Berbisnis Renewable Energy, Bisakah di Indonesia?


Renewable energy terutama bagi lulusan arus kuat seakan menjadi masa depan yang baru dan menantang untuk dijalani. Namun apa daya bila sampai saat ini pertimbangan investasi untuk balik modal-pun susah dalam bidang renewable energy sehingga sulit untuk terealisasi dalam skala besar.

Pemerintah memang telah menggelar beberapa konferensi dan seminar terkait renewable energy namun sampai sekarang keran masuk ‘investasi’ yang dibuka selebar-lebarnya itu seakan belum didukung dengan regulasi yang menjamin akan pelaksanaan bisnis ini.

Memang kita tahu bahwa bisnis ini sangat ‘menggairahkan’ dalam hal go-green. Tapi bagi orang bisnis ‘menggairahkan’ saja tak cukup, perlu adanya suatu dispensasi dan kemudahan lain untuk menjalankannya. Pinjaman lunak, penghapusan pajak atau menggratiskan lahan operasi mungkin bisa menjadi dukungan nyata dari pemerintah untuk terwujudnya bisnis ini.

Kalau tidak ada langkah/regulasi nyata dan hanya dukungan verbal belaka, jangan harap renewable energy akan menjadi pondasi kuat untuk menjaga stabilitas energi bangsa. Kalaupun ada mungkin hanya sekedar proyek recehan, padahal bila mau berkorban sedikit saja, pemerintah bisa mendapatkan multiplier effect dengan munculnya proyek-proyek raksasa di Indonesia ini.

Langsung saja ke inti permasalahannya, dari tadi saya mencoba mencari-cari jenis renewable energy yang menarik para investor untuk berbisnis di Indonesia. Dari beberapa renewable energy yang saya baca, hasilnya investasi renewable energy masih relatif mahal. Sebut saja sel surya yang ‘fuel’nya bisa kita dapatkan berlimpah dan gratis yaitu matahari. Namun biaya investasinya saja ternyata sekitar 5ribu rupiah/kwh (mungkin ini data tidak valid, harapan saya).

Adakah dari anda semua yang pernah mendapatkan materi tentang investasi bisnis renewable energy di Indonesia yang profitable selain geothermal energy? kalau bersedia, share info dong ke andilng@yahoo.com

Untuk beberapa hari kedepan, mungkin blog saya akan diisi dengan beberapa artikel energy terbarukan yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Harapannya, buku putih kebijakan energi nasional s.d 2025 dapat tercapai melalui renewable energy ini. Amin…

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

5 Balasan ke Berbisnis Renewable Energy, Bisakah di Indonesia?

  1. Pironoi berkata:

    Implentasinya sekarang baru untuk BTS didaerah daerah yg blm dpt listrik, dan juga fuel cell

  2. Muhamad Zamroni berkata:

    Yup betul ndi, renewable energy sekarang masih sangat mahal implementasinya. Karena memang biaya per komponennya sangat mahal dan teknologinya masih berkembang. Untuk kajian lengkapnya, tunggu TA gw kelar ndi. Makanya doain gw cepet lulus 😛

  3. andihendra berkata:

    pengen build bisnis skala besar..

  4. f.nugroho berkata:

    ga mencoba membuat solar cell sndiri?
    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s