Lokalisasi Gepeng Indonesia


Lokalisasi Gepeng Indonesia
Andi Hendra Paluseri
Mahasiswa Magister Ilmu Hukum
Universitas Jayabaya

Peristiwa penyiksaan Iqbal (bocah 4 tahun) yang dilakukan oleh kekasih Ibu Kandung balita tersebut, sekali lagi menghenyakan Indonesia. Iqbal diperbudak untuk mengemis. Mungkin bukan hanya iqbal yang bernasib tragis seperti itu, kita bisa menemukan balita-balita lain dengan nasib yang tidak berbeda dengan mudah.

Tidak usah jauh-jauh ke pelosok negeri, di Ibukota Negara sendiri hampir seluruh jembatan penyebrangan sudah di”kavling” oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk memperbudak balita-balita kurang beruntung. Silahkan lihat di Jembatan Sarinah, Jembatan Semanggi, Jembatan Bundaran HI dll. Lokasi emas yang berada di jantung Jakarta tersebut-pun tak berdaya dengan gembelisasi.

Pengusiran/penangkapan yang sering dilakukan terhadap mereka sebenarnya bukan upaya efektif. Mereka akan tergiur kembali untuk datang. Saran yang saya usulkan adalah dengan memanfaatkan Pulau yang ada di Kepulauan Seribu atau tempat lain menjadi “lokalisasi” mereka. Lokalisasi yang dimaksud adalah lokalisasi yang positif. Di Pulau tersebut, para gepeng tidak dapat kabur dan kembali untuk mengemis.

Para gepeng yang sudah dewasa dibina untuk mandiri dengan berkebun, bertani, dll. Intinya setiap Gepeng memiliki peran dan produktif. Sedangkan anak-anak diharuskan untuk bersekolah secara gratis dengan dana pemerintah.

Para dokter muda, guru muda, PNS muda dan golongan muda yang lain diharuskan untuk mengabdi ke lokalisasi-lokalisasi tersebut. Tujuannya apa? Agar para kaum muda dapat membangun sistem masyarakat yang mendekati ideal karena belum terpengaruh dari sistem yang sudah carut-marut saat ini.

Ultimate Goal dari lokalisasi Gepeng adalah kedepannya lokalisasi tersebut akan menjadi daerah Mandiri yang mungkin dapat dicontoh daerah-daerah lain.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s