.000
3. ATK/Alat tulis kuliah dan pulsa (50.000) 50.000
4. Ongkos pulang (20X1500) 30.000
5. Ngemil/jajan (30X3000) 90.000
Total 780.000

Orang Miskin Tidak Dilarang Sekolah

Hmm, angka diatas mungkin masih terlalu berat. Tapi jangan kuatir. Di beberapa kampus besar, terutama di ITB, beasiswanya berjibun. Kakak sarankan, kalau tidak begitu punya uang, mungkin yang perlu adik-adik persiapkan adalah biaya hidup untuk jaga-jaga selama 3 bulan (berdasarkan pengalaman kakak), sekitar 2,3jutaan. Bila nominal segitupun belum ada, sebaiknya adik-adik pinjem dulu dari orang kaya/tetangga sekitar adik-adik.

Setelah di bandung, utamakan memilih aktivitas yang bisa menghasilkan uang. Mungkin jualan pulsa atau jualan donat (eh, jualan donat ini seriusan lho! sangat menguntungkan. Kakak sudah membuktikannya. Harga Produsen 1100, kamu jual sebuah 2000/1500 itu udah sangat menguntungkan. Dan lebih amannya lagi, kamu bayar ketika sudah laku, kalau tidak tinggal dikembalikan, tapi usahakan laku semua yah! kasihan si Ibu pedagangnya (Ibu tersebut selalu stand by di Mesjid Salman ITB). Dengan berjualan pulsa, mungkin kamu bisa dapet 25rb/bulan (eh, pengalaman temen, kalau jualan pulsa sebaiknya jangan ngutangin soalnya bisa gak bayar), dengan jualan donat ini bisa nyampe 200rb/bulan. Ok, sudah terkumpul 225rb.

Aktivitas selanjutnya adalah menjadi pengawas try-out bimbel, waktu tiga tahun yang lalu, kakak ikutan hasilnya lumayan bisa dapet 40rb/shift, mungkin sekarang sudah 50rb-an. Kalau satu hari (biasanya di hari sabtu/ahad) ada 3 shift, berarti kamu bisa ngumpulin 150.ooo. Caranya gampang, bisa langsung mendatangi bimbel2 yang mau kamu awasi try-outnya. Seperti SSC, GO dll. Bila diasumsikan sebulan ada 2x try-out dan kamu ngawasin selama 3 shift (dari pagi-sore) berarti dari jaga Try-out kamu sudah mengumpulkan 300.ooo. Berarti total yang dikumpulkan senilai 525,000. Hmm, angka segini sudah cukuplah yah untuk menambah-nambah biaya hidup kamu.

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan duit adalah dengan mengikuti program beasiswa di kampus (ini serius deh, di ITB itu buanyaakk banget beasiswanya, kakak sampe dijuluki ‘scholar-preneur’ oleh beberapa temen karena kemarin2 dapet beberapa beasiswa :P). Yang perlu dibawa dari kampung adalah SKTM (surat keterangan tidak mampu), fotokopi KTP dan Slip gaji ortu (bila ortu petani/buruh/dll yang tidak mempunyai slip, silahkan minta surat gaji dari kelurahan adik-adik), fotokopi Rapor yang dilegalisir (hanya untuk mahasiswa baru), Kartu Keluarga dan KTP adik-adik tentunya. Nah, kalau beasiswa ini sudah keluar/cair, maka hidup adik-adik akan sangat berkecukupan. Karena bisa saja seseorang mahasiswa mendapatkan beasiswa lebih dari satu (BILA DIIJINKAN). [untuk mahasiswa ITB] Bila biaya makan bila dirasa terlalu berat, adik-adik juga bisa mendapatkan beasiswa bantuan makan di beberapa kantin di kampus ITB. Tuh kan, biayanya jadi lebih ringan lagi.

Oh iya, pesan kakak kalau sudah mendapatkan beasiswa jangan sampe kualitas belajar adik-adik malah menurun karena biasanya kalau orang sudah memasuki zona aman, dia gak akan merasa ada yang perlu diperjuangkan. Ingat lho dik!, ayah dan ibumu menunggu bakti dirimu di kampung sana.

Ok, cukup sekian rincian biaya hidup minimalis di Bandung beserta kiat memenuhinya.

Jadi, nunggu apa lagi?

Masih takut untuk kuliah di Bandung?

Masih takut untuk kuliah di ITB?

Kakak tunggu kalian sebagai MAHASISWA ITB 2011 nanti, Insya Allah kakak masih di Bandung sampe tahun depan (eh, bukan karena kuliahnya telat yah, Insya Allah kakak akan meneruskan kuliah Magister disini)

Wassalam.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

18 Balasan ke Biaya Hidup Minimalis di Bandung 2011 dan Kiat Memenuhinya

  1. Vincentius berkata:

    bagaimana jika kita yg lumayan mampu(sedang), bgaimana jika ingin mendapatkan tambahan uang saku/beasiswa di ITB?

  2. Anonim berkata:

    Kag kalau untuk kuliah diUniversitas lain gemna? Misalnya diunpad. Apakah ada juga beasiswa tuk yg tidak mampu ?
    Trimskasih

  3. yohansyah berkata:

    kak, rincian biaya tahun 2011 sama sekarang beda jauh ga?

  4. Devi berkata:

    Kakak kalau kuliah nya di maranatha ada info gak kak ?

    • Aung berkata:

      Great job Brendan. With your training not being as contissent as it’s been in the past, a 30-flat time is VERY solid. Once your training comes around, you’re looking going low to mid 29s.

  5. Ping balik: インドネシアにいる学生達の生活費 / @INFONESIAN « INFONESIAN

  6. mutiha berkata:

    owia kak,itu yg diasrama itu da tmasuk uang mkn pa ga??

    • Ica berkata:

      Thanks Jade. I am glad to know you as well. I am happy now that you are preggers, and I will conitnue to pray for you and the baby/ies’ well-being until the day you give birth.

  7. coxon3011 berkata:

    wow!! that’s life… semoga sukses terus ke depannya ndi…. salam kenal….

    Adin_el05

    • Elizabeth berkata:

      Salam..sayu hati tgk vclip nih..berat mata memandang.. berat lagi bahu mmeikul..congrats to CS Team..keikhlasan n keperihatinan kalian amat dihargai..to Kak Fara and family..moga tabah menghadapi ujian Ilahi..and to luvly adik Ayumi yg sgt comel.. moga cepat sembuh and sehat hendak nya..InsyaALLAH..i’ll pray for u baby..!!!Ameen..!!

  8. don corleone berkata:

    pergaulannya gimana kak ? katanya bebas banget ya ? bener ga tuh ?

  9. aryan berkata:

    Artikel yang bermanfaat 🙂 I love ITB. I love Bandung.

  10. Dabz berkata:

    Andi Donat..

  11. nate berkata:

    ternyta donat yg kau jual waktu tpb harganya 1100 yah.. hahaha…

    • andihendra berkata:

      zaman aku dulu masih 1000
      sekarang udah 1050, nanti kayaknya naik jadi 1100

      • Nick berkata:

        Job hunting can take such a toll on the ol’ self-esteem. Praying you find soeihtmng soon! That’s awesome that you went to a meet-up. I think the best thing for negative thoughts (and, incidentally, job finding!) is being around people who have positive energy and generous hearts. Keep it up! Hump day’s over!

  12. iqul berkata:

    boleh dong kopas, tapi data saya ubah.. hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s