Setan Merah Pengembangan Geothermal Indonesia


Indonesia sebagai negara yang disebut ‘Maha Raja Geothermal Dunia’dengan memiliki potensi 40% dunia, saat ini hanya mampu menempati posisi ketiga dibawah Filipina dan Amerika Serikat. Dari 28.000 MW potensi yang ada, saat ini hanya dimanfaatkan 4%-nya (1.200 MW).

Sungguh ironis memang, Filipina yang potensinya jauh dibawah Indonesia dan pengembangannyapun terbilang baru, malah saat ini mengalahkan Indonesia. Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata masalah utamanya di Indonesia adalah hal perizinan.

Hampir semua wilayah kerja Geothermal berada di daerah hutan lindung. Nah dikhawatirkan dengan memberikan izin bagi perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan geothermal di hutan lindung, akan mengganggu keseimbangan tempat tersebut.

Hal tersebut sebenarnya cukup keliru karena sebenarnya water yang terikut dengan steam, akan dikembalikan lagi setelah dipisah di separator. Memang pembangunan jalan, perumahan dan fasilitas eksplorasi di hutan lindung tersebut akan sedikit merusak lahan. Akan tetapi dibandingkan dengan manfaat yang didapat hal ini tentu tidak akan menjadi masalah serius.

Bayangkan bila potensi yang 28,000 MW dimanfaatkan saat ini, kita tidak perlu lagi menggunakan minyak, batu bara, gas, dll untuk mencukupi kebutuhan listrik Indonesia.

Lihat saja Filipina yang potensinya dibawah Indonesia, mereka berhasil maju dan didukung pemerintahnya tanpa mempermasalahkan dampak hutan lindung yang tidak begitu signifikan.

Bila masalah lingkungan yang sepele selalu menghambat pengembangan geothermal di Indonesia, cita-cita 100% elektrifikasi hanyalah mimpi malam saja yang tak akan dicapai kapanpun. Bila ini terjadi, LSM lingkungan menjadi salah satu tersangka utamanya.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke Setan Merah Pengembangan Geothermal Indonesia

  1. cakson berkata:

    tanya Aryudha deh, ada orang yang mau ngembangin listrik murah malah masuk penjara.

    • Raul berkata:

      hey danny–i randomly get stuff from the acaemdy of art and they had one of your model drawings in this huge book they sent out. i took it around and proudly showed it to all my roomates :)you’re a rock star

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s