Tips Menjawab Part.Listening TOEFL


Bagi sebagian besar orang, listening adalah bagian tersulit ketika menjalani tes TOEFL. Sayapun termasuk didalamnya. Berkali-kali mengikuti tes ini dan selalu mendapat point terendah dibandingkan bagian lainnya. Nah, kali ini saya akan mencoba merangkum strategi dari paper yang baru saja saya pelajari tentang bagaimana menjawab bagian listening dengan baik.

1. Biasanya jawaban pertanyaan sering ditemukan di suara kedua di percakapan singkat. Sehingga fokuslah pada suara kedua.

2. Biasanya struktur percakapannya di awal mudah dan akan cukup sulit di akhir sesi

3. Jangan pernah mengosongkan jawaban. Bahkan jika Anda tidak yakin atau tidak mengerti sama sekalipun, tebak saja. Sebab tidak ada pengurangan nilai bila anda salah.

4. Gunakan waktu yang tersisa ketika telah selesai menjawab satu pertanyaan, untuk melihat opsi jawaban di pertanyaan berikutnya. Jadi bisa mempermudah anda untuk hanya fokus pada percakapannya saja.

5. Jika Anda mengerti sedikit ide percakapan tersebut, pilih jawaban yang mengandung pernyataan sebagaimana ide yang Anda ketahui.

6. Jika Anda tidak mengerti percakapan tersebut, pilihlah jawaban yang berbeda dari apa yang anda dengarkan. Karena biasanya itu yang menjadi jebakan bagi untuk memilih jawaban yang salah. Contoh seperti Apartement dengan appointment, atau search dengan research dan church.

7. Bila Anda tahu persis kata yang digunakan namun tidak ditemukan di opsi-opsi yang ada maka carilah sinonim dari kata tersebut.

Oke, cukup sekian rangkuman strategi yang baru saya baca. Semoga saja kedepannya bisa bermanfaat banyak khususnya bagi saya hehe..

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

5 Balasan ke Tips Menjawab Part.Listening TOEFL

  1. Cansin berkata:

    Great blog you have here.. It’s hard to find excellent wintrig like yours nowadays. I honestly appreciate people like you! Take care!!

  2. Asop berkata:

    Tips yang bagus. Selamat berjuang.

  3. andihendra berkata:

    Ada mas dhito, ini kan lagi masa pendidikan selama setahun lagi

  4. otidh berkata:

    Ada tes TOEFL juga mas Andi di Pertamina sana? Bukannya udah diterima maneh?

    Btw, tengkyu tipsnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s