Korespondensi yang Benar dan Baik


2 minggu terakhir ini saya lumayan sibuk mengurusi hal yang berkaitan dengan korespondensi. Seperti yang pernah saya terangkan sebelumnya, bahwa korespondensi formal mengubah cara penulisan saya. Hal-hal yang terkesan mubazir langsung dibuang, dengan kata lain strictly to the point.

Nah, sekarang waktunya untuk berbagi pengalaman tentang SOP dalam berkorespondensi :

1. Lihat history sebelumnya apakah korespondensi yang sama pernah dilakukan atau tidak. Jika pernah, Anda tinggal melihat sistematika penulisan korespondensi tersebut.

2. Bila memang di bagian Anda belum pernah berurusan dengan korespondensi tersebut, hubungi (dengan cepat tanpa terburu-buru) bagian lain yang Anda rasa pernah berhubungan dengan korespondensi tersebut.

3. Jangan lupakan hal-hal yang berkaitan tentang attachment data tambahan, paraf orang lain bahkan stamp duty/materai yang mungkin dibutuhkan. Sebagai catatan, biasanya hal-hal yang berhubungan dengan uang itu membutuhkan materai.

4. Jangan ambil risiko dengan membuat keputusan-keputusan yang Anda tidak mempunyai autorisasi apapun di dalamnya. Membutuhkan waktu yang agak lama namun teliti adalah lebih baik daripada terburu-buru dan harus mengulanginya lagi dari awal.

5. Jangan patah semangat dalam mengerjakannya. Meski berminggu-minggu, jangan sampai membuat fokus Anda dalam pekerjaan lain yang lebih penting terhambat.

Salam

Andi Hendra Paluseri

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s