Ceramah Jumat: Ungkapan Sunda yang Bijaksana (Ust. Agus Syihabuddin)


Kemarin selepas belajar tentang ‘Short Circuit’ di Digsilent oleh penutor berbakat (Rizky Rahmani.red), saya sholat jumat di Mesjid Dzaratul Ulum milik BATAN. Kala itu, kami semua sedang menunggu kehadiran Pak Agus belum muncul juga sampai detik-detik terakhir dan akan digantikan oleh pihak pengurus mesjid sendiri. Alhamdulillah, Beliau akhirnya muncul.

Tidak banyak pesan yang dapat saya ambil saat itu. Namun, ada beberapa pesan yang ‘nendang’ banget untuk menjadi pelajaran bagi kita semua. Pesan tersebut berupa ungkapan-ungkapan Sunda yang cukup bijaksana. Hanya dua ungkapan yang diberikan Ustadz pada khutbah jumat kemarin. Ungkapannya sebagai berikut :

1. Daripada merasa pandai mendingan pandai merasa.
Makna dari ungkapan diatas, janganlah menjadi orang yang sombong atau merasa tinggi karena diatas langit masih ada langit (nah, lho! ungkapan lagi). Lebih baik menjadi orang yang ‘pandai merasa’. Pandai merasa disinipun bukan berarti orang yang mudah tersinggung. Kalau orang mudah tersinggung mah bukan ‘pandai merasa’ tapi ‘cepat merasa’. Namun maksudnya adalah agar kita menjadi orang yang berempati bagi masyarakat sekitar

2. Memang baik menjadi orang penting namun lebih penting menjadi orang baik
Zaman sekarang orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pangkat/jabatan guna menjadi orang penting/berkuasa di masyarakat. Dengan ‘perlombaan’ yang mereka lakukan, sudah barang tentu banyak hal-hal kebaikan yang dilanggar. Padahal semestinya yang dikejar tiap orang haruslah lebih ke nilai kebaikan terserap ke dirinya bukannya mengabaikan nilai-nilai kebaikan hanya untuk mendapatkan pengakuan sebagai ‘orang penting’.

Nah, hanya dua ungkapan tersebut. Namun, terasa benar-benar bermanfaat. Bagaimana dengan Anda? apakah memiliki ungkapan-ungkapan bijak lainnya? silahkan dishare disini

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

4 Balasan ke Ceramah Jumat: Ungkapan Sunda yang Bijaksana (Ust. Agus Syihabuddin)

  1. rinaldimunir berkata:

    Yang nomor 2 adalah ungkapan khas dari musisi (alm) Ebet Kadarusman. Apakah Pak Agus Syihabudin menyatakan kalimat tersebut berasal dari siapa?

  2. think4life berkata:

    daripada mencari duit, mending duit yang mencari kita…. wakakak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s