HSSE/K3L Kampus Seharusnya Menyatu Dengan Mahasiswa


HSSE (Health, Security, Safety and Enviroment) sekarang telah menjadi kewajiban dalam segala bidang termasuk kehidupan kampus tak terkecuali ITB yang merupakan kampus teknologi terkemuka bangsa Indonesia. Namun, entah mengapa kesan yang tampak di mahasiswa, divisi/UPT ini terkadang menjadi musuh. Padahal tidaklah suatu ketetapan bahwa HSSE haruslah selalu menyeramkan.

Lihat saja contoh kasus baru-baru ini tentang Perapihan Barang-Barang Berserakan di Unit-Unit ITB. Sebenarnya kasusnya tidak akan seheboh sekarang andaikata sosialisasinya sudah jauh hari dilakukan. Mungkin pihak-pihak ITB lain juga memiliki peran besar dalam peristiwa ini. Akan tetapi, tetap saja yang menjadi bulan-bulanan mahasiswa adalah pihak K3L karena bertindak sebagai eksekutornya.

Yang saya takutkan adalah ketika di kampus stigma mahasiswa sudah sedemikian rendahnya terhadap pihak K3L, kedepannya ketika mereka memasuki dunia kerja, stigma tersebut tetap mempengaruhi pikiran dan membuat mereka tidak aware dengan safety.

Terlebih lagi, di kampus ITB sendiri. Bila tidak dilakukan diskusi bersama dan konsolidasi antara pihak mahasiswa dan K3L, ditakutkan akan terjadi akumulasi kekesalan yang berujung pada pertikaian dan bentuk tindakan negatif lainnya. Semoga saja tidak terjadi karena bila iya tentu saja mencoreng citra kampus ganesha ini di percaturan pendidikan dunia.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke HSSE/K3L Kampus Seharusnya Menyatu Dengan Mahasiswa

  1. duin berkata:

    untungnya SPAH punya HMTL ga diambil hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s