Media yang Mengkritik Wajib Memberikan Solusi


Kalau dilihat dari beberapa televisi di Indonesia ini, masyarakat sudah dibiasakan terhadap kritik baik dari yang paling halus sampai yang sangat kasar. Namun, kebiasaan ini ternyata hanya sampai situ saja tanpa dilanjutkan dengan budaya solutif. Jadilah bangsa ini orang2mnya bangsa yang suka menghujat dan mencibir. Apalagi dengan adanya dua media pengkritik nasional yang luar biasa peranannya mencuci otak dan merusak ucapan anak bangsa.

Kita lihat saja, betapa enaknya para ‘penggosip2 berita’ menyampaikan berita berita yang tak tersaring lagi antara benar tidaknya untuk dikonsumsi bangsa ini. Semua tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak yang bertentangan dengan mereka dipandang buta.

Kalau perbuatannya buruk, akan dicibir, dihujat dan dibongkar abis-abisan. Kalau perbuatannya baik, akan dibilang sebagai pencari perhatian, sensasi dan ada maunya. Yah begitulah budaya yang coba ditumbuhkan oleh mereka.

Kalau begitu, bisakah budaya di bangsa ini yang sudah terpuruk bangkit menjadi lebih baik? tentu saja bisa. Dan sebagai contoh solutifnya, adalah membiasakan orang-orang, media ataupun siapa saja untuk tak sekedar mengkritik sesuatu hal dengan gampang dan tak asertif.

Kita semua tahu istilah nobody’s perfect. Sehingga ketika saat mengkritik dibiasakan dengan cara yang santun namun tak cuma berhenti disitu. Saran yang solutif juga kudu diberikan. Karena gak ada gunanya seseorang mengkritik tanpa tahu solusi akan permasalahan tersebut.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s