Feed-in-tariff Energi Terbarukan


Mengingat pada umumnya Capex (Capital Expenditure) untuk bisnis energi terbarukan tergolong tinggi, maka pemerintah berencana untuk menerapkan feed-in-tariff bagi bisnis energi terbarukan ini. Dimulai dengan adanya Peraturan Menteri ESDM No.4 Tahun 2012 yang mengatur harga penjualan listrik ke PLN dari energi biomassa, biogas dan sampah kota.

Feed-in-tariff sendiri adalah harga jual yang ditetapkan pemerintah dengan telah mempertimbangkan keekonomian yang layak bagi para investor energi terbarukan tersebut. Feed-in-tariff yang tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No.4 Tahun 2012 merupakan formula yang telah dibicarakan bersama antara Pemerintah dan pengusaha energi terbarukan sehingga mengakomodir kepentingan semua pihak.

Adapun feed-in-tariff untuk energi terbarukan lainnya seperti solar cell dan mikro hidro direncanakan akan dibicarakan pada Juli 2012 ini. Kembali ke Permen No.4 Tahun 2012, harga jual listrik yang ditentukan pada daerah tegangan menengah adalah sebagai berikut :

a. Biomassa dan Biogas = Rp 975/kWh x F

F=1, untuk wilayah Jawa, Madura, Bali dan Sumatera

F=1,2 untuk wilayah Sulawesi, Kalimantan dan Nusa Tenggara

F=1,3, untuk wilayah Maluku dan Papua

b. Sampah Kota dengan Teknologi Incenerator = Rp 1.050/kWh

c. Sampah Kota dengan Teknologi Sanitary Landfill = Rp 850/kWh

Dengan terbitnya feed-in-tariff, diharapkan gairah para investor untuk bisnis energi terbarukan akan tumbuh dan mampu mewujudkan visi 25/25 yaitu pemanfaatan energi terbarukan sebesar 25% dari energi nasional pada tahun 2025

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s