Mendorong dan Didorong


Siang tadi (19/7), para alumni BPS GAS bertemu di gedung Patra Jasa untuk mendengarkan Knowledge Sharing oleh salah seorang yang lain. Hal mendasar yang saya dapatkan dari acara tersebut adalah konsep mendorong dan didorong (meskipun tidak secara eksplisit konsep MENDORONG dan DIDORONG ini disebutkan).

Ceritanya bermula ketika salah seorang dari kami mendapatkan opportunity untuk bisa mendapatkan pengalaman belajar dunia yang baru di tempat lain. Berbekal opportunity tersebut, disepakati bahwa akan dilakukan knowledge sharing terkait pengalaman baru yang telah didapatkan.

Meski belum masuk pada inti dari knowledge sharing namun siang tadi kita mencoba merenungkan kembali bahwa sebagai satu keluarga BPS GAS haruslah saling mendorong untuk lebih baik. Direct Opportunity yang didapat oleh rekan yang lain tentunya menjadi indirect opportunity rekan yang lain untuk belajar hal yang sama.

Di masa depan nanti, memang akan ada yang lebih maju, ada yang stagnan bahkan ada yang tertinggal sehingga sebaiknya jangan pernah mengharapkan jabatan karena faktor lucky paling dominan menentukan hal ini. Apabila terlalu berharap, maka siap-siaplah sakit hati.

Adapun mereka yang telah terlebih dahulu maju, coba lihat teman di belakangnya yang stagnan/tertinggal untuk ikut maju. Mereka yang stagnan/tertinggal jangan putus asa, jadikan pengalaman tersebut untuk memacu diri lebih optimal.

Kalau kata Jeng Nadine, jaman dulu tuh orang beranggapan bahwa opportunity lebih banyak hanya untuk orang-orang yang DDK (Dekat-Dekat Kekuasaan) padahal sebenarnya sudah disebar tapi gak paham malah Opportunity yang disebar itu dilempar ke orang lain lagi. Jadi kita saat ini yang masih muda, kalau ada Opportunity harus bisa ditangkap dan digunakan sebaik-baiknya.

Notes: Falling in love is easy but staying in love is very special

Iklan

Tentang andihendra

Andi hendra paluseri adalah perantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s