Saatnya Gas Menjadi Prioritas Utama


Pertamina mulai menatap kedepan dengan visi barunya yaitu ‘Menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia’. Visi yang baru diluncurkan terhitung 24 Juni 2011 ini, menggunakan minyak, gas serta energi baru dan terbarukan untuk mewujudkan visi tersebut. Ini berarti tak hanya minyak yang menjadi tulang punggung perusahaan ini, gas yang sebenarnya sedari dulu sudah menjadi ornamen bisnis Pertamina juga harus dimanfaatkan sedemikian optimalnya agar visi ini tercapai.

Selain karena perkiraan hasil minyak yang akan going down, isu green energi juga haruslah menjadi perhatian semua pihak khususnya Insan pertamina dalam mengarahkan gerak bisnis kedepannya. Dengan perkiraan hasil minyak yang akan going down, tentu saja Pertamina tidak dapat mengandalkan minyak saja1. Pemakaian gas bisa menurunkan polusi 40%1.

Selain karena kedua hal diatas, harga bahan bakar gas yang relatif murah bila dibandingkan dengan BBM tentunya akan menjadi daya pikat utama bagi masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, BBM bersubsidi yang sudah dibatasi penggunaannya harganya Rp 4.500, sedangkan gas dengan penyetaraan masyarakat hanya perlu mengeluarkan Rp 3.650,1.

Sebenarnya program konversi dari minyak ke gas sudah berjalan sejak 1996-an, kira-kira sudah 15 tahun tetapi kurang berjalan baik. Banyak yang faktor yang menjadi penyebab. Salah satunya adalah harga premium yang masih murah sehingga gas tidak dilirik oleh masyarakat1. Namun sekarang kondisi yang sudah jelas berbeda dan pengusahaan gas menjadi sebuah keharusan agar tak tertinggal dari perusahaan lain.

Bagaimana caranya? [nantikan di Part.2]

Referensi :

  1. Nanang Untung SVP Gas PT Pertamina (Persero) [WartaPertamina]
Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Saatnya Gas Menjadi Prioritas Utama

  1. Cash berkata:

    You’ve maengad a first class post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s