Melamar Secara Online ? Mudah dan Memudahkan


Pada saat ini, telah banyak perusahaan yang menggunakan kecanggihan teknologi dalam proses rekrutmen dan seleksi. Sejalan dengan perkembangan IT, e-recruitment dengan menggunakan website perusahaan dianggap sebagai metode yang paling efektif. Kandidat tidak hanya mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dekat perusahaan sebelum wawancara, tapi juga mendapat gambaran yang detail mengenai pekerjaan yang ditawarkan. Penggunaan alat bantu yang canggih seperti e-recruitment sangat membantu perusahaan menjalankan proses rekrutment yang cepat, efektif dan secara konsisten menghasilkan. Saat kualitas yang dituju, maka e-recruitment dapat diandalkan.

Kita pantas bergembira atas penemuan rekrutmen berbasis IT (e-recruitment). Banyak penghematan dan kemudahan yang telah dihasilkan dengan pemanfaatan teknologi ini, termasuk diantaranya dalam memudahkan Anda melamar pekerjaan.

Beberapa perusahaan besar telah mengimplementasikan media rekrutmen secara online (e-recruitment), yang memudahkan Anda untuk melamar pekerjaan. Namun dibalik semua itu, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal dalam melamar pekerjaan secara online, antara lain:

1. Pastikan Anda telah memiliki akun di Perusahaan yang Anda Lamar. Cukup membuat 1 (satu) akun saja.
2. Lamarlah satu posisi saja . Bila Anda berminat kembali untuk melamar pada perusahaan yang sama, hindari melamar secara berulang pada posisi yang sudah pernah dilamar sebelumnya.
3. Bila Anda melamar ke perusahaan yang sama untuk posisi yang berbeda, pastikan posisi yang Anda lamar tidak lebih dari dua, dan bidang-bidang tersebut tidak bertentangan atau bertolak belakang satu sama lain.
4. Melamarlah pada posisi yang kualifikasinya sama / setidaknya mendekati dengan yang anda miliki dan diharapkan oleh perusahaan. Jika Anda melakukan yang sebaliknya, hampir dapat dipastikan, lamaran Anda pasti akan sia-sia saja, bahkan hal ini justru bisa merusak citra diri kita sendiri. Lebih baik lamaran tetap fokus pada kompetensi dan persyaratan perusahaan.
5. Lengkapi seluruh form pengisian resume dengan jujur serta lakukan upload file-file yang diharuskan. Karena itu, persiapkan terlebih dahulu dokumen – dokumen pendukung yang diminta. Masukkan biodata Anda dengan jelas, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan lokasi tempat tinggal ketika memasukkan lamaran. Masukkan juga jumlah gaji yang Anda harapkan, jika memungkinkan masukkan informasi diri sedetil mungkin sebagai referensi
6. Lakukan up date secara rutin data pribadi dan CV, hal ini dapat mempengaruhi penilaian pada CV.
7. Maksimalkan dan aktifkan fitur pemberitahuan lowongan otomatis dan penerimaan newsletter karena perusahaan akan mengirimkan informasi tentang lowongan kerja yang cocok dengan kita.
8. Selalu memantau email pribadi, karena pemberitahuan terkait status dan proses seleksi biasanya diinformasikan melalui email.

dikutip dari Artikel Recruitment Pertamina

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s