Islam Berdemo, Ajaran dari Mana?


Sekarang demo sudah menjadi pandangan umum bagi mereka yang ingin menyampaikan suaranya kepada pemerintah, bahkan hal inipun ditiru oleh mereka yang mengatasnamakan umat/kelompok islam.

Bagi yang menganggap bahwa ini adalah negara muslim, masih ingatkah saudara hadist Rasululllah “من أراد أن ينصح لذي سلطان فلا يبده علانية ولكن يأخذ بيده فيخلوا به فإن قبل منه فذاك وإلا كان قد أدى الذي عليه”

“Barangsiapa yang ingin menasihati penguasa, janganlah ia menampakkannya terang-terangan. Akan tetapi hendaklah ia meraih tangan sang penguasa, lalu menyepi dengannya. Jika nasihat itu diterima, maka itulah yang diinginkan. Namun jika tidak, maka sungguh ia telah melaksanakan kewajiban (menasihati penguasa).” [HR. Ibnu Abi ‘Ashim dalam As-Sunnah dari ‘Iyadh bin Ganm -radhiyallahu’anhu-. Hadits ini di-shahih-kan oleh Asy-Syaikh Al-Albani –rahimahullah- dalam Zhilalul Jannah, (no. 1096)]

من رأى من أميره شيئاً يكرهه فليصبر عليه ، فإنه من فارق الجماعة شبراً فمات إلا مات ميتة جاهلية

“Barangsiapa yang melihat sesuatu yang tidak ia sukai (kemungkaran) yang ada pada pemimpin negaranya, maka hendaklah ia bersabar, karena sesungguhnya barangsiapa yang memisahkan diri dari jama’ah (pemerintah) kemudian ia mati, maka matinya adalah mati jahiliyah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Abbas -radhiyallahu’anhuma-)

Juga sabda Nabi -shallallahu’alaihi wa sallam-:

إنكم سترون بعدي أثرة وأموراً تنكرونها قالوا: ما تأمرنا يا رسول الله قال: أدوا إليهم حقهم وسلوا الله حقكم

“Sesungguhnya kelak kalian akan melihat (pada pemimpin kalian) kecurangan dan hal-hal yang kalian ingkari (kemungkaran)”. Mereka bertanya, “Apa yang engkau perintahkan kepada kami wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Tunaikan hak mereka (pemimpin) dan mintalah kepada Allah hak kalian (berdoa).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Mas’ud -radhiyallahu’anhu-)

Ataupun Anda menganggap bahwa ini adalah negara nonmuslim.

Apakah pernah Anda mendengar Rasulullah saat di Mekkah berdemo menuntut Abu Jahal sebagai pemimpin Makkah untuk memberikannya kebebasan menyebarkan islam, menghentikan pembunuhan anak perempuan atau melepas perbudakan di negeri itu?. Tidak, yang rasulullah lakukan adalah sikap Bara’ (berlepas diri) dari mereka. Sehingga jelas sikap furqan (pembeda) antara yang Haq dan yang batil.

Kalau Anda berdemo, maka yang patut di pertanyakan, mana sikap Bara’ yang Rasulullah pernah contohkan? mana sikap Furqan yang Anda perjuangkan?

Negara itu adalah sebuah struktur pemerintahan yang terdiri dari provinsi, provinsi terdiri dari kabupaten/kota, kabupaten/kota terdiri dari kecamatan/desa, kecamatan/desa terdiri dari kelurahan, kelurahan terdiri dari  RT, RT terdiri dari beberapa RW. Dengan berdemo, berarti Anda telah melanggar tatanan ini. Struktur yang seharusnya melalui tahap-tahap tersebut, dipass through begitu saja. Dengan begitu negara ini sudah anda buat kacau, tatanan negara sudah hancur secara struktural. Dan pertanyaan muncul kembali, sebenarnya negara ini Anda anggap apa? muslim, nonmuslim atau bahkan terminologi baru semi-muslim?

“Katakanlah jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri kaum keluarga, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalannya, maka TUNGGULAH sampai Allah mendatangkan keputusannya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik (Qs. At-Taubah: 24)

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s