Keramahan, Ketekunan dan Kerja Keras yang Patut Dicontoh dari Karyawan PSR


PSR adalah sebuah hotel yang dimiliki Pertamina dan berada di areal Pertamina Learning Centre. Residen ini sering digunakan untuk tempat inap para calon karyawan Pertamina dan anak perusahaannya, selain digunakan untuk umum.

Nah, selain tempatnya yang nyaman saya juga mau menggambarkan betapa keramahan, ketekunan dan kerja keras yang ditampilkan oleh seluruh karyawannya menjadi contoh yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi.

Saat memasuki lokasi ini, nuansa keramahan akan langsung terpancar. Keramahan yang telah menjadi budaya bagi pekerja dan pengunjung didalamnya.

Mungkin Anda berkata bahwa keramahan adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap insan perhotelan. Ya benar! tapi karena keramahan ini sudah menjadi budaya maka suasana yang dipancarkanpun terlihat alami tanpa dibuat-buat.

Gaya bahasa dan tutur kata yang sopan dan halus membuat keramahan ini semakin terlihat. Kalau tidak percaya, Anda datang dan saksikanlah sendiri. Hal ini tentu memberikan kesan dan pesan mendalam bagi saya bahwa setiap orang tentu ingin dihormati dan tak ada salahnya untuk menghormati semua orang. Bila Anda ingin dihormati, maka hormatilah orang lain. Begitu kira-kira pesan moral yang saya tangkap.

Masalah ketekunanpun menjadi hal yang perlu ditiru. Tiap hari para karyawan membersihkan kamar dan bagian-bagian ruangan lainnya dengan baik. Pernah suatu ketika kami merenung ‘kalau di rumah sendiripun belum tentu kami sanggup membereskan ruangan yang notabene telah kami berantakin sendiri, tapi mereka mampu dan tekun’. Pesan moralpun saya dapatkan yaitu bila bekerja nanti, rutinitas dan kesulitan apapun hadapilah dengan tekun karena setiap hal yang kita lakukan dengan tekun nantinya akan membuahkan hasil yang baik.

Yang terakhir, Kerja Keras!. widih, untuk hal ini saya acungin dua jempol atas kerja kerasnya. Dari pagi sampai malam, pekerjaan tetap dijalani dengan semangat yang tinggi.

Sering saya saksikan pekerja yang bolak-balik berlari menambah makanan ke tempat prasmanan agar para tamu tidak mendapati kekosongan makanan. Pernah saya lihat, seorang Bapak yang sedang sakit namun tetap menjalankan rutinitasnya dengan baik.

Sayapun mencoba mengambil hikmah dari kerja keras mereka. Yaitu apapun dan dimanapun posisi Anda, lakukanlah yang terbaik karena Tuhan menilai dari besar kerja keras Anda bukan dari tingginya jabatan Anda.

“Wahai semua manusia, sesungguhya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kamu sekalian saling mengenal.  Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah itu Maha berilmu lagi Maha Mengetahui”. (al-Hujurât: 13)

“Allah menganugerahkan Al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar Telah dianugerahi karunia yang banyak. dan Hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (Al-Baqarah : 269)

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

6 Balasan ke Keramahan, Ketekunan dan Kerja Keras yang Patut Dicontoh dari Karyawan PSR

  1. HASANUDDIN berkata:

    aqu lanjutkan setelah aqu rehat sejenak…..! thanks banget…..!

  2. HASANUDDIN berkata:

    aqu pernah mengalami berumah tangga….tapi sering tidak bahagia….aqu ingin kedepan rumah tanggaqu penuh dengan kebahagiaan……?!

  3. HASANUDDIN berkata:

    makasih…enjoy dalam rumah tangga mutlak dibutuhkan…. kebahagiaan adalah diatas segala galanya….???

  4. HASANUDDIN berkata:

    AQU SETUJU BANGET DG PERKAWINAN MINIMAL….. DAPAT MENGURANGI REZIKO PERSELISIHAN DALAM RUMAH TANGGA………

  5. HASANUDDIN berkata:

    HASANUDDIN

  6. uchy berkata:

    yep, anda benar.. Alhamdulillah dapat rejeki lewat para pengurus PSR,, waktu OJT,, kenyamanan dan kebersamaan di PSR yang bakalan bikin anda g.a.l.a.u,, 😀
    enjoy ur time!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s