Pengalaman Membeli Properti


Sejak beberapa tahun yang lalu, saya mulai tertarik untuk berinvestasi di properti. Ada yang hasilnya optimal dan ada pula yang belum berprogress sama sekali. Berikut disampaikan beberapa pengalaman investasi properti yang saya lakukan:

1. Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat

Saya mulai mengenal investasi properti pada tahun 2012 dari suatu kejadian yang tidak disengaja. Pada bulan Agustus 2012 (saat itu sudah diangkat menjadi karyawan tetap sebuah perusahaan), ketika sedang menikmati makan malam di McD Sarinah, di sebelah saya sedang dilakukan presentasi oleh marketing Green Pramuka ke customer. Iseng-iseng setelah presentasi tersebut selesai, saya minta si mbak Marketing juga menjelaskan ke saya.

Si Marketing tersebut bernama mbak Debby Noviana. Setelah dijelaskan panjang lebar, saya mulai tertarik untuk memiliki unit di Green Pramuka. Namun saat itu belum memiliki dana yang cukup untuk membayar DP. Dengan berbekal surfing di internet, saya menemukan cara ampuh untuk membayar DP tersebut yaitu dengan memanfaatkan program power cash dari kartu kredit Mandiri. Kemudian untuk membayar KPA-nya saya menggunakan KPA dari Bank BTN (kala itu rate-nya masih 7.49%).

Alhamdulillah, unit saya di Green Pramuka sudah serah terima dan sedang dikontrak oleh penyewa. Jadi selain Capital Gain, saya juga mendapatkan keuntungan dari biaya kontrak tahunan tersebut.

2. Apartemen Grand Dago, Bandung

Melihat mulai geliatnya bisnis properti di Bandung, saya mulai tertarik untuk berinvestasi properti di kota ini pada bulan Oktober 2013. Proyek apartemen yang saya pilih adalah apartemen Grand Dago yang berlokasi di Bandung Utara. Marketing yang menangani saya saat itu adalah Mbak Eva.

Dikarenakan sistem pembayarannya yang mudah dan potensi properti di Bandung, saya mengambil 2 unit sekaligus tipe studio. Pembayaran DP dicicil selama 24x setelah itu pelunasan sisanya. Namun karena sampai dengan November 2013 belum ada progress pengerjaannya, saya memutuskan untuk menyampaikan surat penundaan pembayaran ke developer Grand Dago. Pembayaran tersebut akan saya lanjutkan apabila sudah ada progress yang dilakukan oleh pihak developer.

3. Apartemen Royal Afatar, Surabaya

Pengalaman mandeknya proyek Grand Dago, Bandung tidaklah membuat saya kapok untuk berinvestasi di properti. Hal ini dibuktikan ketika tanggal 14 Desember 2013 lalu, dilakukan pre launching apartemen Royal Afatar, Surabaya. Dengan informasi bahwa harga akan dinaikan pada tanggal 23 Desember 2013, maka dengan pertimbangan yang matang saya memutuskan untuk terbang ke Surabaya pada tanggal 21 Desember 2013 demi membeli 1 unit apartemen Royal Afatar. Saat itu, Marketing yang menangani saya adalah mbak Puspita.

Saya tertarik dengan Royal Afatar mengingat lokasinya yang cukup strategis yaitu berada di depan Surabaya Carnaval, CITOS dan dekat dengan Bandara.

Meskipun belum dibangun, namun saya optimis apartemen ini akan berjalan tepat waktu mengingat laporan rutin selalu diberikan tiap bulan oleh pihak developer. Kita lihat saja apakah benar pada bulan Mei 2015 nanti akan dilakukan Ground Breaking proyek apartemen Royal Afatar di Surabaya.

4. Landed House di Bojonggede, Bogor

Di tahun 2014, saya memutuskan untuk berhenti mengobservasi investasi apartemen. Namun tetap tertarik untuk berinvestasi properti. Seperti biasa, agenda rutin saya adalah mengecek keberadaan properti murah di Tokobagus.com (sekarang olx.com), suatu ketika saya menemukan iklan rumah murah BU yang berlokasi dekat dengan stasiun Bojonggede.

Pada hari sabtu di bulan Mei 2014, saya lakukan survey ke rumah tersebut dan hasilnya langsung tertarik. Selidik punya selidik, ternyata rumah tersebut dijual untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah si pemilik rumah.

Dan deal, di bulan Juni saya lakukan pembayaran menggunakan bonus yang baru saja diterima dan sebagian lagi didanai oleh pinjaman koperasi :D. Saat ini rumah tersebut sedang saya sewakan.

5. Apartemen East Park – Jakarta Timur

Jadi ada cerita lucu, pada tanggal 20 Juni 2014 saya mulai menyewakan Apartemen Green Pramuka dan pada tanggal 21 Juni 2014, rumah yang di Bojonggede juga saya sewakan. Singkat cerita, akhirnya kami malah ngontrak rumah di Percetakan Negara.

Menurut saya, hidup ngontrak itu kadang menyulitkan. Mengapa? karena dengan mengontrak setiap tahun kita harus memikirkan bagaimana kalau harus pindah, apakah sanggup memindahkan barang-barang ke kontrakan baru?.

Dan penghujung 2014, saya mulai memikirkan untuk menempati properti milik pribadi namun akan sangat lama apabila menunggu masa sewa Green Pramuka dan rumah Bojonggede selesai. Jadi diputuskanlah untuk membeli properti lain.

Dari berbagai observasi dan survey, pilihan saya jatuh ke Apartemen East Park yang berada di Jln Dr. KRT Radjiman Jakarta Timur. Mengapa? karena lokasinya unik.. Berada di lingkungan perumahan Jatinegara Indah namun bentuknya apartemen. Harganya-pun terbilang cukup murah dan memiliki potensi untuk naik.

Biaya gimana? haha… ada deh, yang penting halal. Kemarin telah dilakukan transaksi jual beli dan serah terima unit di East Park. Kemudian hari ini sayapun mulai menempati properti milik pribadi dan tidak mengontrak lagi.

Bye ngontrak….

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di pengalaman di ITB. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengalaman Membeli Properti

  1. yusi berkata:

    Saya juga pembeli apartemen grand dago, sudah ada kabar terbarukah mengenai pembangunan apartemen itu?

  2. Anonim berkata:

    Halo permisi saya mau nawarin tanah di gresik, tanah kavling milik perusahaan swasta dan proyek besarnya bekerja sama dengan bumn, mungkin jika anda berminat bsa menghubungi saya di 08195029615. Saya agen resmi di surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s