Ingat Mati Seharusnya Mencegah Maksiat


Kepergian seorang teman tadi pagi bener-bener menyadarkanku untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Tak ada seorangpun yang bisa mengetahui kapan dan pada saat apa Malaikat Izrail mendatangi masing-masing kita .(menyebut Malaikat Izrail saja saya sudah agak gemetar)

Beberapa bulan belakangan ini, aku diliputi rasa kekhawatiran akan kehidupan beberapa tahun mendatang. Namun, mendengar berita duka ini seketika kekhawatiran itu lenyap, berganti dengan kesadaran akan tugas yang harus dijalankan sebagai hamba Allah.

Jadi ingat akan nasehat suatu ayat,

‘Allah bertanya, ‘Berapa tahun lamanya kamu tinggal di bumi? Mereka menjawab, ‘Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari saja, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung’. Allah berfirman, ‘Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau saja kamu tahu yang sebenarnya’. Apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami?’.(23: 112-115)

Sehari atau setengah hari yang disebutkan dalam Quran ini berarti harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga sebisa mungkin meminimalisir atau mencegah berbagai godaan maksiat yang selalu meliputi diri. Adapun ketika godaan itu datang dan maksiat sudah didepan mata, selalu kita katakan pada diri  ‘Umurku tinggal setengah hari lho!’. Kalau tidak mempan lagi, berarti syetan sudah sangat menguasai kita. Istighfar sebanyak mungkin adalah obat terampuh.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

3 Balasan ke Ingat Mati Seharusnya Mencegah Maksiat

  1. Anonim berkata:

    Hooh dunia nih dah tua…

  2. nunung berkata:

    sangat betul perludisosialisasikan karena dunia ini dah penuh kemaksiatan yang menguasai,semua lini dan semua orang orang kecil,pejabat,mskin maupun orang kaya orang pandai ataupun yang menganggap pandai
    ……….astaghfirullahal’adzim 1000000000000kali.kadang tidak rela melian dunia ini hanya digunaakan sbg tmpat kemaksiatan apa bagusnya cepat-cepat hari kiamat ya???????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s