Good Behaviour, Good Response.


‘Benih yang ditanam akan dipanen jua akhirnya’ peribahasa tersebut juga berlaku dalam bertindak sehari-hari. Setiap orang tentunya bisa membedakan perilaku yang benar maupun yang salah. Namun ada kalanya seseorang sulit membedakan perilaku baik dan perilaku tak baik (tak sopan) dikarenakan faktor budaya dan nilai rasa yang dipegangnya.

Daerah abu-abu antara baik dan tak baik ini malah yang sering menyebabkan konflik antartiap orang. Hal ini terjadi ketika si sender (pemberi pesan) mengirimkan sinyal/pesan yang dianggap tidak sesuai dengan receiver (penerima pesan).Karena itu, sangat dianjurkan bagi seseorang yang ingin membangun hubungan harmonis dengan seseorang, untuk mengetahui karakter orang lain.

Kadang kala Anda berperan sebagai sender, kadang pula sebagai receiver pesan. Nah, yang perlu dilakukan adalah :
1. Ketika menjadi sender, Anda harus berupaya agar tidak melanggar nilai-nilai yang dipegang oleh para receiver
2. Ketika menjadi receiver, kita harus berupaya memahami sesuatu pesan kurang baik dengan bijak. Bila ternyata sangat buruk, ada baiknya Anda berupaya memberitahunya dengan cara yang Asertif tentunya.

Dalam hal komunikasi Anda juga tidak boleh menderita. Ada hal-hal yang memang tidak dapat ditolerir dan Anda harus sesegera mungkin memberitahukannya kepada orang tersebut.Nah, cukup fair bukan!. Bila tidak, hal ini akan semakin menambah gudang bensin yang hanya memerlukan sedikit api untuk menyalakannya. Lalu ketika nyala, akan semakin parah.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke Good Behaviour, Good Response.

  1. That insight would have saved us a lot of effort early on.

  2. Alessandra berkata:

    oh my god, longganisa, i cant even tell you the last time ive seen that….. we have a fpniiilo food restaurant in richmond that i’ve been meaning to check out, called manila! manila! this has made me more excited and motivated.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s