Potensi Carbon Emission Reduction (CER) dari Pengelolaan Sampah di Indonesia


Sampah yang awalnya menjadi masalah bagi Indonesia, dinilai kedepannya akan menjadi sumber pendapatan yang besar dengan pengelolaan yang baik. Pengelolaan tersebut berbentuk waste-to-energy (WTE). Dalam WTE tersebut, gas methana yang daya rusaknya 21 kali lebih besar daripada karbondioksida, dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Penggunaan gas methana tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan Carbon Emission Reduction (CER).

Rule of thumbs-nya, 5 ton sampah mix setara 1 ton Carbon Emission Reduction (CER). Ambil saja TPA Benowo Surabaya yang mengolah 2.500 sampah per harinya maka dalam setahun sampah yang ditampung sekitar 900.000 ton. Dengan rule of thumbs tersebut potensi Carbon Emission Reduction yang didapat sekitar 180.000 CER.

Sekarang 1 CER dihargai sekitar 10-14 Euro, ambil saja 10 Euro. Maka 180.000 CER dari TPA Benowo akan mampu menghasilkan benefit 1.800.000 Euro ( Rp. 25 M) dari program CER. Benefit ini saja sudah cukup besar untuk mengembalikan modal usaha dalam pendirian waste-to-energy.

Potensi tersebut masih dari TPA Benowo, bagaimana dengan TPA Bantargebang yang mengelola sampah 6000-8000 ton/harinya, TPA Piyung di Jogja, TPA Namobintang di Medan dan TPA-TPA lainnya di Indonesia. Selain mendapatkan listrik, kompos dan debu/pasir, CER juga menjadi benefit yang sangat besar dalam pengelolaan sampah.

Hayo cintai sampah

Tapi jangan buang sampah sembarangan, buanglah pada tempatnya.

Agar dapat meringankan pekerjaan pengelola sampah

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Potensi Carbon Emission Reduction (CER) dari Pengelolaan Sampah di Indonesia

  1. Rosa berkata:

    Heck yeah ba-beye keep them coming!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s