Mengurangi Kemacetan di Jakarta


Tadi pagi, dengan terburu-buru saya berangkat menuju Tanah Abang berharap agar tidak terjebak macet mereka yang sedang berziarah di salah satu pekuburan besar di Jakarta. Alhamdulillah jalanan masih lancar dengan sedikit kemacetan namun siangnya dengan arah yang sebaliknya terpaksa harus terjebak macet.

Setelah saya coba amati ternyata perkaranya dikarenakan keterbatasan lahan parkir di pekuburan tersebut sehingga orang-orang yang berziarah terpaksa (atau dengan sengaja) memarkir kendaraannya di sisi jalan. Jalan yang awalnya sempit menjadi super sempit dengan kejadian ini.

Memang keterbatasan lahan parkir menjadi masalah umum di Jakarta, tidak hanya di areal pekuburan saja. Meski di berbagai tempat, sudah dilakukan secara profesional namun tetap saja belum menuntaskan permasalahan ini.

Gini deh, saya punya ide!. Pertama, Pembangunan fasilitas parkir di areal kali di Jakarta. Contohnya kali di samping stasiun Sudirman dll. Dibuat saja seperti jembatan panjang antara dua sisi kali, nah areal jembatan itu nantinya dapat dipergunakan sebagai fasilitas parkir kendaraan pekerja yang berada di daerah Sudirman.

Kedua, Pembangunan fasilitas parkir di atas Pekuburan. Saya sih belum melihat dalil keharamannya namun ini bisa jadi solusi mengurangi kemacetan terutama di bulan Ramadhan. Pemerintah DKI cukup membangun pondasi lantai 2 atau lebih diatas pekuburan sehingga orang-orang tidak perlu memarkir kendaraan mereka di sisi jalan lagi.

Baru dua ide itu sih, mungkin teman-teman memiliki ide lain? silahkan ditambahkan..

 

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mengurangi Kemacetan di Jakarta

  1. cakson berkata:

    Pemerintah kota Jakarta berani gak ya ngelawan preman tukang parkir?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s