Otoman dan Otomen


Tulisan saya kali ini akan membahas tentang dua istilah yang agak mirip namun memiliki arti sangat berbeda. Dimulai dari otoman. Otoman adalah nama periode Kekhalifahan terakhir umat islam yang dihancurkan oleh Mustafa Kemal Attaturk pada 1924 silam. Pada Kesultanan ini yang menjadi pemimpin adalah generasi keturunan sahabat Usman sehingga dinamakan Otoman/Utsmaniyah.

Nah, sekarang kita beralih ke istilah otomen. Sebagaimana yang kita tahu bahwa men adalah bentuk jamak dari man. Namun bukan berarti bahwa otomen adalah bentuk jamak dari otoman. Anda salah sekali bila mengartikannya demikian. Otomen merupakan kata gabungan antara kata Otome (乙女), kosakata dalam bahasa Jepang yang berarti “nona” dan men, bahasa Inggris dari “pria”.  Singkatnya, Otomen disini bisa diartikan sebagai laki-laki yang dari luarnya kelihatan cowok banget (keren, macho, dll), tapi di belakang ternyata suka melakukan hal-hal yang biasa dilakukan wanita.

Otomen Shoujo Manga

Nah, dengan istilah tersebut akhirnya ada seorang komikus yang bernama Kanno Aya membuat komik. Karena kepopuleran komik tersebut, akhirnya pada 2010 kemarin dibuat serialnya. Wah, bagi yang belum nonton dan tidak sedang mengerjakan tugas akhir, saya rekomendasiin deh buat nonton serial ini. Ngakaknya luar biasa. Pemainnya gokil parah. Pesan moral yang saya tangkap dari serial ini adalah ‘Jangan malu dan takut untuk menjadi diri sendiri’. Gimana? tertarik untuk nontonkah?

hehe, kesimpulannya otomen dan otoman itu berbeda. 😛

 

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke Otoman dan Otomen

  1. Muthing berkata:

    alhamdulilah saya dah nonton baru sampe episode 8. dan memang asli bikin ngakak gak karuan. saya yang biasaya kalo lagi nonton dorama apapun datar2 aja, kali tak bisa menahan rasa geli yang ada di hati. sampe di sangka saya lagi nonton film upin ipin ma teman sekamar saya. whuakwkwkwkw!

  2. Asop berkata:

    Hiyaaa, iya saya pernah baca sedikit di mangareader. 😀
    Saya gak tahu, ada gak sih versi indonesianya? 🙂

    Serial yang dimaksud di atas apa nih, serial anime apa dorama? 😉

    Setelah saya lihat di dramawiki (di sini), ternyata ada doramanya, keluaran tahun 2009. 😀 Entahlah, apakah ini otomen yang dimaksud?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s