Pengalaman Tukar Tambah Motor di Pulojahe


Menurut saya, memiliki motor di Jakarta adalah sebuah kebutuhan primer! mengapa? karena dengan memiliki motor akan sedikit memudahkan kita untuk melewati macet ataupun menelusuri lokasi-lokasi di sudut kota Jakarta yang memang tidak dapat dilalui dengan mobil.

motor Jakarta

Jangan ditiru yah ulah Pemotor yang masuk jalur busway

Perjalanan saya dari kantor apabila menggunakan mobil/taksi biasanya memakan waktu sekitar 1.5 jam apabila macet namun dengan motor kurang dari satu jam saya sudah bisa berleye-leye di rumah.

Nah, berhubung karena motor Spin yang saya miliki adalah angkatan 2007 aka motor golongan tua, maka sore ini rencananya saya mau mengganti motor tersebut dengan motor yang lebih segar. Awalnya saya mau membeli motor baru, namun mengingat motor lebih sering saya gunakan untuk kegiatan membawa barang-barang dan mengunjungi sepertinya yah kok terlalu mahal yah :D.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli motor second masih dengan Merk Suzuki. Saya bertempat tinggal di daerah Pulojahe/Jalan DR. KRT Radjiman dan disepanjang jalan di daerah saya tersebut, banyak toko-toko yang menyediakan motor bekas berbagai jenis merk salah satunya adalah toko Jerry Motor.

Jerry Motor.jpg

Kartu Nama Jerry Motor

Pemilik dari toko Jerry Motor ini adalah Pak Jerry. Pak Jerry terbilang salah satu pengusaha yang awal merintis usaha motor second di daerah Pulojahe. Beliau tidak menerima motor curian sehingga setiap motor yang mau dijual/tukar tambah harus menunjukan BPKB dan STNK. Alhamdulillah BPKB dan STNK saya lengkap.

Kemudian Bu Jerry memberitahukan kepada saya bahwa biaya tukar tambah motor yang saya miliki dengan motor yang lebih baru adalah sekitar 2.300.000 IDR. Nah, yang namanya negosiasi, gak salah dong kalau saya menawar terlebih dahulu. Kemudian saya mulai melakukan penawaran di angka 1.500.000 IDR. Dilalanya, Bu Jerry ndak mau kemudian bergegas menjauh. Oh my goodness!.

Kemudian saya naikkan kembali ke angka 1.700.000 IDR, si Ibu tetap tak bergeming. Saking pasrahnya saya naikkan penawaran ke angka 2.000.000 IDR. Si Ibu-pun tetap tak setuju. Wah, karena merasa negosiasinya alot saya memutuskan untuk pindah ke toko yang lain.

Di toko yang lain, mesin saya dites, saya diwawancarai terkait kapan pajak mati? sudah berapa tahun? dll. Kemudian angka yang keluar dari toko lain tersebut adalah 4.800.000 IDR. Yah, sudahlah kembali lagi ke toko Jerry Motor.

Sampai di Jerry Motor, Pak Jerry menyampaikan bahwa kebanyakan orang-orang yang bernego ke Jerry Motor akan kembali lagi ke toko tersebut karena harga di toko tersebut memang paling kompetitif. Jadi percayalah bahwa pembeli tidak akan kecewa.

Sambil memulai proses pembayaran, Pak Jerry menceritakan bahwa keluarganya dulu tinggal di perumahan Jatinegara Indah – komplek mewah yang berada di  sebelah apartemen saya. Beliau juga memiliki unit di East Park Apartement. Kemudian cobaan dari Allah datang, istrinya menderita penyakit yang tak diketahui penyebabnya oleh Dokter. Sampai-sampai akhirnya menjual sebagian besar harta, mobil termasuk rumah di Perumahan Jatinegara Indah tersebut. Sekarang istri beliau telah pulih.

Karena mengetahui saya adalah wiraswasta yang masih muda, beliau berpesan untuk tetap kerja keras pantang menyerah. Apabila ditipu dalam berbisnis jangan ingat kembali karena itu sudah terjadi dan tak dapat diulang lagi. Tetap fokus menatap masa depan. Pertolongan Allah itu amat dekat.

Wew.. seru sekali kisah hidup Pak Jerry. Alhamdulillah, hari ini selain memiliki motor “second” baru, menjual 2 dus karbol sereh Envobol, saya juga dapat inspirasi dan pengalaman hidup yang luar biasa hebatnya dari Pak Jerry.Semoga motor baru ini membawa berkah. Amiin

Hasbunallah wa nimal wakil nimal maula wa nimal nashir

Iklan

Tentang andihendra

andi hendra paluseri adalahperantau asal medan yang menyelesaikan pendidikannya S1 di ITB jurusan teknik elektro (Tenaga Listrik) dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya.
Pos ini dipublikasikan di kisah hidupku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s