Pembagian Sembako yang Efektif


Kemarin saya lihat di berita kembali lagi terulang peristiwa rusuh dalam pembagian sembako murah di salah satu sudut kota Jakarta. Peristiwa beberapa tahun silam yang merenggut korban nyawa umumnya ibu-ibu, sepertinya tidak menjadi pelajaran yang membekas bahwa untuk masyarakat yang tidak disiplin dan jahil seperti saat ini, hal tersebut tidak efektif untuk dilakukan.

Lalu, seperti apa yang efektif itu?

Mungkin kita masih ingat tentang pengalaman Umar bin Khatab yang pada malam hari berkeliling kota untuk menyaksikan dan mengetahui keadaan rakyatnya lalu bertemu dengan ibu yang tidak mempunyai bekal makanan dan akhirnya memberikan makanan kepada mereka.

Yah kalau memang tidak bisa semulia itu, setidaknya ada hal yang bisa ditiru. yaitu panitia sendiri yang membawa sembako (atau kalau ramadhan ini ZIS) ke tiap-tiap rumah sehingga risiko berebutan dapat diminimalisir. Selain itu, upaya pihak2 lain yang ingin mendapatkan jatah lebih tidak akan terjadi karena pembagiannya based on actual bukan based on arrival.

Memang ini akan lebih takes time and money, tapi bila harus dibandingkan dengan risiko nyawa ataupun luka2, sepertinya pembagian sembako based on actual dengan cara mengunjungi ke rumah-rumah akan lebih besar manfaatnya. Kalau memang kekurangan panitia, mungkin bisa memanfaatkan para PNS magabut yang notabene sebagai penerima devisa terbesar dari uang negara.

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s