Self Service SPBU di Indonesia


Renungan tentang adanya self service SPBU di Indonesia muncul ketika saya menyaksikan satu film barat yang lupa judulnya apa namun intinya di film tersebut sang aktor tergesa-gesa membeli gasoline untuk mengisi bahan bakar mobilnya.

Kemudian muncul pertanyaan di benak saya “bila hal tersebut dapat lebih efisien dan simple, mengapa tidak dilakukan di Indonesia”. Setelah berdiskusi dengan beberapa teman, ternyata memang risikonya sangat banyak. Masih ada petugas saja, masyarakat bisa berlaku curang apalagi bila tidak ada petugas. Wew.. iya juga yah!.

Namun lagi-lagi kita harus bertanya dalam diri “Mau sampai kapan Indonesia dibayang-bayangi ketakutan seperti itu? bagaimana bisa berubah bila kita tidak pernah mencoba?, balik lagi ke Ar-Radu ayat 11 yang isinya .. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila kaum tersebut tidak mau mengubahnya..”.

Mungkin kita dapat berkaca dari pilot project “Warung Kejujuran” yang cukup sukses dicobakan di berbagai tempat. Tindak kecurangan memang akan tetap ada, namun hal tersebut dapat dipergunakan sebagai pembelajaran untuk perbaikan sistem kedepannya.

Bila memang masih riskan untuk diberlakukan langsung ke masyarakat, mungkin dapat dicobakan di kantor-kantor instansi pemerintahan maupun BUMN. Dengan ini selain memudahkan para driver di instansi terkait untuk mengisi bensin juga untuk meningkatkan pemanfaatan BBM Non-Subsidi bagi kendaraan plat merah.

Bila sudah sukses, mungkin perlahan-lahan dapat direalisasikan pada masyarakat ramai. Hayo, siapa yang mau jadi Pioneer pelaksanaan Self Service SPBU Pertama di Indonesia? 😀

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s