Tanggung Jawab Bekerja di Perusahaan Asing


Tidak semua bahkan tidak ada perusahaan asing yang merugikan bangsa. Coba liat betapa besar pajak dan upeti-upeti lain yang mereka keluarkan dan masuk ke kas negara. Kalaupun ada itu hanya beberapa perusahaan kelas teri yang sudah megap-megap karena kesulitan memenuhi liability yang harus mereka bayarkan ke pemerintah dll.

Beberapa orang sepakat bahwa bekerja di perusahaan asing akan tetap menjaga budaya bekerja bagi para freshgraduated sehingga mereka memilih untuk bekerja di perusahaan asing. Saya setuju dengan pendapat ini, namun ada beberapa hal yang seharusnya menjadi dasar melangkah bagi mereka yang ingin memajukan negara dengan  bekerja di perusahaan asing.

Dasar melangkahnya bukan membuat perusahaan asing tersebut kacau, bangkrut dan akhirnya mendapatkan pesangon besar, Bukan seperti itu. Namun menyerap ilmu sebanyak-banyaknya (Transfer of Knowledge) dan mengetahui teknologi yang mereka gunakan (Transfer of Technology). Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi menjadi alasan utama selama berpuluh tahun sehingga kita tidak berani untuk mengelola sumber daya alam sendiri.

Nah, TOK dan TOT inilah yang umumnya dilupakan oleh banyak orang ketika beraktivitas di perusahaan asing tersebut. Kerja memang harus penuh totalitas namun ada misi luar biasa pentingnya yang akan sangat bermanfaat bila itu dapat dilakukan. Misi itu berkaitan dengan proses pembelajaran (TOK dan TOT) yang suatu saat dapat dikembangkan sendiri oleh tangan anak negeri.

Saat itulah bangsa ini baru dapat dikatakan bangsa mandiri.

Selamat berjuang teman-teman baik yang sedang bekerja secara total di perusahaan asing, yang berjuang meningkatkan perusahaan negara, yang mati-matian belajar untuk mencerdaskan putra/i bangsa berikutnya ataupun yang saat ini sedang merencanakan impiannya.

Selamat berjuang dalam memperjuangkan perjuangan anda.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s