Peternakan Ikan di Rig Offshore


Managemen aset adalah ilmu yang sangat berguna. Pada dasarnya  objektif dari sebuah bagian managemen aset adalah bagaimana mengutilisasi aset yang ada baik yang sedang dipergunakan atau sudah tidak dipergunakan untuk menghasilkan nilai tambah yang optimum bagi perusahaan (Definisi by Andihendra).

Nah! Terkait hal tersebut diatas, saya kepikiran dengan rig-rig offshore yang dimiliki oleh berbagai perusahaan migas di Indonesia. Bagian bawah rig dapat dipergunakan sebagai tempat peternakan ikan mengingat ikan di lokasi tersebut mendapatkan nutrisi berupa sisa makanan pekerja di rig tersebut. Hasil dari peternakan tersebut dapat dipergunakan sebagai konsumsi harian para pekerja.

Selain untuk konsumsi harian para pekerja, hasil dari peternakannya dapat diperjualkan ke nelayan yang melaut di sekitar lokasi tersebut. Hal ini tentu akan menambah added value bagi rig itu sendiri (#maksa). Bila ini memang menjanjikan, bukan tidak mungkin di setiap rig akan ada manager yang bertugas khusus mengembangbiakkan ikan, hmm, kalau seperti itu mungkin namanya Manager Pengembangbiakan ikan…. bwahaha (just dummy idea).

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s