Melunasi KPA/KPR di BTN


Pada dasarnya jika bisa membeli rumah/apartemen secara tunai , maka bisa dipastikan setiap orang pasti akan membelinya tunai dan tidak ada yang mau beli dengan kredit. Rugi!!, harga rumah jadi jauh lebih mahal karena kita harus membayar bunga kredit. Tapi apa boleh buat, kebutuhan hidup bukan cuma rumah, kita juga harus membagi-bagi penghasilan yang ada saat ini.

Nah, belakangan ini saya kepikiran untuk menutup utang kredit tersebut sebelum dikenakan floating rate oleh bank BTN. Namun, masih mikir-mikir karena apabila dilunasi saya juga harus menanggung biaya penalti sebesar 5% dari sisa pokok. Bila sisa pokok kredit apartemen saya masih 260 juta, berarti yang saya bayarkan adalah 260 + 13= 273 juta. Sayang juga tuh duit 13 jutanya.

Akhirnya, setelah surfing beberapa lama saya menemukan suatu solusi. Yaitu melakukan pelunasan sebagian terlebih dahulu. Mengapa melakukan pelunasan sebagian? karena customer tidak dikenakan penalti sepeser-pun.

Katakanlah saya lunasi sebagian yaitu 250 juta, sehingga sisa pokok kredit saya tinggal 260-250 = 10 juta. Di bulan selanjutnya apabila diperlukan, baru saya akan melakukan pelunasan penuh. Sehingga yang dikenakan penalti 5% adalah dari 10 juta yaitu 500 ribu rupiah.

Bandingkan apabila saya melakukan pelunasan penuh langsung, yang saya bayarkan adalah 273 juta. Nah apabila saya menggunakan skema pelunasan sebagian terlebih dahulu baru setelah itu melakukan pelunasan penuh, yang saya bayarkan hanya 260,5 juta. Jadi bisa saving 12.5 juta deh.

 

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di Investasi dan Bisnis. Tandai permalink.

3 Balasan ke Melunasi KPA/KPR di BTN

  1. andi masih pake KPR ya..kan riba..hehe 🙂

  2. zulfikaridris89l berkata:

    lo tinggal di apartemen apa ndi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s