Belajar dari Bunga Kartu Kredit


Andi Hendra Paluseri

Beberapa waktu yang lalu, saya menggunakan kartu kredit untuk beberapa hal dalam jumlah yang cukup besar. Karena saat itu prioritas keuangan tidak untuk membayar semua tagihan kartu kredit, maka saya sisahkan tagihan 11 juta dalam keadaan tidak dibayar.

Berdasarkan info yang saya baca di buku petunjuk kartu kredit tersebut, bunga yang akan dikenakan hanya sekitar 2.85%. Berarti bila tagihan 11 juta tidak dibayarkan, saya kira paling dendanya hanya 300 ribu.

Tibalah saatnya tagihan bulan berikutnya keluar. Astaga, ternyata bunga yang dikenakan jauh lebih besar dibandingkan perkiraan saya sebelumnya. Bunganya sekitar 864rb. Dengan segera saya mengkonfirmasi hal ini ke pihak kartu kredit. Akhirnya saya baru tahu, ternyata bunga keterlambatan itu dihitung dari TANGGAL TRANSAKSI bukan TANGGAL JATUH TEMPO.

Dari pengalaman ini, pelajaran penting yang dapat saya ambil adalah jangan pernah melakukan pembayaran tagihan kartu kredit setelah tanggal jatuh tempo. Sedetikpun kita terlambat, bunga keterlambatan akan mulai dihitung bukan dari tanggal jatuh tempo tersebut namun dari tanggal transaksi yang telah kita lakukan

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB, status. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Belajar dari Bunga Kartu Kredit

  1. ario berkata:

    keren ndi…

    btw, ane lg rintis usaha nih, monggo mampir ya tq ndi..

    http://www.rentalhtsuper.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s