Saran : Paperless di Kampus


Hari sabtu dan minggu lalu, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi kampus yang sedang menyelenggarakan sebuah event besar. Sembari mengitari kampus, sembari berfikir ‘kenapa yah kebiasaan menghambur-hamburkan kertas untuk sebuah pengumuman belum bisa terselesaikan sedari dahulu’. Dalam seminggu saja ada beberapa kertas berbagai ukuran yang ditempelkan di papan pengumuman di segala penjuru kampus.

Mungkin bisa menjadi materi skripsi anak lingkungan tentang berapa jumlah kertas yang ditempelkan di mading-mading kampus selama setahun dan dampaknya terhadap lingkungan. Anak mesinpun bisa ikut serta dengan membuat alat yang bisa mendaur ulang kertas-kertas tadi untuk dipakai kembali menjadi media pengumuman.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, apakah kampus tidak mungkin bercita-cita paperless di kemudian hari? sebagai perlambang bentuk go-green yang dicita-citakan oleh pemerintah. Saya yakin bisa! apalagi mahasiswa di kampus masih hidup dengan pelbagai idealitas yang mereka miliki. Sehingga aspek go-green, save our forest dll menjadi prioritas utama dalam segala aspek kehidupannya.

Setahu saya ada beberapa kampus di negara tetangga yang cukup dekat saja sudah menggunakan konsep paperless ini. Mungkin untuk kampus di Indonesia, paperless concept cukup dimulai dari pengumuman di mading-mading saja dulu. Ini saja sudah cukup signifikan hasilnya lho..

Ga Percaya? Silahkan coba…

 

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Budaya Bangsa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s