Budaya “I Love Monday” di Kantor


Pada umumnya, hari senin menjadi hari yang cukup dibenci oleh para pekerja. Hal tersebut cukup dimengerti karena senin adalah awal bekerja dalam tiap pekan. Kebencian terhadap hari senin ini seyogyanya harus dikurangi mengingat akan berdampak pada peningkatan stress pada pekerja. Salah satu upaya pengurangan stress yang pernah saya rasakan ketika aktif dalam Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa (KOKESMA) ITB 2007-2010 adalah budaya ‘I Love Monday’.

Dalam pelaksanaan ‘I Love Monday’ setiap pekannya, tiap fungsi/departemen akan mendapatkan bagian untuk menyediakan ‘makanan ringan’ bagi seluruh staf di Koperasi tersebut. Dalam hal ini, Kadiv/Direktur menjadi pihak yang harus merogoh kocek lebih besar.

Ternyata hasilnya cukup signifikan. Selain mengurangi stress mahasiswa dalam mengikuti rutinitas pendidikan juga dapat memperat kekeluargaan antar-anggota di Koperasi tersebut dan biasanya kita gunakan untuk weekly meeting untuk evaluasi pekerjaan masing-masing departemen. Nah, hal ini sepertinya akan efektif pula bila dilakukan di dunia kerja.

Di kantor yang umumnya terbagi menjadi beberapa fungsi/divisi, setiap fungsi/divisi tersebut diberikan giliran untuk mengisi sore hari kantor dengan hidangan untuk semua pekerja kantor. Tidak perlu hidangan yang mewah namun cukup untuk dinikmati oleh orang-orang sekantor.

Dengan ‘I Love Monday’, pimpinan dapat memanfaatkan moment yang ada untuk saling memperat keakraban dengan para subordinatnya. Evaluasi mingguan-pun akan lebih berkesan dan membekas bila dilakukan dalam suasana yang hangat seperti itu.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s