Sekarang Saat yang Tepat untuk Investasi Emas


Sebagai seorang pekerja yang baru saja menikmati upah karyawan tetap, investasi menjadi hal yang utama saya pikirkan saat ini. Salah satu bentuk investasi yang saya pertimbangkan adalah emas.

Saat ini dapat dikatakan harga emas relatif menurun stagnan. Pada 26 Okt 2012, harga emas menempati posisi terendah sejak sebulan terakhir (536ribu/gram). Memang harganya masih lebih tinggi dibandingkan harga emas saat 1 Agustus lalu (494ribu/gram).  Namun saya anggap ini adalah masa reses dari syndrome kenaikan emas. Diperkirakan emas akan cenderung naik di akhir tahun.

Bagi Anda yang ingin investasi emas, saya sarankan untuk membelinya di kantor Antam atau gerai2 emas batangan yang sudah dikenal. Untuk pembelian emas di Antam, prosesnya adalah sebagai berikut (disadur dari outletdinar):

Sebelumnya, Anda bisa cek harga resmi dan ketersediaan emas batangan Antam melalui halaman ini.

Kemudian, Anda bisa datang  ke Antam Unit Bisnis Pengolahan dan Permunian Logam Mulia contohnya yang di Jl. Pemuda – Jl. Raya Bekasi KM.18
Pulogadung, Jakarta 13210 – Tel. (021) 475 7108. Posisinya persis di depan pintu masuk kawasan industri Pulogadung, adanya di pojokan.

Ketika sampai di Antam, Anda mesti mengantri di depan pintu masuk jika masih ada mobil yang diperiksa oleh petugas security karena cuma diperbolehkan ada 1 mobil yang diperiksa pas di pintu masuk tersebut.

Sambil mobil diperiksa, Anda juga akan ditanya keperluannya oleh petugas security. Anda cukup sampaikan bahwa Anda ingin membeli emas batangan. Kemudian Anda akan diminta meninggalkan KTP/SIM dan diberikan lembar formulir oleh petugas tersebut. Baru Anda boleh masuk area parkiran.

Setelah masuk ke gedung Antam, Anda cukup menuju resepsionis dan kemudian akan diberikan nomor antrian. Sembari mengantri untuk dipanggil oleh petugas penjualan, Anda bisa menonton TV layar lebar, minum teh/susu panas/dingin.

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, Anda cukup menuju meja penjualan, semacam teller kalau di bank. Di meja tersebut Anda akan ditannya mau beli emas berapa gr dan berapa keping.

Setelah mendapat faktur dari bagian penjualan, Anda cukup langsung menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Pembayaran tunai maksimal adalah Rp. 50.000.000. Selain tunai Anda bisa melakukan pembayaran dengan debit BCA/Mandiri. Di dekat kasir juga tersedia ATM Mandiri, Anda juga bisa melakukan transfer langsung antar rekening Mandiri melalui ATM tersebut.

Setelah mendapat bukti pelunasan pembayaran, Anda bisa masukkan bukti tersebut ke ruang serah terima emas batangan. Ruang kecil ini ada 2, Anda bisa masuk ke mana saja untuk menyerahkan bukti pembayaran yang didapat dari kasir.

Anda cukup tinggalkan bukti pembayaran tersebut dan kembali menunggu di luar ruangan. Setelah beberapa menit nama Anda akan dipanggil untuk masuk kembali ke ruangan tersebut untuk mengambil emas batangan pesanan Anda. Silahkan diperiksa apakah sudah sesuai, jika sudah sesuai maka woila emas batanganpun sudah siap Anda bawa pulang.

Memang sih bila dilihat prosesnya agak repot karena harus menunggu antrian. Namun untuk mendapatkan harga yang paling murah, membeli di Antam memanglah hal yang harus Anda lakukan.

Nah, bila kemudian Anda ingin menjualnya. Saya sarankan untuk dijual ke gerai  emas yang ada di pasar karena umumnya lebih tinggi dibandingkan harga emas di Antam.

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

9 Balasan ke Sekarang Saat yang Tepat untuk Investasi Emas

  1. Anonim berkata:

    keren andiiiii…. Nabung emas buat Lamaran ya??haha

  2. karinasrimaya berkata:

    gila andi nih,, hebatttt…
    untung aku blum ngepost ttg ini…
    dosenku kmrn bahas ini lohh haha 😛

    • Juju berkata:

      Hi Sonia i have been follow your blog since i found its in one of the wetisbe. All the recipes awesome and brilliant and excellent. I love bake and cook when i was in overseas.

  3. ichsanmulia berkata:

    akhir tahun bakal naik nih ndi? beneran?

    • andi berkata:

      Kalo aku liat di statistik harga emas sih seperti itu mul, mungkin krna tutup buku perusahaan kali yah.
      Disclaimer :
      Segala bentuk kegagalan investasi tidak boleh didasari dari tulisan di blog ini.

  4. Julino Sentosa berkata:

    Gila, banyak benar duitmu sekarang. Mampu beli 100 gr emas. Btw kalo dibawa pulang apa aman?

  5. andihendra berkata:

    Sebenarnya bisa saja membeli emas di Pegadaian, tapi kena administrasi 3%. Wih 3% mah banyak juga. Kalo beli emas 100gr (53,6jt) berarti biaya administrasinya 1,6jt

    • David berkata:

      Managers have realized that cooietitpmn does not only exist between single companies but rather between complex and dynamic supply chains. This new notion has led to increased economic performance. I am convinced that supply chain thinking will also increase environmental and social performance.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s