Mahasiswa ITB Hilang Terbawa Arus Sungai Cikandang


REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG — Seorang mahasiswa Institut Teknologi Bandung Angelina Yofanka dikabarkan hilang ketika mengikuti kegiatan arung jeram di Sungai Cikandang, Pakenjeng, Garut, Jawa Barat.

Kepala Lembaga Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung, Brian Yuliarto, Senin, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pencarian di lokasi kejadian.
“Ya, betul mas. Sekarang, kami lagi rapat di lokasi (untuk melakukan pencarian),” kata Brian, ketika dihubungi melalui telepon selularnya oleh wartawan.

Berdasarkan informasi yang ada diperoleh dari sumber di ITB, Angelina Yofanka saat itu sedang mengikuti Komunitas Himpunan Pecinta Alam (KMPA) Ganesha ITB dalam kegiatan refling sejak Ahad. Perahu yang dinaiki tim Angelina, terbalik dan hingga saat ini tim SAR Gabungan masih mencari korban.

Redaktur: Heri Ruslan
Sumber: antara
Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mahasiswa ITB Hilang Terbawa Arus Sungai Cikandang

  1. andihendra berkata:

    dari KM_ITB

    Sebagaimana yang telah diketahui, salah seorang teman kita, Angelina Yofanka/Fanka (KL09), mengalami musibah saat melakukan kegiatan rafting di Sungai Cikandang, Garut, pada Minggu (5/02) kemarin. Kronologis kejadian akan secara resmi dikeluarkan oleh Lembaga Kemahasiswaan ITB dan Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Ganesha ITB sesegera, setelah menunggu kepulangan tim SAR awal yang sedang berada di lokasi kejadian. Saat ini tim SAR se-Bandung dan tim dari KMPA Ganesha ITB sedang melakukan usaha pencarian Fanka yang hanyut dalam kegiatan rafting tsb. Berikut ini akan ada rencana-rencana ke depan yang akan dilakukan dengan bantuan massa kampus agar pencarian Fanka dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Berikut ini rencana tsb :

    RENCANA

    Untuk melakukan pencarian korban, dibentuklah tim SAR yang melakukan upaya dalam 3 cara: susur sungai menggunakan perahu, eksplorasi undercut, dan susur sungai melalui darat. Berikut struktur organisasi tim.

    SMC : BASARNAS

    – Staf Intelijen : Johan (KMPA) 087877186576

    Dani (KMPA) 085721406767

    – Staf Operasi : MAHITALA, KMPA

    – Staf Komunikasi : Yana (KMPA) 085265824909

    – Staf Admin Logistik : Gian (KMPA) 085222461261

    OSC : Emil (KMPA) 082185523385

    – SRU 1 (Lokasi Undercut) Koordinator : Cahyo (KMPA) 085645451318

    – SRU 2 (Susur Sungai) Koordinator : Zaki (KMPA) 08179883500

    – SRU 3 (Susur Darat) Koordinator : Ari (KMPA) 085263366292

    Rencana teknis:

    1. SRU 1 (Lokasi Undercut)

    Tim akan fokus untuk melakukan upaya pembendungan aliran sungai di sekitar undercut terlebih dahulu bekerja sama dengan warga setempat memanfaatkan kayu dan bambu yang tersedia di sekitar lokasi. Setelah upaya pembendungan berhasil dilakukan, akan dikirim tim penyelam untuk mengeksplorasi undercut sambil mencoba mensketsakan undercut. Eksplorasi bertujuan untuk menyisir seluruh bagian undercut.

    2. SRU 2 (Susur Sungai)

    Tim akan melakukan pengarungan menggunakan 4 perahu dan menyisir sungai dari mulai TKP hingga muara sungai (laut) untuk mencari korban di titik2 potensial.

    3. SRU 3 (Susur Darat)

    Tim akan menyusuri tepian sungai di kedua sisi untuk mencari korban sambil menyebarkan berita ke warga2 di sepanjang sungai.

    SETIAP PERTANYAAN DAN INFORMASI DAPAT MENGHUBUNGI STAF KOMUNIKASI: YANA (085265824909)

    LIST Logistik yang diperlukan:

    1. Penerangan bawah air

    2. Konsumsi

    3. Transportasi (Motor)

    4. Komunikasi (HT/WT)

    Kebutuhan yang bisa dibantu massa kampus adalah :
    1. Dana
    2. Logistik berupa : alat komunikasi jarak jauh (HT), senter halogen, beras, air mineral, makanan kaleng ( ikan sarden dan kornet),mie instan.
    3. Bantuan SDM yang berpengalaman di lapangan, siap untuk seminggu berada di lapangan, membawa kelengkapan seperti sepatu lapangan, sleepning bag, senter, dll. Kebutuhan SDM selain untuk tim teknis di lapangan juga berupa tim administrasi yang siap ditempatkan di pos2 SAR di desa sepanjang sungai, juga untuk mencari informasi dan berkoordinasi ke kepala desa, rumah sakit, dan kepolisian setempat.
    Bantuan dana dan logistik dapat disalurkan langsung ke posko ITB di sekretariat KMPA di Sunken Court. Sedangkan untuk SDM dapat berkumpul langsung di posko ITB.

    CP : Johan 087877176576

    Mari kita mendoakan yang terbaik untuk keselamatan Fanka dan keberhasilan usaha teman-teman kita dalam tim SAR 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s