dan Waktu Itu Semakin Dekat


2-31 Mei adalah jadwal pendaftaran sidang tugas akhir untuk kelulusan juli 2011. Yah, mulai besok pendaftaran ini akan dilakukan. Akhirnya setelah beberapa penambahan-penambahan tugas yang dibebankan untuk menyempurnakan tugas akhir yang saya kerjakan, selasa pagi kemarin berhasillah saya membujuk para pembimbing saya agar hasil kerja keras selama hampir 6 bulan ini diperbolehkan untuk disidangkan.

Berdiskusi cukup panjang dan PTFI sebagai alasan utama agar saya dapat cepat-cepat lulus membuat mereka sedikit kecewa. Kecewa karena saya memilih untuk meninggalkan program fasttrack yang telah saya ikuti setahun terakhir ini. Tapi mereka tetap mendukung apapun keputusan yang akan saya ambil. Tentunya setelah meminta petunjuk dari Tuhan dengan shalat Istikharah. Memang hati ini semakin mantap untuk ke Papua sana. Yah meskipun harus menyia-nyiakan 16 sks magister yang telah saya ambil.

Nah, berhubung karena besok sudah pendaftaran sidang tugas akhir, ternyata harus banyak yang saya persiapkan untuk menghadapi ‘pembantaian sejam’ pada sidang tugas akhir ini. Draft kotor yang telah saya kerjakan awal bulan lalupun ternyata harus lebih dipercantik lagi karena masih ada beberapa kata yang asal dan tidak sesuai EYD. Dan yang paling penting adalah pembekalan diri untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji yang tidak saya tahu sekarang. Meskipun di Elektro (arus kuat) tidak ada kompre, tapi saya yakin sidang tugas akhir ini tak kalah hebat deritanya dibandingkan teman-teman lain yang mengikuti kompre.

Untuk mempersiapkan diri, ada beberapa list topik yang harus saya mengerti :

  1. Eigenvalue dan Eigenvector
  2. Partisipation Factor
  3. Generator dan Pemodelannya
  4. Transformasi Park
  5. Teorema Kharitonov
  6. Transformasi Laplace
  7. Sudut rotor (detail)
Mungkin ketujuh topik diatas yang harus dikuasai dan dipelajari dari sekarang. Hmm, insya Allah bisa!. Yah, doakan saja ‘hari pembantaian’ itu akan berakhir dengan indah tanpa adanya revisi yang kerap selalu ada dan dikerjakan oleh para calon wisudawan. Amin.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke dan Waktu Itu Semakin Dekat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s