tes Paru-Paru Lagi


Alhamdulillah, akhirnya hari ini telepon yang ditunggu datang juga. Yah! panggilan yang cukup saya tunggu sejak seminggu terakhir. Panggilan dari salah satu pihak kesehatan di Jakarta yang memonitor hasil Medical Check-up senin lalu. Dari medical check-up yang kemarin, dapat disimpulkan bahwa seluruh hasilnya baik kecuali hasil pemeriksaan paru-paru.

Sebenarnya sih, hasil tes paru-paru yang saya jalani tergolong normal minimum. Namun karena lapangan yang akan saya tempuh nantinya mensyaratkan paru-paru yang kuat maka tak pelak pemeriksaan ulang paru-paru harus saya lakukan. Yah, bila tidak ada penyakit bawaan seperti asma dan sebagainya, sebenarnya paru-paru kuat dapat dimiliki setiap orang. Syaratnya harus rajin berolahraga. Dan tidak berolahraga adalah satu-satunya kambing hitam yang bisa saya persalahkan (eh, btw dua hari sebelum pemeriksaan saya menyempatkan bermain tenis lho!).

Oiya, hasil test paru-paru saya kemarin mencapai angka 71 dimana normalnya adalah 80. Sedangkan 70 sudah dapat dikategorikan normal oleh dokter yang saya tanyai. Nah, karena tes pemeriksaan ulang paru-parunya dijadwalkan akan dilakukan kamis ini. Maka olahraga short-time harus segera saya lakukan. Setelah googling cukup lama ternyata olahraga yang efektif untuk menguatkan paru-paru adalah berenang dan Joging (Ahaa… dua olahraga yang sangat saya sukai! namun juga jarang saya lakukan).

Agendanya sebagai berikut :

– Senin sore :renang (Cieumbeluit)

– Selasa sore : Joging (Sabuga, kata Bang Raymond Parlindungan cara untuk melatih kekuatan paru-paru adalah joging sambil bernyanyi! Wah, bernyanyi adalah kegemaran saya hehe…).

– Rabu pagi : Tenis

– Rabu sore : renang

Yah, cuma empat olahraga yang saya agendakan selama 3 hari sebelum tes ulang paru-paru ini dilakukan. Doakan saya yah!

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke tes Paru-Paru Lagi

  1. Bryan berkata:

    Manuel L. Quezon III | The Long View: Brains without bdeios (2) The Long View Brains without bdeios (2) By Manuel L. Quezon III Philippine Daily Inquirer First

  2. ajeng berkata:

    kalau terlalu dipaksakan nanti malah bisa sakit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s