Portofolio Bisnis Apabila memiliki uang 1 Milyar


Suatu ketika, ada yang bertanya kepada saya.. “hai Andi!, apabila kamu memiliki uang sebesar 1 Milyar rupiah sementara kamu memutuskan keluar dari pekerjaan, akan dipergunakan untuk apa saja uang tersebut”. Saya-pun mulai merenung dan berikut hasil perenungan saya.

1) Mengambil Investasi Obligasi Ritel Indonesia (ORI).
Mengapa? pada saat ini, Seri ORI yang dibuka adalah seri ORI011. Menteri Keuangan RI menyebutkan bahwa investasi ORI merupakan investasi Zero Risk sehingga paling dicari oleh masyarakat saat ini. Bayangkan pada hari pertama pembukaan saja sudah terjadi oversubscribed (kelebihan peminat).

Untuk investasi ORI, saya akan menggunakan dana 400 juta (of 1 milyar) tersebut untuk dipergunakan. Dengan bagi hasil sebesar 8.5% dan dikurangi pajak Obligasi sebesar 15% serta tenor investasi selama 3 tahun, kira-kira saya mendapatkan dana 2.4 juta setiap bulan dari bulan pertama sd bulan ke-36. Di akhir bulan ke-36, dana 400 juta tersebut akan dikembalikan ke rekening dan akan saya putarkan kembali untuk ikut di Seri ORI berikutnya.

2) Akuisisi rumah kontrakan
Zaman sekarang, Peluang menjadi “Bapak Kos” banyak hanya untuk para pensiunan. Banyak para entrepreneur yang mulai menekuni bisnis ini. Dari hasil pengamatan saya, ada kontrakan di Bogor yang ramai peminat dengan harga 350 juta (of 1 milyar) dengan potensi pendapatan sebesar 2 juta perbulan. Sehingga selain memiliki aset, saya juga mendapatkan passive income yang cukup besar.

3) Chip in di Bisnis Teman
Dalam hal menanamkan dana, saya orangnya cukup hati-hati dan lebih prefer untuk mendanai teman yang sedang membangun bisnis. Biasanya saya akan meminta posisi dalam perusahaan mereka sehingga akan lebih mudah untuk memonitor dan memberikan rekomendasi bisnis mereka. Untuk ini, saya akan mengalokasikan sisa dana 200 juta (of 1 milyar) tersebut. Asumsi pendapatan sekitar 3 juta perbulan.

4) 50 Juta sebagai Petty Cash
Uang tunai tetap penting. Hal ini diperlukan sebagai dana emergency apabila dibutuhkan contohnya untuk rumah sakit dan pengeluaran tak terduga lainnya.

Dari portofolio tersebut, dengan uang 1 milyar saya optimis menerima 7.4 juta setiap bulannya serta telah memiliki aset investasi berupa rumah, dan share di perusahaan teman.

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik).
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Portofolio Bisnis Apabila memiliki uang 1 Milyar

  1. Anonim berkata:

    mantap bapake perencanaan yang sangat bagusss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s