Solusi Same Sex Attracted


Suatu ketika seorang teman curhat & menyampaikan unek-uneknya kepada saya terkait masalah Same Sex Attracted yang dia alami. Sebagai informasi, Same Sex Attracted adalah gejala yang dialami oleh seseorang yang memiliki kecenderungan ketertarikan pada orang yang berkelamin sama dengannya.

Memang permasalahan ini cukup berat. Beberapa pendapat mengatakan bahwa ini adalah bawaan orang sejak lahir yang di’uji’kan oleh Tuhan terhadapnya namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa SSA disebabkan karena kebiasaan orang tersebut. Pada dasarnya kedua pendapat tersebut dapat diterima namun yang paling penting saat ini adalah bagaimana kelanjutan dari orang yang bersangkutan dalam menjalani ‘cobaan’nya.

Terkait hal tersebut, cara yang paling tepat adalah mengingatkan kembali bahwa ternyata Allah telah memilihnya sebagai ‘orang pilihan’ untuk menjalani cobaan tersebut. Sebagaimana yang disampaikan dalah Al-Mukminun:62  “Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya.

Kemudian mari belajar dari kisah umat Nabi Luth. Saat melihat kondisi umatnya yang melakukan tindakan keji, beliau menawarkan ‘putrinya’ untuk dinikahi sebagaimana dalam Surat Hud ayat 78 “Dan datanglah kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Luth berkata: “Hai kaumku, inilah puteri-puteriku, mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah di antaramu seorang yang berakal?”

Bayangkan, bahkan untuk kaum yang telah melakukan perbuatan keji saja masih ditawarkan ‘putri-putri’ Beliau yang suci. Meskipun makna ‘putri/banati’ dalam ayat tersebut dapat pula ditafsirkan sebagai penduduk wanita kaum Sodom karena setiap Nabi bertindak sebagai Bapak bagi kaumnya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah perbuatan yang dilarang secara syariat melalui tawaran pernikahan dengan ‘putri-putri’ Beliau.

Pernikahan bagi seorang muslim akan menjadi wajib hukumnya bila dengan tidak menikah malah akan menjerumuskannya ke dalam perbuatan keji termasuk dalam perkara ini. Seorang muslim apalagi yang sudah mampu secara penghasilan namun mengalami gejala SSA seyogyanya terkategorikan wajib menikah baik siap ataupun tidak siap karena pada dasarnya inilah yang dibutuhkan untuk meng’imunisasi’ gejala tersebut. Harapannya dengan diberi ‘imunisasi’, perasaan attracted yang awalnya ditujukan ke “yang tidak hak” dapat dire-route ke yang semestinya.

Adapun bagi seorang muslim yang belum Allah mampukan, pada dasarnya juga menjadi tanggung jawab saudaranya sesama muslim untuk mengatasi permasalahan ini. Mungkin dengan membantunya mendapatkan pekerjaan yang layak dan tepat sehingga dapat memampukan dirinya untuk menikah.

Teman tersebut juga merasa termarjinalkan oleh para mubaligh. Hampir dikatakan saat ini tidak ada ustadz yang cukup serius memberikan solusi permasalahan tersebut. Sesekali ada yang mencoba mendakwakan namun yang terdengar kebanyakan malah ancaman-ancaman neraka padahal yang dibutuhkan saat ini adalah SOLUSI.

Demikian pemaparan singkat dari saya, semoga dapat memberikan pencerahan bagi teman yang mengalami kasus syndrome tersebut. Bersabarlah karena Allah juga yakin kamu bisa melewati ujian tersebut sampai lulus.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

3 Balasan ke Solusi Same Sex Attracted

  1. Mustafa berkata:

    di makLumi kale Pras, biasa’y kL dLm situasi yg sprt it sgaLa’y bs Lupa, CZ yg ad d otak cuma ap yg ad d dpn mata aj skelae Lg Lu2 ucapin :Inna LiLLahi Wa Ina ILaihi Rooji’uun af1 teLat baru baca & Pras jg g’ bLg.

  2. lunks berkata:

    Ujian seperti ini semoga menyadarkan kita bahwa potensi dosa besar umat manusia itu sangat beragam, dan surga tidak hanya terkait dengan masalah loyalitas kepada golongan tertentu… smoga Allah memudahkan para hambaNya yang diberi ujian SSA tersebut… Aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s