Malam Pertama Sahabatku


Setelah menghembuskan nafas terakhir sabtu pagi, tadi malam telah menjadi malam pertama sahabatku (Amri:baca) di alam kubur.

Rasulullah SAW bersabda “Seorang manusia apabila diletakkan dia di dalam kuburnya dan sahabatnya berpaling pulang sedang ia mendengar suara sandal mereka akan datang kepadanya dua malaikat dan mendudukkannya dan bertanya… SIAPAKAH TUHAN-MU…?, SIAPAKAH NABI-MU…?, APAKAH DIEN-MU…?… dan dia menjawab, ALLAH ADALAH TUHAN-KU… MUHAMMAD ADALAH NABI-KU… ISLAM ADALAH DIEN-KU…

Terdengarlah seruan dari langit, “Benar.. Hambaku, hamparkan baginya tikar dari syurga, lalu angin dan wangi syurga datang kepadanya kemudian kubur diluaskan seluas mata memandang, seorang yang rupawan datang menemaninya, yang tiada lain itulah amal solehnya.” (Hadis riwayat Ahmad, Abu Daud, Hakim dan Baihaqi).

Apakah kita yang masih hidup ini bisa menjawab pertanyaan tersebut dari lisan yang tidak ber-Illah padaNya, mengikuti Sunnah-Nya dan menegakkan Dien-Nya? Mumpung masih ada waktu, segeralah memperbaiki diri agar kelak kita mampu menjawab pertanyaan tersebut. Karena bila tidak, mungkin saja nanti ketika kita sudah menjadi penghuni kubur, jawabannya adalah :

Hambaku ini seorang pendusta… Hamparkan padanya tikar dari api neraka, bukakan baginya pintu neraka, panas dan keringnya neraka mendatanginya… Kubur disempitkan sampai pecah tulang-tulangnya… seorang berwajah buruk berpakaian buruk dan berbau busuk datang kepadanya… Yang tiada lain itulah amal buruknya…. Naudzubillah min dzalik.

“Aisyah Ra bertanya tentang azab kubur, Rasulullah SAW menjawab: Ya, azab kubur pasti ada.” (HR. Bukhari – Dalam Kitab Al-Janaiz).

“Aisyah Ra meriwayatkan bahawa Rasulullah SAW berdoa dalam solatnya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur…” (HR. Mutafaqun Alaih).

Perbuatan baik yang almarhum lakukan selama hidupnya dan doa-doa yang senantiasa mengalir dari banyak orang tentu saja menjadi bekal yang cukup bagi almarhum.

Berbeda ceritanya dengan orang yang durhaka pada Allah, “Ketika orang-orang yang derhaka kepada Allah tidak mampu menjawab pertanyaan malaikat, lalu ia dipukul dengan besi… hingga ia menjerit dengan teriakan yang sangat keras… didengar oleh semua makhluk Allah, kecuali Jin dan Manusia,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Di alam kubur, ada namanya himpitan kubur dan semua orang pasti akan mengalaminya baik muslim maupun kafir. Namun besarnya himpitan kubur ini tidak berlaku selamanya bagi seseorang mukmin. Tidak seperti orang kafir yang dihimpit sampai hancur tulang belulangnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Sesungguhnya kubur itu memiliki himpitan, seandainya ada orang yang selamat darinya, maka selamatlah Sa’ad Bin Mu’adz…” Sa’ad Bin Mu’adz akan mengalami himpitan kubur, padahal ia adalah seorang pemimpin penuh kemuliaan, kematiannya menggoncangkan ‘Arasy, dibukakan baginya pintu-pintu langit, Kasyahidannya disaksikan oleh 70 ribu malaikat…

Hadis yang diriwayatkan oleh Nasa’I dari Rasulullah SAW: “Kematiannya menggoncangkan ‘Arasy, dibukakan baginya pintu-pintu langit, pintu yang banyak, Kesyahidannya disaksikan oleh 70 ribu malaikat, maka sungguh ia mengalami himpitan kubur, kemudian Allah melapangkanya.”

Apabila Sa’ad Bin Mu’adz seorang pemimpin yang besar, hamba Alah yang soleh dan mendapatkan mati Syahid mengalami himpitan kubur… bagaimana dengan kita..? Allahu akhbar… Ya Allah Terimalah taubat-ku… selamatkanlah aku dari azab kubur…

Sebab itu sahabat, sebelum kita menemui teman-teman kita yang telah terlebih dahulu menemui-Nya, mari berbenah diri setiap saat agar menemui-Nya dengan kondisi yang baik dan akidah yang benar. Mumpung masih ada waktu, mumpung masih ada waktu, mumpung masih ada waktu.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Malam Pertama Sahabatku

  1. rany berkata:

    astagfirullohaladzim……………………………………………….ya Alloh saya sangat takut menghadapi alam kubur.ya Alloh jauhkan aku dari siksa kubur maafkanlah segala dosa2ku ya Alloh & maafkanlah dosa2 orang mukmin di dunia ini amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s