Tips menghadiri Forum Group Discussion


Tadi pagi ada seorang teman yang meminta saran tentang tips yang perlu dilakukan untuk menghadiri FGD. Lalu saya mengingat kembali beberapa pengalaman FGD yang pernah saya hadapi. Tips yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut :

1. Usahakan Anda yang membuka forum (meski tidak pernah ada penunjukan secara langsung, namun agar lebih cepat sebaiknya langsung Anda buka). First impression dengan membuka forum menjadi sangat mengena, fokus peserta yang lain setidaknya ada di Anda saat pertama kali. Penyamaan persepsi antarpeserta sebaiknya dilakukan namun kalau dibatasi waktu langsung saja ke pembahasan masalah.

2. Usahakan memperhatikan apa yang disampaikan oleh pembicara lain. Tidak ada pendapat yang salah ataupun yang benar. Tentunya pribadi yang menertawakan ataupun tidak memperhatikan pendapat orang lain meskipun terdengar remeh, akan dianggap sebagai pribadi yang tidak mampu bekerja sama.(Kalau perlu dukung pendapat2 yang disampaikan mereka dengan fakta-fakta yang anda miliki)

3. Posisi tubuh rileks, tidak usah tegang tapi tidak juga terlalu informal, biasa saja.

4. Protagonis itu boleh, antagonis apalagi. Tapi dalam focus discussion group itu, sikap penengah dan mendamaikan itu biasanya dianggap memiliki karakter pemimpin bagi perusahaan. Cobalah tunjukan sikap pendamai Anda dalam FGD dengan tutur kata yang bijaksana.

5. Ketika memberikan pendapat akan begitu didengarkan ketika Anda menjelaskan alasan yang cukup mengena. Jangan sampai alasan yang disampaikan gak nyambung dengan pendapat yang Anda berikan dalam focus discussion group.

6. Last but not the least, kostum!. Hal ini yang paling jarang diperhatikan oleh anak-anak teknik. Saya tidak tahu apakah ini berpengaruh atau tidak dalam penilaian namun alangkah lebih baik bila kostum diseragamkan dengan jenis acara yang sedang dijalani. Paling tepat dalam acara ini adalah kemeja dan celana bahan. Bahkan kalau perlu gunakan dasi (untuk BUMN ataupun departemen pemerintahan).

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s