Informasi Merusak Mahasiswa :’kurang dari 10% Ilmu kuliah yang terpakai’


Pernahkah Anda mendengar suatu informasi bahwa ilmu yang didapat di bangku kuliah hanya dipakai kurang dari 10 persennya saja saat di dunia kerja?. Saya yakin pasti pernah. Memang hal tersebut beneran terjadi di dunia kerja. Dan itulah yang menjadi dasar para ‘leluhur’/senior untuk memberitahukan semua itu kepada kita.

Berdasarkan fakta yang saya dapatkan dari diri pribadi dan teman-teman, ternyata informasi tersebut berdampak negatif terhadap perkembangan akademis. Kami (mungkin kita) yang awalnya begitu semangat berkuliah, setelah mendapatkan informasi ini lebih memilih mendapatkan softskill daripada hardskill. Soalnya berdasarkan informasi tersebut juga softskill nanti paling banyak digunakan di dunia kerja dan hardskill juga dapat difresh (nanti?).

Dengan begini, semangat mencari (baca:memahami) ilmupun berkurang. Anda akan merasakan betapa menderitanya harus mempelajari dari awal lagi ketika Anda sedang/sudah menjalani tingkat akhir. Alih-alih mendapatkan generasi pemuda yang pintar, kampus malah hanya akan menghasilkan pemuda/pemudi yang lemah (dalam pengetahuan ilmu khusus) sehingga mungkin saja untuk mendapatkan staf ahli dalam bidang tersebut, negara harus mengimpor para bule atau mata cipit dari luar negeri. Tentu hal ini sangat ironi, mengingat begitu banyak SDM yang tersedia di negara ini tidak dapat terberdayakan hanya karena informasi yang melemahkan semacam itu.

Nah! bagi Anda para mahasiswa baru yang masih lutu-lutunya menggali ilmu di kampus Anda, pesan saya raup sebanyak-banyaknya ilmu kuliah yang sedang Anda geluti. Tak perduli itu sulit atau tidak. Nikmati ilmu tersebut, sehingga bila Anda lulus dari kampus tidak ada rasa menyesal karena kurang mendapatkan ilmu yang seharusnya Anda gunakan untuk membangun bangsa Anda. Tetapi bukan berarti melupakan softskill. Saya yakin baca selengkapnya!

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Informasi Merusak Mahasiswa :’kurang dari 10% Ilmu kuliah yang terpakai’

  1. febriani di'06 berkata:

    Menurut sayaa softskill memang 80persen terpakai di dunia kerja.seperti mendapat link kerja krn supel, leadership, dan softskill2 lainnya. Tp jangan salah, dengan kenyataan seperti itu (banyak) para mahasiswa pun tetap mengggali hardskillnya, minimal pendidikan ilmu2 dikampus secara akademik. Krn untuk gerbang awal kerja tdk dipungkiri IP menentukan dan banyak diantara kita yg ingi melanjutkan s2 di luar yg berarti jalur akademik bukan profesi profesional dan ada syarat ttg akademik yg baik.

    Yyg penting harus ditumbuhkan rasa penasaran yg besar, keinginan yg kuat dan rasa tanggung jawab. Regards.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s