Syarat Kemudahan Investasi di Indonesia versi Jero Wacik


Jero wacik yang saat ini menjabat sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia pada beberapa acara berjanji akan mempermudah proses investasi bila para investor mau memenuhi syarat-syarat berikut :

1. Pro-Growth

Investasi yang dilakukan dapat berguna untuk membangun perekonomian di Indonesia. Untuk apa investasi bila hanya bertujuan mengeruk sumber daya semata tanpa memberikan manfaat apapun ke negara pemiliknya.

2. Pro-Job

Hal ini sering terjadi di masa lalu dimana para investor membawa serta orang-orang di negara asalnya even untuk cuci piring sekalipun. Kedepannya Pemerintah Indonesia tidak ingin seperti ini. Investasi yang dilakukan haruslah berupaya untuk menyerap tenaga lokal semaksimal mungkin.

3. Pro-Poor (bukan Pro-Poverty lho yah)

Selain memberikan tambahan bagi perekonomian bangsa dan menyerap tenaga lokal semaksimal mungkin, investasi ini juga harus berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan melalui berbagai program CSR-nya.

4. Pro-Environment

Last but not the least, investasi yang dijalankan haruslah memperhatikan aspek-aspek lingkungan di Indonesia. Para investor jangan mengorbankan kepentingan lingkungan hanya karena untuk menghemat biaya operasional. Memang biaya maintenance lingkungan lebih costly namun ini jauh tidak seberapa dibandingkan dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan.

Keempat syarat tersebut adalah syarat wajib. Bila para calon investor tidak mau memenuhinya atau salah satu dari syarat tersebut, Pak JW menyarankan untuk tidak berinvestasi di Indonesia, lebih baik pulang kampung saja namun tetap menjaga hubungan baik dengan Indonesia sebagai sahabat.

 Nah, bagi kawan2 yang mau berinvestasi di bidang energi baik minyak, gas maupun energi baru terbarukan bila sudah memenuhi syarat2 tersebut, silahkan untuk menuntut janji yang diberikan oleh Pak JW ini :D.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s